Jasa Backlink ac.id Edukasi Android Belajar Trading Buzzer Cekresi Coworking cyber duniagames forex inspirasi investasi kerja komputer kredit kursus marketing motivasi pajak redaksi reksadana saham server service software sosial media umkm update vlog Website yandex nusa penida Siapkan IELTS dengan Belajar IELTS Otodidak, Yuk Coba

Bagi kamu yang ingin mengambil beasiswa atau yang ingin melanjutkan studi di luar negeri pasti sudah tidak asing lagi dengan tes yang satu ini. Sebelum mengikuti IELTS ada baiknya untuk mempersiapkan diri dengan matang.

Kamu juga bisa mempersiapkan latihan IELTS secara otodidak dan mandiri. Ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk memulai belajar IELTS dengan otodidak ini. Namun, sebelum itu kamu mesti mengetahui apa itu IELTS terlebih dahulu.

Tentang IELTS

Tes IELTS (International English Language Testing System) ini merupakan tes uji kemampuan bahasa Inggris dengan standarisasi internasional dan telah diakui oleh banyak negara, organisasi internasional dan lembaga pendidikan.

Dengan mengikuti tes ini kamu dapat melihat seberapa tinggi tingkat kemampuan kamu dalam menggunakan bahasa Inggris. Tingkatan kemampuan ini bisa terlihat dari skor hasil tes kamu setelah mengikuti IELTS.

Hasil dari tes IELTS ini akan sangat berguna untuk menunjang studi dan karier kamu kedepannya.

Karena bagi negara negara yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa resminya, orang yang datang untuk tinggal, belajar atau bekerja perlu bisa berbahasa Inggris dengan baik.

Salah satu bukti yang bisa ditunjukkan untuk memperlihatkan kecakapan kamu dalam berbahasa Inggris adalah dengan mengikuti IELTS ini. Dari IELTS ini akan terlihat nilai ataupun skor tingkat kemampuan bahasa Inggris kamu.

Dari IELTS ini ada beberapa aspek kemampuan bahasa Inggris yang diuji dan dinilai, diantaranya adalah kemampuan membaca (reading), menulis (writing), mendengar (listening), dan berbicara (speaking).

Dalam IELTS ini pun dibagi menjadi dua pilihan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan kamu yaitu, Academic Training dan General Training.

  • Academic Training, untuk IELTS pilihan yang ini cocok untuk keperluan akademik seperti syarat beasiswa atau kuliah.
  • General Training, sedangkan untuk IELTS pilihan yang ini untuk memenuhi keperluan general kamu seperti untuk bekerja atau keperluan migrasi ke luar negeri.

Setelah mengetahui dasarnya tentang apa itu IELTS, kamu bisa mempersiapkan diri sebelum benar mengikuti tes yang satu ini. Berikut ini tips tips yang bisa kamu lakukan untuk mempersiapkan dan mematangkan diri sebelum memulai tes IELTS.

Tips Belajar IELTS Secara Otodidak

Tips Belajar IELTS Secara Otodidak

Sebelum memulai IELTS ada baiknya mempersiapkan diri dulu dengan perbanyak latihan dan belajar. Agar nantinya kamu bisa mempunyai persiapan yang matang untuk mengikuti IELTS ini.

Untuk persiapan IELTS juga bisa kamu persiapkan secara otodidak, namun ada beberapa cara belajar IELTS otodidak yang efektif dan cocok untuk kamu coba.

Mencari Info Terlebih Dahulu

Untuk langkah awal yang bisa dilakukan untuk memulai otodidak latihan IELTS adalah dengan mencari tahu hal hal yang berkaitan dengan IELTS, mulai dari persyaratan, sistem tes, sistem penilaian dan hal penting lainnya yang dibutuhkan.

Untuk syarat utama mengikuti IELTS ini yang pastinya mempunyai kecakapan bahasa Inggris, karena IELTS ini dilakukan untuk menguji dan menilai kemampuan kamu dalam menggunakan bahasa Inggris.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, IELTS ini mengujikan keempat kemampuan berbahasa Inggris kamu dari writing, reading, listening dan speaking. Untuk pengerjaannya, dapat kamu lakukan dengan fleksibel memilih skill mana dulu yang ingin diuji.

Jika kamu lebih percaya diri untuk memulai kemampuan reading terlebih dulu, maka kamu bisa melakukan uji reading sebagai tes yang pertama dilakukan. Begitu juga dengan skill yang lainnya.

Membuat Jadwal Belajar

Karena IELTS menguji dari berbagai sisi kemampuan berbahasa Inggris, kamu bisa mulai membuat jadwal belajar ini untuk mengurutkan waktu sesuai dengan skill mana yang ingin kamu asah terlebih dulu.

Dengan begini kamu bisa menguasai segala skill tersebut dengan waktu yang tersusun. Kamu bisa membuat jadwal per minggu untuk tiap kemampuan skill yang kamu asah.

Sebagai contoh, misalnya untuk minggu pertama kamu membuat jadwal untuk mendalami skill membaca kamu mulai dari mempelajari teori sampai mencoba latihan. Lalu minggu kedua untuk mendalami skill menulis dan sampai ke minggu minggu berikutnya.

Usahakan buat jadwal seefektif mungkin namun tetap pada porsinya. Maksudnya adalah selain mementingkan waktu untuk belajar ini, kamu juga harus memikirkan hal lain seperti istirahat dan sedikit waktu untuk hiburan.

Karena jika belajar dengan waktu yang berlebihan akan membuat diri kamu merasa kelelahan dan kurang fokus. Di Sela sela belajar kamu, setidaknya sisakan waktu 15 sampai dengan 30 menit untuk menjernihkan kembali otak kamu sebelum memulai kembali pelajaran tersebut.

Perbanyak Latihan

Jika tadi kamu sudah membuat jadwal, saatnya kamu untuk mempraktekan kegiatan yang kamu tulis di dalam jadwal itu. Mulai dari mempelajari materi materi sampai melatih kemampuan dari teori teori yang sudah kamu pelajari.

Semakin sering kamu berlatih maka semakin mahir juga kemampuan berbahasa kamu. Mulai dari melatih kemampuan membaca, menulis, mendengarkan sampai kemampuan berbicara kamu dalam bahasa Inggris.

Sebagai latihannya, kamu bisa melihat contoh contoh soal

Untuk bisa melihat kekurangan kamu pada saat latihan ini, kamu bisa melihat kunci jawaban dan cocokkan kembali dengan jawaban yang telah kamu buat.

Sedangkan untuk kemampuan berbicara, kamu bisa merekam suara kamu menyebutkan kata atau kalimat lalu mencocokkan dengan pelafalan yang benar.

Jika dirasa perlu bawalah seorang teman atau orang yang bisa membantu kamu menilai kesalahan kamu saat proses latihan tersebut.

Belajar dari Berbagai Sumber

Pada masa digitalisasi seperti saat ini, kita bisa dengan mudah mengakses berbagai informasi dari berbagai sumber. Tidak hanya dari sumber konvensional, kita juga bisa belajar dari sumber sumber media digital.

Dengan itu, kamu bisa mencari sumber sumber ahli yang sesuai dengan kamu. Sumber sumber itu diantaranya bisa kamu temukan dari buku, website, atau pun media sosial yang saat ini terus berkembang dan menyebarkan banyak informasi termasuk pelajaran seperti ini.

Dengan banyaknya sumber ini, kamu bisa menemukan informasi informasi lebih banyak yang bisa menjadi asupan ilmu bermanfaat untuk kamu.

Semakin banyak kamu mencari informasi di berbagai sumber maka bisa semakin banyak juga ilmu yang kamu dapatkan.

Tetap Konsisten dan Yakin

Ini merupakan kunci utama dari belajar dan latihan. Jika kamu ingin meraih sesuatu, pastikan untuk tetap konsisten dan yakin akan apa yang sudah kamu mulai.

Jangan sampai kamu hanya punya semangat di awal saja yang kemudian di hari hari berikutnya sudah hilang semangat.

Untuk bisa tetap konsisten dan memupuk semangat belajar kamu, kamu bisa pikirkan kembali motivasi awal kamu dalam melakukan sesuatu dan keuntungan yang akan kamu dapat setelahnya.

Karena dengan belajar dan mempersiapkan IELTS ini, kamu bisa mendapatkan hasil IELTS yang memuaskan untuk bisa mengejar studi di luar negeri atau untuk mendapatkan beasiswa yang menunjang.

Itu adalah beberapa tips yang bisa kamu coba untuk mempersiapkan IELTS kamu nanti. Namun jika dirasa belajar IELTS secara otodidak ini kurang maksimal, kamu bisa menemukan bantuan kursus IELTS di Studiva.

Studiva siap membantu kamu dalam mengembangkan kecakapan dan kemampuan kamu dalam berbahasa Inggris sehingga siap untuk mengikuti IELTS dengan siap dan matang.

Untuk info lebih lanjutnya, silakan isi  biodata kamu di atas form ini.

×

Choose One Of Our Team Members

Studiva Would Like To Understand How We Could Help You As Best We Could

×