Jasa Backlink ac.id Edukasi Android Belajar Trading Buzzer Cekresi Coworking cyber duniagames forex inspirasi investasi kerja komputer kredit kursus marketing motivasi pajak redaksi reksadana saham server service software sosial media umkm update vlog Website yandex nusa penida Les Calistung Jakarta & 6 Manfaat Mengikutinya

Les Calistung Jakarta & 6 Manfaat Mengikutinya

Saat anak berada di usia dini memang merupakan masa-masa anak mulai tumbuh kembang sebab pada masa ini otak anak sudah mulai bisa banyak menerima dan meniru apa yang diberikan oleh lingkungannya. 

Maka dari itu, pentingnya pendidikan usia dini bagi tumbuh kembang sang anak. Sehingga banyak orang tua yang mengajari anak-anaknya untuk belajar calistung dalam mendukung belajar dan tumbuh kembangnya.

Tentunya para orang tua selalu ingin memberikan pendidikan yang terbaik untuk anak-anak tercintanya. Baik melalui pendidikan di sekolah maupun les calistung pun menjadi pilihan oleh banyak orang tua agar anaknya menjadi seorang yang pandai dan rajin. 

Sebab tak semua orang tua memiliki banyak waktu untuk mengajari anak maka banyak orang tua yang memilih untuk memasukkan anak-anaknya ke dalam tempat kursus calistung. 

Merupakan Singkatan Dari Baca, Tulis dan Hitung

Apa itu Calistung

Calistung merupakan singkatan dari baca, tulis dan hitung adalah kemampuan dasar yang perlu diajarkan dan dikuasai oleh anak sejak usia dini. Sebab dengan kemampuan dasar tersebut anak bisa memahami materi pembelajaran yang lebih kompleks.

Pembelajaran dengan metode calistung atau baca tulis hitung merupakan cara atau metode dasar untuk anak usia dini agar dapat mengerti dan mempelajari setiap huruf dan angka. Karena usia anak dini sedang mengalami perkembangan dan usia terbaik untuk mempelajari sesuatu.

Seperti yang ditunjukkan oleh namanya, calistung atau baca tulis hitung mengajarkan anak dalam meningkatkan kemampuan membaca, menulis dan menghitung. Oleh karena itu, biasanya usia anak belajar baca tulis ini yaitu anak-anak usia pra-sekolah alias pre-school.

Dengan mengajarkan anak belajar calistung inilah maka akan dapat membantu memaksimalkan proses belajar si kecil. Selain itu juga diharapkan anak memiliki kemampuan yang baik dalam membaca maupun menulis.

Tak hanya itu saja, dengan mengajarkan anak belajar calistung maka mereka juga akan lebih siap untuk memasuki sekolah dasar. Maka dari itu, mengajarkan anak calistung memiliki banyak manfaat bagi anak usia dini.

Manfaat Mengikutinya

Manfaat Mengikutinya

Calistung atau kepanjangan dari membaca, menulis dan berhitung adalah suatu kemampuan dasar yang wajib dimiliki anak di usia dini. Ada banyak sekali manfaat atau kelebihan calistung bagi anak usia dini.

  • Anak Menjadi Lebih Mandiri 

Kelebihan calistung yang pertama yaitu membuat anak menjadi lebih mandiri. Sebab anak yang menguasai calistung umumnya sudah mampu atau bisa melakukan baik tugasnya ataupun kegiatan sehari-hari sendiri tanpa perlu lagi diawasi atau ditemani oleh orang tua.

Anak yang sudah menguasai calistung sejak dini memiliki motivasi belajar yang tinggi serta fokus perhatian yang baik. Maka dari itu, ia menjadi lebih senang dalam belajar baik belajar secara mandiri maupun diajarkan oleh guru atau orangtua.

Misalnya mulai dari belajar, makan, mandi, hingga tidur. Tentunya hal ini merupakan hal yang diinginkan oleh para orang tua sebab anaknya sudah bisa belajar mandiri.

Anak yang menguasai calistung akan memiliki rasa haus terhadap belajar yang tinggi sehingga mereka dapat lebih mudah dalam memahami ucapan atau perintah dari baik guru maupun orang tua.

Sehingga mereka tidak lagi kesulitan atau merengek maupun menangis melainkan sebaliknya dengan menyelesaikannya secara mandiri.

Meski begitu, sebagai seorang orang tua alangkah baiknya untuk tetap selalu menemani dan mendampingi si kecil ketika belajar. Karena dengan adanya sosok orang tua di sampingnya maka anak-anak akan merasa senang karena disayangi dan diperhatikan.

  • Anak Menjadi Lebih Percaya Diri

Manfaat selanjutnya yaitu calistung juga bisa membantu membangkitkan kepercayaan diri sang anak. Dengan memiliki kepercayaan diri tinggi, anak akan lebih berani menghadapi tantangan dan mudah bergaul.

Jika anak-anak dulunya penakut, tertutup, penyendiri atau pemalu nantinya ia akan membuka diri dengan lingkungannya. Selain itu, ia juga akan bisa meraih prestasi di kelasnya karena merasa percaya pada kemampuan dirinya.

Sebab di dalam dirinya akan tertanam rasa senang belajar. Sedangkan sebaliknya, jika anak merasa tidak senang belajar maka akan membawa dampak buruk yaitu menjadi mudah menyerah dan tidak percaya diri disebabkan karena tidak bisa menguasai membaca, menulis dan berhitung.

  • Meningkatkan kemampuan berpikir

Calistung juga dapat meningkatkan kemampuan anak dalam berpikir. Kemampuan dalam membaca dan menulis akan mampu mengembangkan pada aspek logika berpikir anak, khususnya memaksimalkan fungsi pada belahan otak kirinya.

Anak usia dini pada rentang umur 2 sampai 7 tahun dianggap sudah bisa berpikir secara terstruktur. Walaupun kemampuan dalam berpikirnya masih statis anak yang bisa calistung mampu menyerap dan menyampaikan segala informasi yang mereka terima dengan baik.

Dengan begitu anak mempunyai keterampilan baik dalam membaca, menulis dan berhitung dengan sederhana. Serta kemampuan dalam berbahasa dan keterampilan berpikir kritis sang anak berkat dari materi-materi yang diajarkan ketika belajar calistung.

  • Membuat Anak Menjadi Senang Belajar

Kelebihan calistung yang selanjutnya yaitu membuat anak menjadi lebih senang belajar. Sebab metode pembelajaran calistung menggunakan metode yang menyenangkan dengan menyisipkan permainan yang dapat mengasah perkembangan otak anak.

Dengan metode bermain dan belajar anak dapat dengan mudah menyerap pelajaran dan membuat sang anak senang belajar. Sehingga mereka mampu menulis dan membaca serta menghitung dengan baik.

Kemampuan menulis dan membaca membuat anak-anak menjadi senang belajar karena pada intinya kedua kemampuan itulah yang saling berhubungan. Sebab ketika anak belajar membaca sambil menulis selama proses itu ia pasti akan merasa terdorong untuk bisa.

Anak akan terdorong untuk bisa menguasai materi yang diajarkan oleh guru seperti mengenal huruf alfabet mulai dari huruf menjadi sebuah kata hingga kalimat.

Serta paham bagaimana cara menulis dan membacanya karena anak secara alami merasa lebih termotivasi untuk belajar menulis dan membaca.

Lain halnya dengan anak yang belum bisa menguasai calistung, pada umumnya mereka introvert, tertutup, penakut, pemalu dan kurang menyukai lingkungan sekolah.

Serta cenderung menarik diri dari sosial karena merasa lebih nyaman di rumah. 

Sedangkan anak yang menguasai calistung sejak dini berkarakter pemberani, aktif dan mudah bergaul. Kemampuan calistung pada anak usia dini juga membuat anak merasa betah atau lebih senang di sekolah dan lebih siap dalam menghadapi kegiatan di sekolah.

Karena mereka memandang belajar merupakan suatu kegiatan yang menyenangkan daripada anak-anak yang tidak atau belum bisa menguasai calistung. Mereka memandang belajar kurang menyenangkan bahkan hingga merasa terbebani.

  • Mempermudah Anak Dalam mengikuti pembelajaran

Dengan mengajarkan anak calistung juga dapat mempermudah anak dalam mengikuti kegiatan selama pembelajaran. Sebab membaca, menulis, dan menghitung menjadi modal penting bagi sang anak ke jenjang pendidikan sekolah nantinya.

Kemampuan membaca, menulis, dan berhitung menjadi pelajaran dasar sebagai upaya untuk membekali anak usia dini dalam mengikuti pembelajaran dan menerima materi-materi yang lebih kompleks ketika memasuki jenjang pendidikan pada Sekolah Dasar.  

Maka dari itu, Calistung merupakan hal yang mendasar atau pondasi utama yang perlu dikenalkan pada anak sejak usia dini. Dan menjadi faktor penting dalam memastikan kesiapan anak untuk menempuh proses kegiatan belajar ke tingkat yang lebih lanjut.

  • Mempersiapkan Sebelum Memasuki Sekolah Tingkat Dasar

Calistung sendiri merupakan metode pengajaran yang mengajarkan anak untuk bisa atau mahir dalam membaca, menulis dan menghitung. Yang mana merupakan modal utama sebelum memasuki di jenjang pendidikan yang lebih tinggi, yaitu Sekolah Tingkat Dasar.

Meski calistung bagi anak usia dini masih menuai pro dan kontra dari berbagai pihak. Namun calistung justru memiliki banyak manfaat positif bagi perkembangan dan kesiapan anak dalam mengikuti proses pembelajaran yang lebih kompleks.

Anak yang menguasai calistung sejak usia dini lebih siap untuk menempuh jenjang pendidikan selanjutnya daripada yang belum bisa menguasai calistung. Ada beberapa sikap dan perilaku yang ditonjolkan anak yang menguasai calistung, yaitu lebih mandiri dan percaya diri. 

Sehingga anak usia dini yang sudah bisa atau mampu dalam menguasai Calistung akan lebih siap dalam menerima dan mengikuti proses pembelajaran. Serta dapat dengan mudah untuk menempuh jenjang pendidikan di Sekolah Dasar dengan baik. 

Dimanakah Tempat Daftarnya?

Dimanakah Tempat Daftarnya

Dengan adanya les calistung inilah maka suatu metode yang sangat tepat bagi para orang tua. Untuk mengenalkan dan mengajarkan calistung pada anak dengan dibantu oleh guru atau tenaga pengajar yang ahli.

Studiva menyediakan program layanan les calistung bagi anak usia dini hingga usia 7 tahun. Kami berdedikasi dalam berupaya meningkatkan kemampuan anak dalam membaca, menulis dan menghitung dengan pengajar yang berpengalaman.

Serta dengan menggunakan metode bermain dan belajar yang menyenangkan bagi anak sehingga anak menjadi senang belajar. Tanpa perlu khawatir akan biaya karena di Studiva si kecil akan dapat mengenal dan belajar banyak tanpa perlu mengeluarkan biaya yang mahal.

Bunda, tertarik untuk mendaftarkan si kecil les calistung di Studiva? Tunggu apalagi? Segera daftar ke Studiva atau bisa dengan mengisi form diatas ini.

×

Choose One Of Our Team Members

Studiva Would Like To Understand How We Could Help You As Best We Could

×