Jasa Backlink ac.id Edukasi Android Belajar Trading Buzzer Cekresi Coworking cyber duniagames forex inspirasi investasi kerja komputer kredit kursus marketing motivasi pajak redaksi reksadana saham server service software sosial media umkm update vlog Website yandex nusa penida 7 Cara Meraih Skor TOEFL Tinggi yang Bisa Kamu Lakukan

Kamu pasti bisa! Saat dihadapkan pada tes TOEFL ketakutan terbesar adalah tidak bisa meraih skor TOEFL yang diinginkan.

 

Apalagi jika jenis tes TOEFL yang diikuti cukup mahal seperti TOEFL iBT. Tertekan? Mungkin saja, tapi kamu tidak perlu khawatir karena masih banyak waktu mempersiapkan. 

 

Tidak perlu merasa berat karena masalah skor, karena jika kamu berusaha mulai dari sekarang hasilnya pasti akan memuaskan. Oleh karena itu jangan terlalu lambat mengambil keputusan untuk memulai kegiatan belajar. 

 

Langkah Mudah Mendapatkan Skor TOEFL Tinggi

Langkah Mudah Mendapatkan Skor TOEFL Tinggi

Sebelum memulai persiapan, kamu harus mengetahui berapa skor TOEFL yang hendak didapatkan.

Batasan skor TOEFL ini akan menjadi pemicu semangat belajar. Jika kamu akan menggunakannya sebagai pendaftaran masuk universitas luar negeri, maka temukan berapa standar skor TOEFL yang biasa dibutuhkan. 

Bandingkan universitas satu dengan lainnya dan disanalah kamu akan menemukannya. Setelah menentukan skor TOEFL yang harus diraih, ikuti beberapa cara berikut ini:

 

Seringlah melakukan praktek tes

Jangan bertindak gegabah dengan mengambil jadwal tes terdekat seperti dua minggu atau satu bulan lagi. Jangan pernah mendaftar jika kamu belum benar-benar siap.

 

Kesiapan akan memberikan jaminan besar bahwa kamu akan memperoleh skor TOEFL yang tinggi. Selain itu kamu harus harus menentukan jadwal belajar dan sering melakukan praktek tes atau latihan. 

 

Pada saat belajar mengerjakan soal perhatikan baik-baik dan kerjakan seolah-olah seperti kamu sedang tes sungguhan. Berlatihlah di pagi hari karena saat itu kondisi tubuh sedang prima. 

 

Tak perlu takut dengan waktu

Waktu bukanlah hal yang pertama kali kamu perhatikan saat belajar. Memang benar selama tes TOEFL iBT kamu hanya diberikan waktu kurang dari 3 jam.

Tapi saat ini kamu sedang belajar jadi akan lebih baik berlatih dengan memperhatikan soal secara seksama. Percuma saja jika kamu belajar tetapi tidak memahami karakter soal. 

 

Fokus belajar grammar dan vocabulary

Jangan lupa bahwa tes TOEFL ini akan menguji kedalaman pemahamanmu akan bahasa Inggris. Pada akhirnya dua hal utama yang harus diperhatikan adalah vocabulary dan grammar. Belajarlah selalu vocabulary yang baru dan buat menjadi hafalan. 

 

Dua materi ini akan sangat terlihat pada sesi tes writing. Saat membuat esai bahasa Inggris sebaiknya gunakan vocabulary yang kamu ketahui. Hindari menggunakan kosakata and juga struktur atau grammar yang belum diyakini. 

 

Kenali dimana kelemahanmu

Setelah praktek tes dengan sering, lama kelamaan kamu akan mengetahui sesi apa saja yang menjadi kelemahanmu. Mulai dari sini artinya kamu bisa belajar ke arah yang benar. Karena ada tipe soal yang sulit dikerjakan saatnya kamu fokus pada tipe-tipe soal tersebut. 

 

Misalnya kamu paling lama mengerjakan soal reading. Maka belajarlah teknik scanning dan skimming paragraf. Temukan dimanakah pokok atau ide paragraf yang sering menjadi pertanyaan utama. 

 

Jangan lupa membuat catatan 

Setelah mengerjakan soal latihan tes, jangan lupa untuk membuat catatan di buku tersebut. Setiap soal yang sudah diberikan catatan bisa kamu pelajari lagi.

ika kamu salah menebak jawaban pilihan ganda, maka temukan dimana letak kesalahannya dan kerjakan soal yang mirip. Ini juga merupakan salah satu langkah supaya kamu bisa memperbaiki kelemahan. 

 

Apabila jawaban pada soal tersebut benar, buat catan juga mengapa kamu bisa benar menebaknya. Tidak masalah membuat setiap lembar soal penuh dengan catatan. 

 

Melacak perkembangan belajar

Jangan lupa untuk terus mengetahui perkembangan belajar. Kamu sendirilah yang paling tahu, jadi setiap akhir minggu sebaiknya mulailah melakukan review.

Apakah hasil belajarmu sudah bekermbang. Bagaimana caranya? Mudah, kamu cukup mengikuti latihan tes sendiri dengan mengikuti waktu seperti tes TOEFL. Hasil tes akan menjadi review yang paling mudah untuk mengetahui sejauh mana kemajuanmu. 

 

Ikuti Kursus TOEFL

Demi mendapatkan bantuan dari pihak ketiga, teman saja tidak cukup. Kamu bisa mengikuti kursus TOEFL di Studiva dengan pengajar yang sudah memiliki pengalaman.

Di tempat kursus TOEFL kamu akan belajar lebih banyak mulai dari vocabulary yang biasanya sering keluar dalam tes. Kamu juga akan mendapatkan banyak strategi pintar untuk mengerjakan tes lebih cepat. 

×

Choose One Of Our Team Members

Studiva Would Like To Understand How We Could Help You As Best We Could

×