Ausbildung Jerman: Jenis, Keuntungan dan Cara Daftarnya

Ausbildung Jerman merupakan salah satu program kerja di Jerman dari sedikit negara yang berhasil menerapkan pola pendidikan Vokasional (kejuruan).

Biasanya para pemuda Jerman yang ingin memasuki dunia kerja lebih awal atau mereka yang punya keterampilan akan memilih jalur pendidikan Ausbildung

 

Berbeda dengan di Indonesia yang lebih bangga masuk kuliah setelah menyelesaikan pendidikan menengah. Di Jerman sangat umum kaum muda memilih Ausbildung (magang) daripada kuliah di Universitas.

 

Memilih jalur Ausbildung Jerman adalah peluang bagi mereka yang tidak suka banyak teori dan ingin fokus masuk ke dunia kerja.

 

Jerman memiliki kondisi sosial ekonomi yang memungkinkan seseorang memiliki standar hidup baik, baik memiliki ijazah pendidikan tinggi atau tidak. Karena itulah, para pemuda Jerman merasa belajar di Universitas bukanlah suatu keharusan. 

 

Seseorang yang memilih pekerjaan sebagai tukang jagal hewan, montir atau sopir tidak merasa malu dengan keputusannya. Bahkan keluarga merasa bangga memiliki anak yang menyelesaikan pendidikan teknis melalui jalur Ausbildung.

 

Karena ketika anaknya sudah bekerja, dia akan bisa memenuhi kebutuhannya sendiri, membantu keluarga, pergi ke restoran bersama keluarganya, ataupun berlibur ke luar negeri.

 

Jenis-Jenis Ausdilbung Jerman

 

Jenis-Jenis Ausdilbung Jerman

Kursus ausbildung di Jerman menggabungkan kemampuan teori dan praktek.

 

Tiap sekolah memiliki jadwal yang berbeda-beda, tapi umumnya siswa akan belajar teori 2 minggu dan 2 minggu praktek.

 

Selama menjalani pendidikan Ausbildung, siswa dibayar oleh perusahaan. Ausbildung sendiri terbagi menjadi 3 kategori

 

  • Duale Berufsausbildung atau pelatihan kejuruan ganda

     

Kategori ini merupakan yang paling banyak peminatnya, karena siswa digaji dengan upah minimum dan keahlian yang diajarkan sangat dibutuhkan di pasar kerja.

 

Kursus yang fokus pada praktik ini memakan waktu sekitar 2 hingga 3 tahun. Di akhir kursus, siswa harus lulus ujian akhir untuk mendapatkan sertifikat dari negara bagian yang memungkinkannya bekerja di seluruh Jerman.

 

Beberapa keahlian yang didapatkan setelah mengikuti kursus ini diantaranya asisten perawat, tukang bunga, fotografi, sekretaris, dan lain-lain.

 

  • Schulische Ausbildung atau pelatihan berbasis sekolah

     

Di Schulische Ausbildung, siswa lebih banyak belajar teori di kelas. Kursus ini berlangsung selama 1 hingga 3 tahun dan siswa mendapatkan gaji selama masa on job training (pelatihan di tempat kerja).

 

Beberapa bidang keahlian yang diajarkan pada kursus ini diantaranya perawat, agen Perjalanan, pemandu wisata, ahli makeup, terapis, pengurus orang jompo dll

 

  • Ausbildungsorientiertes duales Studium atau gelar ganda

     

Peserta pelatihan gelar ganda ini akan mendapatkan pelatihan dari Universitas atau “Berufsakademie”. Tidak hanya mendapatkan pelatihan kerja, siswa juga akan mendapat ijazah.

 

Selain itu, di akhir pengajaran siswa berhak mengikuti abitur sebagai syarat masuk Universitas.

 

Pemegang gelar Ausbildung Orientiertes duales Studium ini juga biasanya akan memiliki posisi dan gaji lebih baik ketika bekerja di perusahaan, bahkan bisa bersaing dengan lulusan Universitas.

 

Profesi Lulusan Ausbildung Jerman

 

Ausbildung mencakup berbagai macam profesi. Berdasarkan informasi dari situs Ausbildung.de, terdapat 600 jenis kursus yang dapat dipilih dari 3 jenis ausbildung di atas.

 

Jadi, ketika seorang siswa yakin dengan bidang profesi yang hendak dikejar, maka yang perlu dia lakukan hanyalah menentukan kursus apa yang diambil serta lembaga kursus mana yang dipilih.

 

Namun jika siswa belum bisa menentukan pilihan,maka dia bisa konsultasi dengan penasihat profesional yang akan membantu memutuskan.

 

Siapa Yang Boleh Mendaftar Ausbildung di Jerman?

 

ausbildung jerman

Tidak hanya orang Jerman saja, tapi semua orang dari seluruh dunia bisa mendaftar Ausbildung. Banyak orang asing yang mendaftar menjadi Azubi (sebutan orang yang menempuh pendidikan ausbildung).

 

Untuk mendaftar program Ausbildung Jerman, kamu tidak perlu memiliki skill atau background pendidikan yang berhubungan dengan bidang Ausbildung yang kamu pilih.

 

Bahkan kalau kamu lulus SMA atau pernah kuliah, sangat bisa mengikuti program ini. Yang terpenting, kamu harus punya skill bahasa Jerman. Biasanya, mereka meminta sertifikat bahasa level B1.

 

Apa Keuntungan Mengikuti Program Ausbildung Jerman

 

Ausbildung

Program ausbildung ini juga cocok buat kamu yang ingin kuliah di Jerman tapi tidak punya dana mencukupi.

 

Kuliah di Jerman memang gratis biaya kuliah, tapi kamu diharuskan memiliki uang jaminan berupa deposit kurang lebih sekitar € 8000. Jadi kamu bisa memanfaatkan program Ausbildung ini sebagai batu loncatan untuk kuliah di Jerman.

 

Selain Ausbildung, kamu bisa juga mencoba Aupair atau FSJ sebelum kuliah di Jerman. Setelah mengikuti program Ausbildung, peluang untuk bisa kuliah di Jerman sangat terbuka lebar.

 

Selain itu, lulusan program ini akan mendapat sertifikat ausbildung yang dapat dipergunakan untuk melamar pekerjaan di negara manapun.

 

Tahu sendiri kan, level pendidikan Jerman yang tinggi membuat alumninya sangat dihargai di berbagai perusahaan internasional.

 

Bagaimanakah Cara Mendaftar Program Ausbildung Jerman?

 

Tidak harus tinggal di Jerman terlebih dahulu, kamu bisa kok daftar Ausbildung dari Indonesia. Interview, surat menyurat, kontrak kerja dilakukan secara online.

 

Tertarik? Kalau memang kamu penasaran dengan Ausbildung, kamu bisa mendapatkan informasi lengkapnya dengan menghubungi Studiva.com dengan mengisi form dibawah ini.

 

 

Studiva.com telah berpengalaman membantu banyak pelajar Indonesia meneruskan studi di Jerman, tanpa memandang status sosial ekonomi keluarga. Tidak harus kaya untuk studi di Jerman, salah satunya dengan cara mengikuti Ausbildung.

×