Jasa Backlink ac.id Edukasi Android Belajar Trading Buzzer Cekresi Coworking cyber duniagames forex inspirasi investasi kerja komputer kredit kursus marketing motivasi pajak redaksi reksadana saham server service software sosial media umkm update vlog Website yandex nusa penida Tahapan & Cara Memperkenalkan Diri Dalam Bahasa Jerman

Salah satu hal penting dan utama yang harus bisa kamu lakukan saat mulai mempelajari Bahasa Jerman adalah perkenalan diri. Sebagaimana Bahasa asing lainnya yang kamu pelajari di sekolah, Bahasa Inggris misalnya pada bab awal kamu pasti disajikan sebuah kalimat berawalan “my name is..”

 

Yang kemudian akan dipraktekkan di depan kelas bersama teman sebangkumu, masih ingat? hal itu pula akan kamu ulangi saat mulai mempelajari Bahasa Jerman. pernahkah kamu bertanya, kenapa harus perkenalan diri?. 

 

Perkenalan bukan hanya sekadar bertukar atau memberitahu nama mu atau menanyakan nama kepada orang lain. Dari perkenalan diri, kamu akan mendapatkan first impression dari orang lain. Beberapa orang bisa saja menjadi sangat menyukaimu setelah perkenalan pertama.

 

Bayangkan, first impression yang bagus selain dari keramahan, bisa juga kamu dapatkan dengan mempelajari Bahasa Jerman dengan praktek secara rutin.

 

Simak, Ini Cara Memperkenalkan diri dalam Bahasa Jerman

 

Simak, Ini Cara Memperkenalkan diri dalam Bahasa Jerman

Pertama-tama kamu bisa mengawali perkenalan dengan kata, Hallo, Hai, Guten Morgen (selamat pagi). Setelahnya bisa disertakan dengan menanyakan kabar menggunakan kalimat “ Wie geht’s” yang artinya adalah “apa kabar”.

 

Jika seseorang bertanya mengenai kabarmu, maka kamu bisa menyimpannya dengan jawaban “Mir geht’s gut” yang artinya adalah “saya baik-baik saja”. Kemudian kamu bisa melanjutkannya dengan tahap-tahap dibawah ini: 

 

Memperkenalkan nama

 

Cara memperkenalkan diri dalam bahasa Jerman paling basic, namun nama adalah hal yang akan selalu diingat oleh semua orang. Beberapa cara memperkenalkan nama kepada orang lain adalah:

 

Hallo, Mein name ist Zahra yang artinya “Hallo, nama saya adalah Zahra”. Atau kamu bisa menggunakan yang lebih simple dengan menyebut “Ich bin Zahra” yang artinya “Saya Zahra”. Kata tersebut bisa kamu gunakan pada orang yang sebaya denganmu atau orang yang baru kamu kenal.

 

Jika dengan orangtua, maka formatnya akan sedikit lebih berbeda. Kamu bisa menanyakan nama seseorang dengan menggunakan format kalimat “ Wie ist ihr name” yang artinya “siapa nama anda”

 

Untuk format yang lebih santai yang dapat kamu gunakan pada orang yang lebih muda, misalnya dengan menanyakan “Wie ist dein name” yang artinya “siapa namamu”.

 

Menanyakan asal 

 

Cara memperkenalkan diri dalam bahasa Jerman selanjutnya adalah dengan menanyakan asal dalam bahasa Jerman.

 

Kalimat perkenalan ini akan sangat membantumu sebagai mahasiswa internasional saat berjumpa dengan kawan-kawan yang juga berasal dari wilayah negara lainnya. Beberapa kalimat yang bisa kamu ucapkan adalah:

 

“Ich komme aus Indonesien” yang artinya saya dari Indonesia” jika seseorang bertanya darimana asalmu. Atau jika kamu lebih memilih mengucapkan kewarganegaraan maka bisa menggunakan “Ich bin Indonesier/Indonesierin” yang artinya “saya orang Indonesia”.

 

Pengucapan nama negara dalam Bahasa Jermnan hanya sedikit berbeda pada beberapa huruf tambahan di akhir, seperti, Indien, Brasilien, Bulgarien, England dan sebagainya. Dan untuk kategori female sebagian besar kewarganegaraan diucapkan dengan tambahan akhiran –in.

 

Menanyakan tempat tinggal

 

Kalimat dibawah ini akan sangat berguna dan menghindar dari hal paling buruk yakni, tersasar. Saat kamu bisa mengucapkan tempat dimana kamu tinggal saat perkenalan, yang mungkin hasilnya kamu bisa mendapatkan teman baru yang berasal dari daerah yang sama.

 

Jika ingin menanyakan tempat tinggal seseorang, maka gunakan “Wo wohnen Sie” yang artinya “dimana anda tinggal”. Atau bisa juga menggunakan “Wo wohnst du” yang artinya “dimana kamu tinggal”. 

 

Dan sebagai kalimat penjawab boleh kamu gunakan “Ich wohne Munchen” yang artinya “saya tinggal di Bonn”.

 

Ada Pula yang akan bertanya mengenai alamat lengkap rumahmu dengan kalimat “Wie ist Ihre Adresse” yang artinya “dimana alamat rumah anda”. Bisa juga dengan kalimat “Wie ist deine Adresse” yang artinya “dimana alamat rumahmu”.

 

Bisa juga kamu menjawab dengan alamat lengkap saat ditanya mengenai alamatmu dengan kalimat “Meine Adresse ist Van Lehrer. 168 Bonn” yang artinya alamat rumah saya di Jalan Van Lehrer nomor 168, Bonn”.

 

Menanyakan pekerjaan

 

Cara memperkenalkan diri dalam bahasa Jerman selanjutnya adalah dengan menanyakan pekerjaan dalam Bahasa Jerman.

 

Kalimat yang biasa dipakai untuk menanyakan hal tersebut adalah “Was sind Sie von Beruf” yang artinya “apa pekerjaan anda”. Atau dalam segi yang lebih non formal dengan kalimat “Was bist Du von Beruf” yang artinya “apa pekerjaanmu”. 

 

Jika seseorang menanyakan itu padamu, kamu bisa menjawabnya dengan “Ich bin Lehrer/Lehrerin” jika kamu adalah seorang guru, “Ich bin student/studentin”

 

jika kamu adalah seorang siswa. Sama seperti kewarganegaraan, untuk kategori female ditambahkan kata akhiran –in saat mengucapkan profesi.

 

Menanyakan umur

 

Cara memperkenalkan diri dalam bahasa Jerman terakhir adalah dengan menanyakan umur dalam bahasa Jerman.

 

Pertanyaan ini biasanya akan dilontarkan saat kamu mengurus administrasi di Jerman. kalimat yang biasanya dipakai adalah:

 

“Wie alt sind Sie” yang artinya “berapa usia anda”. Atau menggunakan “Wie alt bist Du” yang artinya berapa usia mu”.

 

Jika mendapatkan pertanyaan seperti itu, yang harus kamu jawab adalah “Ich bin zwanzig/20 jahre alt” yang artinya “saya berusia 20 tahun”. 

 

Sekarang mari rangkai seluruh kalimat tersebut dalam sebuah agenda perkenalan singkat:

 

Hallo, Mein name ist Zahra. Ich bin zwanzig (20) jahre alt. Ich bin Indonesierin. Ich bin Studentin an der Technische Universität München. Ich wohne Bonn. Meine Adresse ist Van Lehrer. 168, Bonn. 

 

Yang jika diterjemahkan akan menghasilkan arti:

 

Hallo, nama saya adalah Zahra. Saya berusia 20 tahun. Saya orang Indonesia (untuk perempuan). Saya adalah pelajar di Universitas Teknologi Munich. Saya tinggal di kota Bonn. Alamat rumah saya di jalan Von Lehrer nomor 168, Bonn.

 

wpforms id=”58053″]

 

Sudah siap perkanaln dalam Bahasa Jerman? persiapkan dirimu agar lebih mahir dan percaya diri dalam penguasaan Bahasa Jerman dengan mengikuti kursus Bahasa Jerman di Studiva

 

×

Choose One Of Our Team Members

Studiva Would Like To Understand How We Could Help You As Best We Could

×