Apa itu Aupair? Aupair adalah program kerja untuk anak muda berusia 18-30 tahun dari luar negeri yang tinggal dengan keluarga angkat untuk merawat anak-anak yang ingin dan ingin memperdalam kemampuan bahasa ke Negara yang dituju.

 

Saat tinggal di luar negeri inilah, Apa itu Aupair menjadi anggota keluarga sementara yang membantu dalam mengasuh anak dan pekerjaan rumah tangga ringan.

 

Karena itulah, Aupair menerima uang saku, mendapat tempat tinggal dan makanan gratis sebagaimana anggota keluarga biasa. Tujuan utamanya adalah terjadi pertukaran budaya dalam suasana informal. Bahkan, menjadi Aupair bisa dimanfaatkan sebagai batu loncatan buat yang ingin kuliah di negara tersebut.

 

Ketika melihat apa yang dilakukan oleh Aupair dalam lingkungan keluarga tersebut, jelas Aupair bukan sekedar “pengasuh anak” maupun “pembantu rumah tangga”, karena yang dilakukan lebih dari sekedar pekerjaan. Aupair lebih mirip seperti “kakak perempuan” atau “kakak laki-laki”.

 

Apa itu Aupair bergabung dengan keluarga untuk menjalin ikatan, memberikan perawatan, serta cinta dengan anak-anak. Selain itu, Aupair juga akan diperlakukan sebagai salah satu anggota keluarga.

 

Dengan ikatan kekeluargaan yang kuat tersebut, bukan hal yang aneh kalau banyak Aupair dan keluarga tersebut yang tetap berhubungan setelah kebersamaan mereka selesai.

 

Dengan tinggal bersama keluarga lokal, seorang Aupair akan mendapatkan wawasan tentang kehidupan keluarga, budaya, bahasa, serta gaya hidup di negara tersebut. Semua keuntungan tersebut sangat bermanfaat bagi kehidupannya di masa depan.

 

Syarat Aupair

Apa Saja Syarat Au pair?

 

Salah satu syarat Au pair adalah anak muda usia 18 sampai 30 tahun yang belum menikah. Mereka juga diharuskan tinggal di negara tersebut selama jangka waktu tertentu, biasanya selama 6 bulan hingga 1 tahun. Seorang Aupair juga harus bisa bahasa asing (minimal bahasa Inggris).

 

Jadi kalau kamu memiliki keinginan kuat untuk belajar budaya dan bahasa asing tapi memiliki hambatan dana yang terbatas, maka kamu bisa ikut program Aupair ini. Selain itu, ikut program Aupair juga bisa sebagai persiapan sebelum kamu melanjutkan studi ke luar negeri.

 

Apa Sajakah Keuntungan Menjadi Aupair

 

Buat kamu yang hobi traveling, menjadi Aupair juga menjadi cara ampuh untuk menjelajahi negara asing dengan biaya hemat. Bahkan kalau beruntung, ada sebagian host family yang bersedia menanggung tiket pesawat ke negara tujuan. 

 

Walaupun kamu harus menyediakan tiket pesawat, menjadi Aupair bisa menghemat banyak lho. Karena biaya hidup kamu selama di luar negeri akan ditanggung oleh host family. Padahal tahu sendiri kan, biaya hidup di negara barat terkenal sangat mahal.

 

Tidak hanya mendapatkan pengalaman tinggal dan menjelajahi negara asing, kamu juga berkesempatan mengumpulkan pundi-pundi uang lho. Ya, karena kamu akan mendapat uang saku selama menjadi Aupair. 

 

Sebagai seorang Aupair, biasanya kamu juga akan mendapatkan kursus bahasa asing. Karena memang tujuan utama program Aupair bukan untuk bekerja, tapi untuk meningkatkan kemampuan bahasa serta wawasan budaya di negara tersebut.

 

Aupair adalah

Apa Saja Tugas-Tugas Aupair

 

Tugas Aupair biasanya sudah disepakati dan ditetapkan dalam surat undangan sebelum Aupair bergabung. Tapi secara umum tugas Aupair adalah mengurus anak serta mengerjakan pekerjaan rumah tangga ringan.

 

Seorang Aupair diharapkan bisa membantu pekerjaan rumah tangga diantaranya mengeringkan dan melipat cucian, menyetrika baju anak-anak, membantu kebersihan rumah, merapikan kamar anak-anak, maupun membuang sampah. 

 

Aupair adalah tidak boleh melakukan pekerjaan berat misalnya membersihkan semua bagian rumah. Aupair seharusnya tidak mengerjakan pekerjaan ini sendiri, tapi harus bersama anggota keluarga lainnya.

 

Aupair juga tidak diijinkan merawat bayi usia di bawah 2 tahun sendirian karena mereka memang tidak memiliki pengalaman untuk melakukan pekerjaan ini. Kalaupun harus merawat bayi, sifatnya hanya mendampingi baby sitter atau perawat yang memang didatangkan khusus.

 

Sekali lagi, Aupair bukanlah pembantu, karena posisi mereka sama dengan anggota keluarga lainnya. Bahkan mereka juga diperbolehkan untuk sekolah, mengikuti kursus bahasa, serta belajar mengenal budaya di negara tersebut. Program ini sering disebut juga dengan istilah culture exchange atau program pertukaran budaya.

 

Bagaimanakah Cara Mendaftar Menjadi Aupair?

 

Ada banyak agen yang akan mempertemukan host family dan seorang Aupair. Kamu bisa mendaftar online melalui berbagai website yang ada di dunia maya. Untuk memperbesar peluang, kirim sebanyak-banyaknya profil kamu ke host family yang sesuai dengan kriteria yang kamu inginkan.

 

Dengan mendaftar online, kamu bisa mencari host family, kalau cocok kamu bisa berinteraksi online melalui email maupun video skype. 

 

Atau kamu juga bisa mendaftar langsung di kantor agen Aupair yang ada di Indonesia. Kamu bisa mencari tahu peluang menjadi Aupair di negara tujuan kamu, misalnya Jerman, Belanda, Perancis, Australia dll

 

Nah sekian dulu artikel mengenai apa itu Aupair. Bagi kalian yang tertarik untuk bergabung dalam program Aupair di negara-negara Eropa, khususnya Jerman dan Perancis, kamu bisa konsultasi dan mendapatkan informasi lebih lengkap dengan menghubungi Kami di Studiva.com.

 

Sekedar informasi Studiva merupakan konsultan pendidikan tinggi Eropa yang berkomitmen membantu sebanyak-banyaknya pelajar Indonesia untuk kuliah di Eropa dan juga Kami memiliki program kerja di Jerman seperti Aupair, Ausbildung Jerman, hingga FSJ Jerman.