Jasa Backlink ac.id Edukasi Android Belajar Trading Buzzer Cekresi Coworking cyber duniagames forex inspirasi investasi kerja komputer kredit kursus marketing motivasi pajak redaksi reksadana saham server service software sosial media umkm update vlog Website yandex nusa penida Daftar Beasiswa Jerman S1 dan S2 Yang Perlu Kamu Ketahui

Ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi di Jerman namun terhalang oleh biaya? Ragu karena takut biaya yang akan ditanggung sangat besar?

Tenang saja dan jangan khawatir. Karena pemerintah Jerman sudah menghapus biaya kuliah yang sudah terhitung sejak tahun 2014.

Dihapusnya biaya kuliah ini sudah dilakukan oleh lebih dari 16 negara di bagian Jerman.

Dihapusnya biaya kuliah tersebut juga diperuntukan untuk kamu yang ingin lanjut pendidikan S1 dan S2 di Jerman.

It means, untuk seluruh mahasiswa yang berasal dari warga lokal Jerman dan mahasiswa yang berasal dari luar negeri, mendapatkan kesempatan yang sama untuk bisa merasakan kuliah tanpa biaya tersebut.

Biarpun terdapat program biaya kuliah, kamu tetap harus membayar suatu dan lain hal yang tentunya masih seputar tentang perkuliahan di Jerman.

Biaya tersebut sebesar antara €100 sampai €350 yg harus di bayar di setiap semester. Dengan cakupan untuk biaya administrasi, layanan yang mendukung mahasiswa nantinya, dan biaya hal lain yang tentunya tidak bisa dihindari.

Selain itu, terdapat negara yang mengubah peraturan tersebut yaitu negara di bagian Baden-Wurttemberg. Terhitung sejak tahun 2017, negara tersebut meniadakan program kuliah gratis untuk seluruh mahasiswa yang berasal dari luar negeri.

Maka jika kamu memilih universitas di negara bagian Baden-Wurttemberg, kamu harus membayar kuliah sekitar €3.000 atau sekitar Rp 50.000.000 per tahunnya.

Namun kamu tidak perlu khawatir, karena pemerintah Jerman pun memiliki program beasiswa dan program pinjaman yang lainnya.

Selain pemerintah, beberapa universitas pun mempunyai program pinjaman uang yang bersifat ‘ringan’. Dikatakan demikian karena memiliki jatuh tempo yang relatif panjang, selain itu bunga yang diberikan juga kecil.

Pada umumnya beasiswa yang berasal dari pemerintah untuk program S1 dan S2 adalah sama. Berikut beberapa daftarnya:

Beasiswa S1 dan S2

  • Erasmus+

Beasiswa ini dikelola oleh European Commission yang diperuntukan sebagai program pendidikan, training, dan juga program pemuda dan olahraga. 

Banyak calon mahasiswa Indonesia yang menggunakan program beasiswa ini untuk bisa berangkat kuliah di Jerman.

Untuk informasi selanjutnya kamu bisa cek di website resminya eacea.ec.europa.eu.

  • DAAD Scholarships

Deutscher Akademischer Austauschdienst (DAAD Scholarship) adalah beasiswa untuk mahasiswa Indonesia yang ingin berkuliah di Jerman. 

Beasiswa ini dikhususkan untuk kamu yang ingin melanjutkan studi dari universitas di Indonesia ke Jerman dengan gelar master ataupun doktoral.

Walaupun kamu sudah mengikuti beasiswa yang lain, kamu tetap bisa mendaftar DAAD Scholarships ini loh! 

Syarat apa saja yang dibutuhkan untuk mendaftar DAAD?

  • CV
  • Application Letter
  • Motivation Letter
  • Recommendation Letter
  • Work Experience Letter
  • Sertifikat Bahasa
  • Ijazah (fotocopy) 
  • Transkrip Nilai (fotocopy)

Untuk informasi selanjutnya kamu bisa cek di website resminya www.daadjkt.org.

  • Kurt Hansen Science Scholarships

Untuk kamu yang memiliki minat di jurusan sains, beasiswa ini bisa menjadi pilihan kamu loh. Beasiswa ini dikelola oleh perusahaan bernama Bayer. 

Dengan berbagai macam program yang terdapat di beasiswa ini, diantaranya internships, semester musim panas, pendanaan proyek, training untuk mengajar sains, dll.

Untuk informasi lebih lengkap kamu bisa cek di website resminya yaitu www.bayer.foundation.com.

  • Heinrich Boll Foundation

Beasiswa ini dikelola oleh yayasan yang bergerak di bidang solidaritas kemanusiaan, hukum, demokrasi, sains, lingkungan, dan ekonomi. 

Beasiswa ini hanya menyediakan program beasiswa S2 dan S3 untuk mahasiswa yang berasal dari luar Jerman. 

Jika kamu akan mendaftar beasiswa untuk program S2 maka kamu akan mendapatkan bantuan sebesar €849 atau sekitar Rp 12.800.000 di setiap bulannya. 

Dan untuk program S3 kamu akan mendapatkan bantuan sebesar €1200 atau sekitar Rp 18.100.000 dan dengan tambahan tunjangan sebesar €99 per bulannya.

Namun yang perlu diingat, beasiswa ini tidak termasuk biaya kuliah. 

Untuk informasi lebih lengkap kamu bisa cek di website resminya yaitu www.boell.de.

Selain itu pemerintah Indonesia juga memiliki program beasiswa yang bernama LPDP Scholarships.

  • LPDP Scholarships

Lembaga Pengelola Dana Pendidikan adalah lembaga yang dibentuk oleh Pemerintah Indonesia yang berguna untuk membantu pendanaan kuliah para mahasiswa Indonesia yang berkeinginan kuliah di luar negeri untuk melanjutkan studi S2 dan S3.

Pada umumnya LPDP ini bisa digunakan untuk berbagai universitas di banyak negara, termasuk universitas di Jerman. 

Pada tahun 2010, LPDP telah mengakumulasikan dana sebanyak Rp 70,10 triliun dana tetap. Dan sekitar 28.000 mahasiswa sudah menggunakan beasiswa ini.

Dilansir dari kemlu.go.id berikut beberapa universitas di Jerman yang bisa kamu pilih yaitu Technical University Munich, University of Munich, Heidelberg University, University of Freiburg, RWTH Aachen, University of Gottingen, dan University of Bonn, University of Bremen, University of Tuebingen, Technical University of Dresden, dan University of Cologne. 

Daftar lengkap universitas yang dapat dilamar di jenjang S2 dan S3 dapat dilihat di laman resmi LPDP, www.lpdp.kemenkeu.go.id.

Pada tahun ini LPDP sudah membuka kembali kesempatan beasiswa tersebut untuk para calon mahasiswa berkuliah di Jerman. 

Pendaftaran sudah dibuka mulai dari tanggal 25 Februari 2022.

Tertarik untuk coba apply? Berikut syarat pendaftarannya

  • Untuk lanjut S2 pastikan kamu memiliki IPK sebesar 3,00
  • Untuk lanjut S3 pastikan kamu memiliki IPK sebesar 3,25
  • Syarat Bahasa terpenuhi
  • Untuk magister usia max. 35 tahun
  • Untuk doktor usia max. 40 tahun

Lalu selanjutnya berikut daftar beasiswa yang disediakan oleh universitas yang bisa kamu pertimbangkan. 

Universitas di Jerman yang Menyediakan Beasiswa

Universitas di Jerman

  • Jacobs University of Bremen

Menawarkan program bantuan yang berupa tunjangan, beasiswa, penundaan biaya kuliah. 

Beasiswa ini dikelola oleh universitas swasta di Jerman yang dimiliki oleh seorang pemilik perusahaan kopi bernama Jacobs. 

Salah satu syarat untuk mendaftar beasiswa ini adalah kamu harus menyertakan Admission Letter dari universitas yang menerima kamu sebagai calon mahasiswanya.

Karena beasiswa ini terbatas, maka disarankan untuk mendaftarnya ketika kamu benar sudah dinyatakan lulus di Universitas yang kamu tuju.

  • Heidelberg University

Fyi, universitas ini merupakan universitas tertua yang berada di Jerman. Dan menduduki peringkat ke 38 versi Times Higher Education World Reputation 2015.

Karena universitas ini bergerak di bidang penelitian, maka beasiswa yang ditawarkan juga diperuntukan bagi para S2.

Untuk info lebih lengkap, kamu bisa cek di website resminya yaitu www.uni-heidelberg.de/en/study/management-of-studies/funding-of-studies/scholarships-and-support-programmes/scholarships-for-students.

  • TUM (Technische Universität München)

Universitas ini merupakan salah satu universitas terbaik di Eropa dan bergerak di bidang penelitian yang tentunya sudah mencetak banyak ilmuwan.

Dengan bergelarkan University of Excellence, universitas ini mempunyai banyak kerjasama dengan perusahaan besar dan institusi sains di dunia.

Program bantuan keuangan yang ditawarkan berupa:

  • Kreditanstalt fuer Wiederaufbau yang diperuntukan bagi mahasiswa yang baru memulai pendidikan
  • Final Semester Loan
  • Loan from Private Ban
  • Educational Loan yaitu beasiswa yang diperuntukan bagi mahasiswa yang berada di tengah semester

Dengan bunga yang rendah dan juga fleksibel serta bisa menyesuaikan dengan kebutuhanmu, sehingga beasiswa yang berasal dari universitas ini mendapatkan banyak peminat.

  • University of Mannheim

University of Mannheim merupakan universitas terkenal di Jerman. Karena universitas ini, semua universitas yang berorientasi di bidang ekonomi dan sains akhirnya mendapatkan bantuan pendanaan. 

Dan karena penghargaan berupa the National Excellence Initiative, universitas ini bisa mencapai peringkat yang tinggi dengan berbagai penghargaan yang berasal dari kualitas penelitian dan cara pengajarannya.

Bantuan keuangan yang ditawarkan oleh universitas terbaik di Jerman ini dapat berupa:

  • Vodafone Chancen Stipendium

Beasiswa ini diperuntukan bagi kamu yang ingin melanjutkan pendidikan jenjang S1 dan merupakan mahasiswa yang baru memasuki tahun pertamanya di Universitas yang di tuju. Dengan tunjangan sebesar €1000 per bulannya.

  • The Graduation Scholarship (Studienabschlussstipendium)

Selanjutnya beasiswa ini diperuntukan bagi kamu yang berada di final semester, dengan tujuan membantu pelaksanaan ujian akhir dan thesis para mahasiswanya.

  • CAU (Kiel University)

Mempunyai mahasiswa sebanyak 20.000 orang dan mempunyai jurusan berupa pendidikan, sains, teknik, ekonomi, dan pertanian.

Bantuan keuangan yang ditawarkan oleh universitas di Jerman ini dapat berupa:

  • Interim Financial Aid (Überbrückungsbeihilfe)

Bantuan keuangan ini khusus untuk mahasiswa yang berasal dari luar negeri.

  • University Endowments

Karena jumlah beasiswanya yang terbatas, maka mahasiswa yang ingin mendaftar beasiswa ini harus mendaftar di awal mungkin.

  1. (RUB) Rurh Universitaet Bochum

Mengenal universitas ini yaitu merupakan kampus yang terdepan di antara kampus lainnya di Eropa. Memiliki banyak jurusan yang bisa kamu pilih.

Jurusan tersebut di tawarkan untuk semua jenjang baik dari S1, S2 dan memiliki fokus pada penelitian.

Penelitian yang dilakukan adalah di bidang teknik, ilmu hayati, humaniora, ilmu alam, dan ilmu sosial. 

Universitas ini memiliki yayasan yang menyediakan beasiswa bernama Bildungs Ponds der RUB.

  • Frankfurt School of Finance and Management Doctoral Tuition Waivers

Jika kamu mengambil jurusan Akuntansi, Keuangan, Administrasi Bisnis, dan Matematika kamu bisa mencoba untuk daftar beasiswa di Frankfurt School of Finance and Management Doctoral Tuition Waivers.

Untuk informasi lebih lengkap kamu bisa cek di website resminya yaitu www.frankfurt-school.de.

  • FRIAS Cofund Fellowship Programme

Scholarships ini berasal dari University of Freiburg, yang dimana di universitas ini sangat terkenal akan penelitiannya. 

Beasiswa yang ditawarkan dikhususkan untuk mahasiswa asing yang sedang berada di dalam jenjang S2. 

Untuk pengumumannya sendiri, beasiswa ini biasanya diumumkan pada saat musim panas tiba.

Untuk informasi lebih lengkap kamu bisa cek di website resminya yaitu www.frias.uni-freiburg.de.

  • RWTH Aachen University Scholarships

Universitas ini sudah terkenal sering memberikan bantuan dana untuk para mahasiswa. Untuk informasi lebih lengkap kamu bisa cek di website resminya yaitu www.rwth-aachen.de.

Nah itu dia daftar-daftar beasiswa kuliah di Jerman untuk jenjang program S1, S2 maupun S3. Baik yang berasal dari pemerintah Jerman itu sendiri, dari Indonesia, atau bahkan dari beberapa Universitas yang menyediakan beasiswa.

Mungkin dengan mendapatkan beasiswa, beban biaya yang kamu tanggung akan lebih berkurang. 

Untuk kamu yang ingin berkuliah di Jerman, ada baiknya sebelum mendaftar beasiswa luar negeri ke Jerman terlebih dahulu mengikuti kelas kursus bahasa Jerman di Studiva.

×

Choose One Of Our Team Members

Studiva Would Like To Understand How We Could Help You As Best We Could

×