Apa itu Ausbildung? Saat ini masih ada banyak orang yang masih bertanya-tanya dengan keuntungan dan tujuan Ausbildung. 

 

Begitu juga dengan bagaimana cara agar bisa berkuliah di Jerman tanpa harus mengeluarkan banyak biaya, nah jawabannya adalah dengan belajar dan juga berkompetisi untuk bisa memperoleh beasiswa penuh kemudian melanjutkan kuliah di Jerman dengan gratis.

 

Selain itu, anda juga bisa mengikuti program kuliah di Jerman yang bernama Ausbildung. Dimana nantinya selama anda tinggal di Jerman, anda bisa belajar berbagai macam kebudayaan baru di negara Jerman.

 

Untuk anda yang ingin belajar sambil bekerja di Jerman, anda bisa mengikuti program Ausbildung Jerman yang memang diperuntukan untuk para pelajar di Jerman maupun luar Jerman yang ingin mendapatkan pekerjaan sekaligus belajar di Jerman.

 

Program ini juga tidak hanya bisa diikuti oleh masyarakat Jerman saja, bahkan untuk anda orang Indonesia pun juga bisa mengikuti program Ausbildung

 

 Pemerintah Jerman sendiri juga menyelenggarakan program ini dan juga menjalankannya dengan perusahaan-perusahaan yang ada di Jerman.

 

Apa Itu Ausbildung? Apa Keuntungan Ausbildung Yang Akan Didapat Jika Mengikutinya

 

Keuntungan Ausbildung

 

Lalu sebenarnya apa itu Ausbildung? Nah jadi intinya adalah anda akan melamar di perusahaan yang memang sudah terdaftar bersama program Ausbildung.

 

Dimana nantinya jika anda diterima, anda akan langsung berangkat ke Jerman, mengikuti kelas teori dan bekerja sama seperti karyawan magang.

 

Jadi selain belajar, anda juga akan mendapatkan bayaran dari hasil bekerja bersama dengan perusahaan-perusahaan yang tergabung dengan program Ausbildung Jerman nantinya.

 

Setelah mengetahui apa itu Ausbildung, tentu saja anda tertarik untuk mengikuti program ini kan? Karena pastinya anda gak akan menyesal jika diterima sebagai salah satu siswa dari program Ausbildung.

 

Nah program Ausbildung ini akan anda jalani selama tiga tahun. Dimana setelah lulus akan ada banyak keuntungan yang nantinya akan anda dapatkan.

 

Ausbildung juga bisa disebut sebagai metode pelatihan dari keahlian maupun profesi. Saat anda memilih program ini dan pergi ke Jerman.

 

Tentu saja anda juga harus mengetahui apa saja keuntungan Ausbildung yang akan anda dapatkan nantinya.

 

Nah berikut dibawah ini sudah saya tuliskan apa saja keuntungan Ausbildung yang bisa anda dapatkan.

 

Tidak Ada Pungutan Biaya Sepeserpun

 

Mungkin anda pernah mendapatkan iming-iming untuk pergi ke Jerman lewat agen dimana anda harus membayar sejumlah uang terlebih dahulu kan? Nah lebih baik anda segera menghentikan hubungan tersebut.

 

Hal ini karena Ausbildung sendiri merupakan program gratis dari Pemerintah Jerman yang bisa diikuti oleh siapa saja asalkan mereka memenuhi setiap syaratnya.

 

Tidak ada biaya yang harus dibayarkan saat anda memilih untuk mengikuti program AUsbildung.

 

Bahkan semua biaya termasuk juga biaya tiket pesawat saat pulang pergi dari Jerman ke Indonesia juga akan dipotong lewat gaji selama anda bekerja di Jerman. Jadi tidak akan ada biaya sama sekali yang harus anda keluarkan.

 

Mendapatkan Gaji Bulanan

 

Namanya juga anak magang yang bekerja di Jerman, tentu saja anda juga akan memperoleh gaji bulanan. Dimana jumlah gaji yang akan anda dapatkan ini juga tergantung dari profesi apa yang anda tekuni.

 

Selama anda masih berstatus sebagai karyawan magang, maka gaji yang akan anda dapatkan juga tidak akan lebih tinggi dari karyawan tetap.

 

Namun untuk bayaran atau masalah gaji yang akan anda dapatkan nantinya sudah pasti cukup untuk ditabung dan biaya hidup sehari-hari di jerman.

 

Dimana nantinya gaji yang akan anda dapatkan juga berpotensi bertambah setiap tahunnya. Dimana kenaikan dari jumlah gaji adalah 10% sesuai dengan standar Jerman. 

 

Rata-rata gaji awal yang akan anda dapatkan adalah 375 Euro atau jika dikonversi kedalam rupiah pada tahun 2021 sekitar  Rp 6.354.980, baru kemudian di tahun kedua nantinya anda akan mendapatkan kenaikan gaji.

 

Semau gaji yang anda terima tersebut adalah gaji bersih, jadi anda tidak perlu memikirkan biaya tiket pesawat dan akomodasi karena sudah dipotong dengan gaji bayaran bulanan anda.

 

Konsumsi dan Akomodasi Yang Terjamin

 

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa akomodasi dan konsumsi adalah hal yang paling menguras biaya, namun anda jangan khawatir atau bingung dengan masalah ini. Jangan khawatir juga terhadap harga mahal konsumsi serta biaya hidup sehari-hari.

 

Sebab perusahaan tempat anda bekerja sudah menyiapkan tempat tinggal dan juga konsumsi sehari-hari yang sudah dipotong oleh gaji bulanan anda.

 

Selama anda bekerja dan berada di Jerman, anda akan tinggal di asrama dimana satu kamar nantinya akan diisi oleh dua orang. Anda juga akan mempunyai roommate yang bisa menjadi teman baru untuk anda.

 

Sedangkan untuk masalah transportasi sehari-hari, anda tidak perlu khawatir karena kantor juga sudah menyiapkan bis kantor khusus yang siap mengantar jemput anda dari asrama sampai ke perusahaan tempat bekerja.

 

Jaminan Asuransi

 

Berikutnya anda juga akan mendapatkan jaminan asuransi. Dimana seperti yang sudah kita ketahui bahwa Jemuran sendiri merupakan negara yang sangat ketat dengan urusan asuransi.

 

Biasa Nya ada dua jenis asuransi yang harus anda miliki selama berada di Jerman yakni asuransi perjalanan dan juga asuransi kesehatan.

 

Untuk masalah asuransi perjalanan dapat diurus dengan mudah di Indonesia yang biasa nya akan digantikan oleh perusahaan.

 

Sementara untuk asuransi kesehatan, nantinya anda akan memperoleh jaminan asuransi kesehatan selama tiga tahun tinggal di Jerman.

 

Jadi semuanya sudah diurus dan anda akan langsung menerimanya jika ternyata anda mengalami masalah kesehatan selama bekerja di Jerman.

 

Waktu Libur Dan Cuti

 

Setelah anda mengetahui apa itu Ausbildung Jerman, dan mengerti jika Ausbildung merupakan program belajar dan bekerja di Jerman tentu saja anda juga harus mengetahui bagaimana waktu libur dan juga cuti dari program Ausbildung ini.

 

Layaknya seperti karyawan, anda juga akan menikmati masa libur dalam seminggu selama dua hari yakni di hari Sabtu dan juga hari Minggu.

 

Selama libur, anda dapat berjalan-jalan mengelilingi kota Jerman bahkan juga bisa berkunjung ke negara Tetangga dengan jarak yang bisa ditempuh dalam hitungan jam saja.

 

Yang enak lagi adalah jika anda sudah melewati masa Ausbildung satu tahun, anda juga akan mendapatkan masa cuti selama 24 hari yang dapat anda gunakan.

 

Jika dibayangkan tentu saja kerja sambil bekerja di Jerman lebih enak jika dibandingkan dengan kerja sambil kuliah di Indonesia.

 

Pembagian Waktu Bekerja Dan Belajar

 

Berikutnya, lalu seperti apa nantinya pembagian waktu bekerja dan belajar selama di Jerman? Nah karena Ausbildung merupakan dua program maka tentu saja ada pembagian waktu yang harus anda ketahui.

 

Sebenarnya ada juga tiga jenis ausbildung yang masing-masing mempunyai waktu dan juga belajar teori yang berbeda.

 

Namun secara dasar Berufsschule merupakan program Ausbildung yang paling banyak dipilih oleh pelajar Indonesia.

 

Dimana program ini mempunyai jadwal belajar selama dua hari selama satu minggu. 

 

Sementara untuk waktu bekerjanya adalah selama tiga hari. Jadi nantinya pelajaran teori akan jauh lebih sedikit dibandingkan dengan belajar praktek kerja. Tentu saja hal ini akan jauh lebih enak karena anda akan lebih cepat memahami skill bekerja.

 

Bidang dan Jurusan Ausbildung Jerman Yang Bisa Dipilih

 

Setelah mengetahui apa itu Ausbildung Jerman, tentu saja anda juga harus mengetahui apa saja sih bidang pendidikan dan juga jurusan yang bisa anda pilih. Nah berikut dibawah ini sudah saya tuliskan apa saja bidang dan jurusan Ausbildung yang bisa anda pilih.

 

Ausbildung Teknisi

 

Yang pertama adalah Ausbildung teknisi, dimana untuk bidang otomotif ini memiliki prospek kerja yang tidak hanya di Jerman saja namun juga memiliki prospek kerja yang cukup cerah di perusahan Indonesia.

 

Dimana dengan mengikuti Ausbildung Teknisi anda juga memiliki kesempatan untuk menjadi salah satu tenaga pengajar untuk SMK maupun menjadi dosen Universitas.

 

Di Indonesia sendiri juga ada banyak sekali perusahaan otomotif yang memang mengambil tenaga ahli dari luar negeri.

 

Oleh sebab itu, keuntungan yang akan anda dapatkan jika mengambil program Ausbildung Teknisi adalah bisa menjadi tenaga ahli yang memiliki sertifikat luar negeri.

 

Ausbildung Perawat

 

Di bidang kesehatan, Jerman tentu saja juga menjadi salah satu cancer yang tinggi dan juga menjadi tujuans elama mengambil program dari Ausbildung Jerman.

 

Hal ini karena angka harapan hidup yang tinggi dan juga tingkat kesejahteraan kesehatan yang baik yang dimiliki oleh Jerman.

 

Dengan begitu maka Ausbildung perawat adalah pilihan yang tepat untuk anda yang mungkin ingin memperdalam ilmu keperawatan. Karena anda juga dapat langsung praktek di rumah sakit Jerman dengan taraf yang baik dan juga bagus.

 

Ausbildung Perhotelan

 

Dengan bidang industri dari perhotelan yang berkembang sangat pesat. Hal ini karena di Jerman sendiri service dan juga fasilitas dari perhotelan yang diberikan sangat baik.

 

Entah itu untuk hotel kelas bintang 3 hingga hotel bintang lima pun juga memiliki taraf yang sangat memuaskan serta profesional.

 

Oleh sebab itu Indonesia tentu saja harus berkaca dengan service maupun layanan yang diberikan oleh hotel-hotel yang berada di Jerman.

 

Indonesia yang menjadi negara industri pariwisata cukup tinggi juga harusnya bisa diandalkan untuk menjadi prospek dari bisnis perhotelan kedepannya.

 

Ausbildung Restoran

 

Terakhir ada bidang restoran yang mungkin juga bisa anda pilih untuk anda yang ingin mengikuti program Ausbildung Jerman.

 

Anda bisa belajar untuk mempersiapkan dan membuat restoran dengan taraf internasional serta profesional.

 

Dengan begitu, anda bisa belajar dari banyak ahli dari terkemuka restoran yang terdapat di Jerman.

 

Dengan mengikuti program Ausbildung Restoran nantinya anda bisa membuat dan membangun restoran dengan taraf internasional, selain itu anda juga bisa bekerja di restoran terkemuka yang terdapat di Jerman dengan mudah dan terjamin.

 

Syarat Mengikuti Program Ausbildung Jerman

 

Syarat Mengikuti Program Ausbildung Jerman

 

Setelah anda mengetahui apa saja program jurusan yang disediakan oleh Ausbildung. Mungkin anda sendiri langsung memiliki niat untuk mengikuti program pendidikan dan magang bersama Ausbildung Jerman.

 

Nah untuk bisa mengambil program Ausbildung Jerman, tentu saja anda harus memenuhi terlebih dahulu terkait beberapa kriteria dan juga syarat pendaftaran.

 

Berikut dibawah ini adalah beberapa syarat untuk bergabung dengan Ausbildung Jerman.

 

Syarat Pendidikan

 

Minimal syarat pendidikan yang harus anda miliki jika ingin bergabung dengan Ausbildung Jerman adalah berpendidikan SMA atau yang setara dengan SMA.

 

Nah untuk anda yang sekarang ini masih berstatus siswa, anda juga bisa tetap mulai mempersiapkan diri sebelum lulus untuk bergabung dengan Ausbildung.

 

Lalu bagaimana dengan yang sudah lulus? Tenang saja anda masih bisa tetap mendaftarkan diri untuk bergabung bersama Ausbildung Jerman.

 

Hal ini karena peluang untuk melanjutkan pendidikan serta mempersiapkan kuliah lanjutan sembari bekerja juga akan ikut terbuka lebar jika anda bergabung dengan Ausbildung Jerman.

 

Syarat Usia

 

Berikutnya untuk batas usia yang harus anda penuhi dibagi menjadi 2 kelompok yakni 18 sampai 25 tahun untuk kategori mendaftar yang tidak harus mencantumkan pengalaman kerja.

 

Jadi untuk anda yang memiliki usia 18 sampai 25 tahun, anda hanya perlu bermodalkan ijazah saja.

 

Sementara untuk kategori berikutnya adalah usia 25 sampai 35 tahun. Dimana untuk kategori kelompok usia ini harus disertai dengan syarat surat pengalaman bekerja yang pernah anda miliki.

 

Dengan melampirkan syarat pengalaman bekerja yang pernah anda alami tentunya anda dianggap mempunyai motivasi yang sangat tinggi untuk bisa melanjutkan keterampilan yang anda miliki tersebut.

 

Syarat Nilai

 

Selanjutnya yang tidak kalah penting adalah syarat nilai yang harus terpenuhi. Dimana untuk nilai minimum yang harus terpenuhi adalah dilihat dari jurusan atau program Ausbildung yang anda ambil.

 

Jadi kesimpulannya adalah dilihat dari kesinambungan antara program jurusan yang nantinya akan ambil serta rekam jejak yang sebelumnya sudah anda tempuh.

 

Jadi masing-masing syarat nilai minimum yang harus anda penuhi berbeda. Semakin tinggi program jurusan yang akan anda ambil maka semakin tinggi pula syarat nilai yang harus anda penuhi.

 

Syarat Bahasa Jerman

 

Terakhir, karena Ausbildung adalah program pemerintah Jerman tentu saja anda juga harus bisa memahami dan mengerti bahasa Jerman.

 

Paling tidak anda harus memiliki kemampuan dan kecakapan untuk berbahasa Jerman yang setara dengan B1 dan juga B2, namun jangan khawatir jika Anda belum bisa karena Anda dapat memperlajarinya di tempat kursus bahasa Jerman di Studiva.

 

Dengan memiliki kemampuan ini tentu saja anda sudah dapat bercakap-cakap dengan penduduk asli Jerman dan juga dapat memahami teks yang tersaji di lingkungan pendidikan maupun lingkungan pekerjaan di Jerman.

 

Sehingga nantinya apa yang akan anda pelajari akan lebih mudah, karena program dari Ausbildung teori akan tetap diberikan walaupun juga terdapat kerja praktek.

 

Yuk Bergabung Dengan Ausbildung Lebih Mudah Bersama Studiva

 

Nah sekarang anda sudah mengetahui apa itu Ausbildung. Lalu bagaimana cara bergabung dengan program Ausbildung Jerman ini? Apakah anda harus mengeluarkan biaya yang mahal? Apa saja yang harus anda persiapkan?

 

Tenang saja, untuk bisa bergabung dengan Ausbildung anda bisa melakukannya dengan mudah asalkan anda memilih Studiva sebagai partner dari Ausbildung Jerman yang resmi di Indonesia. Bersama Studiva semua persiapan terkait surat-surat, Visa, tiket pesawat akan diurus oleh Studiva.

 

Sehingga anda hanya tinggal terima jadi saja, tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar karena nantinya gaji yang akan anda dapatkan sudah dipotong untuk keperluan persiapan selama anda ingin berangkat ke Jerman dari Indonesia.

 

Studiva sendiri sudah berhasil memberangkatkan ribuan peserta Ausbildung dari Indonesia. Apakah anda tidak tertarik untuk bergabung bersama Studiva untuk mencoba Ausbildung Jerman?

 

Mau sampai kapan anda hanya menunggu dan bermimpi kalau bersama Studiva saja anda bisa mewujudkan impian tersebut.