Beasiswa Jerman – Jerman salah satu negara maju yang ada di dunia, memiliki segudang penawaran di dunia pendidikan.

 

Beasiswa adalah fasilitas yang diberikan oleh pemerintah Jerman yang tidak boleh dilewatkan. 

 

Banyak sekali mahasiswa di dunia yang tertarik untuk melanjutkan kuliah di Jerman melalui beasiswa yang diselenggarakan oleh pemerintah ini.

 

Macam-Macam Beasiswa Jerman DAAD dari Pemerintah

 

Macam-Macam Beasiswa Jerman DAAD dari Pemerintah

DAAD, The German Academic Exchange Service adalah salah satu program beasiswa yang akan membantu mahasiswa berprestasi untuk bisa melanjutkan kuliah di Jerman

 

DAAD di Indonesia telah ada sejak tahun 1990 dan setiap tahunnya banyak sekali mahasiswa  yang berhasil melanjutkan kuliah Sarjana hingga Doktoral di Jerman. Melalui DAAD ini mahasiswa Indonesia bisa memilih beasiswa yang ingin didapatkan sesuai dengan jurusan. 

 

DAAD ini memberikan fasilitas beasiswa jangka panjang serta beasiswa penelitian jangka pendek untuk membangun profesi dan kolaborasi antar negara.

 

Bagi kamu yang berminat untuk mendapatkan beasiswa DAAD, banyak sekali pilihan yang tersedia. 

 

Setiap tahunnya kesempatan yang dibuka bisa saja berbeda, berikut ini beberapa pilihan yang disediakan oleh beasiswa Jerman DAAD bagi mahasiswa Indonesia, diantaranya:

 

  • Program Master untuk Tata Kelola Negara

Beasiswa DAAD yang pertama adalah program master untuk tata kelola negara. Program ini memberikan penawaran terbaik untuk pembangunan negara yang sedang berkembang. 

 

Program master ditawarkan kepada mahasiswa yang tinggal di negara berkembang seperti Indonesia untuk mempelajari mengenai ilmu sosial, politik, dan ekonomi. 

 

Jika menerima beasiswa ini, ada banyak universitas yang bisa dipilih untuk melanjutkan sekolah seperti Hertie School of Governance di Berlin, University of Duisburg-Esse dan Hochschule Osnabrück. 

 

  • Program Pascasarjana Terkait Pengembangan

Beasiswa kedua dari DAAD yang juga akan diselenggarakan tahun 2019 ini juga masih terkait dengan pengembangan negara.

 

Mata kuliah yang akan dipelajari adalah seputar ekonomi, bisnis dan administrasi, matematika, teknik, media, pendidikan dan hukum, and kedokteran umum.

 

Program beasiswa ini akan diberikan selama 12 hingga 24 bulan dengan biaya per bulan yang didapatkan adalah sekitar 750 euro hingga 1.000 euro. Beasiswa yang didapatkan digunakan untuk dana kesehatan, asuransi, transportasi, dan biaya kuliah.   

 

  • Beasiswa Seni

Jerman juga terkenal sebagai negara yang memiliki sejarah seni yang panjang. Pemerintah Jerman telah menyediakan beasiswa untuk mahasiswa Indonesia melanjutkan program magister kesenian di sana.

Bidang seni yang akan dipelajari meliputi arsitektur, musik dan desain komunikasi visual. Beasiswa yang akan didapatkan termasuk biaya kuliah per semester, transportasi dan asuransi. Beasiswa yang diberikan selama 1 hingga 2 tahun. 

 

  • DLR-DAAD Research Fellowships

beasiswa ini diselenggarakan oleh DAAD dan German Aerospace Center (DLR). Materi yang akan dipelajari selama kuliah meliputi Aeronautika, Luar Angkasa, Transportasi dan Energi. Beasiswa ini diperuntukan mahasiswa yang memiliki prestasi baik sebagai ilmuwan senior. 

 

Beasiswa ini terdiri dari beberapa waktu yaitu 36 bulan untuk doktoral, 6 hingga 24 bulan untuk postdoctoral dan ilmuwan senior selama 1 hingga 3 bulan. Jumlah beasiswa yang didapatkan sekitar 1,760 euro hingga 2,760 euro. 

 

Manakah beasiswa Jerman yang kira-kira cocok dengan minat? Persiapkan juga diri dengan baik untuk mendapatkan beasiswa yang diinginkan. Banyak sekali persiapan yang harus dilakukan memulai dari sekarang.

 

Mulailah dengan mencari universitas yang tepat, memilih program studi dan juga beasiswa yang tersedia. 

 

Lengkapi semua persyaratan yang dibutuhkan, baik dari beasiswa maupun universitas yang dituju. Tingkatkan kemampuan belajar dan jangan lupa untuk langsung mendaftar di waktu yang tepat. Selamat Mencoba.