Aupair Jerman : Keuntungan, Syarat dan Cara Mendaftarnya

Aupair Jerman merupakan program internasional yang diberikan oleh Pemerintah Jerman dimana pemerintah Jerman memberi kesempatan terhadap para pemuda dan pemudi di luar Jerman agar bisa merasakan bagaimana kehidupan langsung saat tinggal di Jerman. 

 

Kenapa bisa begitu? Karena nantinya anda akan langsung tinggal bersama keluarga di Jerman.

 

Selain itu, para pemuda dan pemudi Internasional ini juga akan mendapatkan berbagai macam fasilitas yang lengkap. Jadi secara dasar Aupair Jerman adalah seperti kegiatan Homestay.

 

Dimana akan tinggal bersama keluarga baru di Jerman, mendapatkan berbagai macam fasilitas dari keluarga asuh, kemudian dengan memberi feedback yang bisa membantu keluarga asuh tersebut agar bisa mengurus anak-anak dan juga membantu pekerjaan ringan di rumah.

 

Pengertian Program Aupair Jerman 

 

Program Aupair Jerman adalah program pertukaran budaya untuk generasi muda di seluruh dunia yang memiliki usia 18 sampai 26 tahun guna memperdalam bahasa Jerman, budaya Jerman dengan belajar secara langsung melalui tinggal bersama keluarga Jerman dengan durasi 1 tahun.

Tentu saja anda juga merasakan jika belajar bahasa Jerman di masa studi sering kali akan mengalami hambatan, dimana tuntutan untuk cepat memahami materi yang disampaikan akan membuat kelancaran belajar bahasa Jerman menjadi terhambat.

 

Dengan mengikuti program Aupair Jerman adalah cara yang paling tepat untuk anda yang mungkin ingin belajar bahasa Jerman dengan cepat.

 

Status atau tipe dari Aupair ini sudah dimulai sejak tahun 1840 lalu dan menjadi indikasi yang paling aman antara pekerja dan orang yang mempekerjakan. Dimana pekerjaan ini di Eropa sudah dimulai setelah perang dunia kedua berakhir.

 

Sebelum perang dunia II dimulai ada banyak pembantu rumah tangga yang diambil dari berbagai negara untuk membantu kaum bangsawan mengurus anak.

 

Namun karena tingkat pajak dan sosial yang tinggi menjadikan pembantu rumah tangga sulit untuk diakses, khususnya bagi keluarga menengah.

 

Padahal dalam waktu bersamaan setelah masa perang dunia berakhir, ada banyak gadis yang memerlukan pekerjaan dan juga ingin bisa cepat memahami bahasa asing dengan baik.

 

Sejak saat itulah, istilah Aupair mulai dikenal sebagai salah satu pekerjaan yang menjanjikan.

 

Dimana saat ini pekerjaan sebagai Aupair ini tidak hanya digunakan untuk kaum Uni Eropa saja, melainkan sudah bisa dijalankan oleh warga di seluruh dunia.

 

Warga Asia sendiri menjadi salah satu penduduk yang paling banyak memiliki minat untuk menjadi Aupair. Sesuai dengan perkembangan zaman Aupair kini tidak hanya diminati oleh Wanita saja, namun juga diminati oleh pria.

 

Untuk Aupair dari Indonesia dengan jenis kelamin wanita di Jerman dikenal dengan nama Au Pair Madchen, sementara untuk pria dikenal dengan nama Au Pair Junge.

 

Keuntungan Mengikuti Program Aupair Jerman

 

Keuntungan Mengikuti Program Aupair Jerman

 

Nah sekarang anda sudah mengetahui apa yang dimaksud dengan Aupair. Lalu apa sih yang menarik dari Aupair ini?

 

Khususnya untuk anda yang mungkin sedang menempuh program studi, tentu saja anda bertanya apakah ada waktu untuk belajar sambil mengurus anak dalam keluarga di Aupair Jerman.

 

Tentu saja program Aupair Jerman adalah program yang sudah dipersiapkan secara matang. Jadi tidak hanya semata-mata menjadi pembantu rumah tangga saja.

 

Namun ada beberapa keuntungan yang akan anda dapatkan entah itu dalam bentuk materi hingga waktu. Nah berikut dibawah ini adalah beberapa keuntungan menjadi Aupair di Jerman.

Mendapatkan Tempat Tinggal Yang Layak

 

Yang pertama tentu saja adalah mendapatkan tempat tinggal yang layak. Dimana setiap Aupair dari seluruh dunia nantinya akan mendapatkan tempat tinggal yang layak, dan hal tersebut adalah hal yang wajib.

 

Anda bisa tinggal di lingkungan dalam rumah, sehingga biaya untuk sewa rumah yang mungkin harus anda pikirkan jika bekerja di Jerman sudah tidak perlu anda pikirkan lagi.

 

Hal ini karena anda sudah mendapatkan jaminan tempat tinggal yang layak, mendapatkan makanan yang terjamin kelezatannya. Karena inilah banyak orang yang tertarik untuk menjadi Aupair Jerman.

Bisa Ke Jerman Dengan Biaya Yang Murah

 

Dengan mengikuti Aupair jalur mandiri, maka anda tidak harus mengeluarkan banyak biaya untuk dapat tinggal di Jerman.

 

Dimana biaya yang harus anda keluarkan hanya mengurus paspor, sertifikat A1 dan juga tiket keberangkatan pesawat.

 

Bahkan apabila anda beruntung dan mendapatkan keluarga asuh yang dermawan, kemungkinan mereka yang akan menanggung biaya tiket pesawat dan semua keberangkatan anda ke Jerman.

Jendela Pertama Untuk Memulai Karir Di Jerman

 

Aupair Jerman merupakan salah satu cara dari sekian banyaknya jalan yang bisa anda lakukan untuk bisa mulai karir di Jerman.

 

Dimana setelah menyelesaikan program Aupair Jerman, anda bisa memperpanjang visa untuk melanjutkan program lainnya.

 

Beberapa program kerja lainnya adalah seperti Ausbildung, FBD atau FSJ. Setelah menyelesaikan program Aupair Jerman tentu saja anda sudah memiliki kualifikasi yang layak untuk bekerja dan berkarir di Jerman.

Kontrak Kerja Satu Tahun

 

Berikutnya, keuntungan mengikuti program Aupair Jerman adalah anda akan mendapatkan jaminan kontrak kerja selama satu tahun. Nantinya anda harus bekerja bersama keluarga di Jerman selama 12 bulan.

 

Jadi selama satu tahun atau 12 bulan anda kerja di Jerman, semua biaya termasuk sewa rumah, makan sudah terjamin oleh keluarga. Enak bukan? 1 tahun bekerja anda hanya menerima gaji bersih saja.

Gaji Aupair Jerman

 

Pemerintah Jerman sendiri juga sudah membuat peraturan jika setiap keluarga yang membutuhkan AuPair harus bisa memberikan uang saku atau gaji selama satu bulan minimal 260 Euro atau jika dikonversi menjadi Rupian sekitar Rp 4.391.301 pada tahun 2021.

 

Jadi gaji Aupair Jerman yang akan anda dapatkan ini sudah bersih ya. Karena masalah sewa rumah, tempat tinggal, akomodasi dan juga makan sudah ditanggung oleh pihak keluarga yang membutuhkan Aupair.

 

Selain uang saku, anda juga akan mendapatkan asuransi setiap bulannya yang sudah ditanggung oleh keluarga yang membutuhkan Aupair.

Jam Kerja Aupair

 

Terakhir tentu saja anda akan tertarik untuk membahas jam kerja. Dimana jam kerja Aupair Jerman adalah sama seperti jam kerja dari Part Time.

 

Nantinya anda harus bekerja selama hari senin sampai jumat, dengan hitungan 30 jam per minggu.

 

Lalu jika keluarga membutuhkan bantuan jam tambahan di hari minggu, maka Aupair akan diberikan hari libur di hari senin berikutnya.

 

Sebab Aupair adalah bekerja sambil belajar, jadi anda memiliki waktu luang yang banyak untuk belajar Bahasa Jerman, belajar Kebudayaan Jerman dan belajar apa saja yang berkaitan dengan Jerman.

Syarat dan Cara Mendaftar Aupair Jerman

 

 

program aupair jerman

 

Mungkin setelah mengetahui keuntungan dari menjadi Aupair Jerman, anda langsung tertarik untuk menjadi seorang Aupair. Nah lalu pertanyaannya adalah bagaimana cara mendaftar Aupair Jerman?

 

Sebenarnya program Aupair ini tidak hanya bisa digunakan di Jerman saja. Namun program ini juga bisa digunakan di seluruh dunia seperti di Australia, Turki, China, Belgia dan belahan dunia lainnya.

 

Tentu saja setiap negara mempunyai kebijakannya sendiri-sendiri, tapi keuntungan dan syarat untuk mendaftar menjadi Aupair kurang lebih sama.

 

Nah untuk anda yang ingin mendaftar menjadi seorang Aupair Jerman, berikut dibawah ini adalah beberapa syarat-syarat yang harus anda penuhi dan persiapkan :

 

  • Usia minimal 18 tahun dan usia maksimal 25 tahun.
  • Tidak mempunyai anak, tapi memiliki pengalaman untuk mengurus anak.
  • Sehat jasmani dan rohani.
  • Tidak punya catatan kriminal.
  • Menguasai bahasa Inggris dan bahasa Jerman.
  • Mempunyai SIM dan bersedia untuk mengikuti tes mengemudi.
  • Bersedia dikontrak selama 1 tahun yang sudah disediakan.

 

Jika anda sudah memenuhi semua syarat yang diajukan, maka anda hanya tinggal menunggu informasi selanjutnya saja. Setelah Apply, maka informasi yang anda miliki akan langsung disampaikan terhadap para keluarga pencari Aupair di Jerman.

 

Jadi nantinya anda hanya perlu menunggu apakah anda akan terpilih menjadi bagian dari Aupair Jerman atau tidak. Disini nasib yang menentukan dan berperan penting juga.

Kontrak Kerja Aupair Jerman

 

Berikutnya kita akan membahas bagian yang sangat penting dari program Aupair. Dimana dalam upaya untuk mencari keluarga asuh yang cocok di program Aupair serta meminimalisir perselisihan yang terjadi antara Aupair dengan pihak keluarga asuh tentu saja harus ada hitam di atas putih.

 

Perlu adanya kontrak yang tertulis yang harus dihargai oleh kedua belah pihak. Dimana isi kontrak kerja ini mencakup semua hal yang berhubungan dengan hak dan juga kewajiban dari Aupair selama tinggal di rumah dari keluarga asuh.

 

Sebelum anda memutuskan untuk menandatangani kontrak, tentu saja anda harus teliti dalam menyetujui tanda tangan kontrak dan yang penting anda juga harus memastikan jika hak mendasar sudah dipenuhi oleh keluarga asuh. Beberapa hak-hak ini adalah seperti :

 

  • Hak untuk mendapatkan makan tiga kali selama sehari.
  • Hak mendapatkan ruang kamar sendiri dengan kualifikasi yang sudah ditentukan.
  • Hak mendapatkan informasi keluarga asuh dengan lengkap misalnya seperti jumlah anggota keluarga, pekerjaan, jenis unit tempat tinggal dan informasi lainnya.
  • Hak mendapatkan asuransi kesehatan yang sudah ditanggung oleh keluarga asuh Aupair.
  • Hak mendapatkan hari libur dan ikut keluarga asuh jika mereka mengadakan wisata.
  • Hak mendapatkan kursus bahasa Jerman.
  • Hak mendapatkan gaji setiap bulan.

Aupair juga harus melakukan tugas serta kewajiban sesuai dengan isi dari kesepakatan kontrak.

Tugas dan Kewajiban Aupair Jerman

 

Syarat dan Cara Mendaftar Aupair Jerman

 

Nah berikut dibawah ini adalah beberapa kewajiban dari Aupair yang biasanya tertulis di dalam kontrak :

 

  • Mengerjakan tugas di jam dan juga hari yang sudah disepakati.
  • Membantu untuk mengurus anak, misalnya dengan mengantar anak ke sekolah, menyiapkan sarapan, mengerjakan tugas, menidurkan anak dan mengganti popok serta pekerjaan lainnya yang sesuai dengan kesepakatan.
  • Mematuhi semua aturan rumah misalnya seperti tidak pulang kelewat jam malam, menjaga kebersihan dan juga aturan lainnya.

 

Nah itulah penjelasan mengenai Aupair Jerman. Mungkin anda tertarik untuk mengikuti program Aupair Jerman namun tidak tahu bagaimana atau dimana tempat terbaik untuk mendaftar sebagai Aupair Jerman.

 

Nah anda bisa bergabung dengan Studiva yang merupakan lembaga kursus bahasa sekaligus mengadakan berbagai program kerja di luar negeri salah satunya Aupair Jerman.

 

Dimana Studiva sudah berpengalaman dalam memberangkatkan setiap orang dari Indonesia yang ingin mengikuti program Aupair.