Beasiswa ke Jerman – Kuliah ke Jerman memang impian banyak mahasiswa. Namun, mata uang yang berlaku di sana kerap menjadi ganjalan. Kita ketahui bersama bahwa konversi rupiah ke euro memang cukup tinggi.

 

Untuk itu, beasiswa adalah solusinya. Nah, berikut ini adalah beasiswa ke Jerman penuh yang dapat dijadikan andalan.

 

Satu adalah beasiswa yang disediakan oleh pemerintah Indonesia, sementara yang satu lagi dikelola oleh pemerintah Jerman.

 

Daftar 3 Beasiswa ke Jerman

 

universitas terbaik di jerman

Image: Medium.com

1. Beasiswa Lembaga Pengelolaan Dana

 

Beasiswa yang memiliki kerjasama dengan banyak universitas di luar negeri ini terbagi-bagi menjadi beberapa kategori. Untuk mendaftar beasiswa LPDP ini kamu harus memperhatikan kriteria kandidat masing-masing kategorinya.

 

Berikut ini adalah kategori beasiswa ke Jerman LPDP.

 

a) Beasiswa LPDP Reguler.
b) Beasiswa LPDP Dokter Spesialis.
c) Beasiswa LPDP Disertasi.
d) Beasiswa LPDP Afirmasi. Beasiswa LPDP afirmasi terbagi lagi menjadi

Beberapa kategori, yaitu sebagai berikut:

 

i. Daerah Tertinggal.
ii. Alumni Bidikmisi Berprestasi.
iii. Individu Berprestasi dari Keluarga Miskin/Pra Sejahtera.
iv. Prestasi Olahraga, Seni, Kebudayaan, dan Keagamaan.
v. Penyandang Disabilitas.
vi. PNS/POLRI /TNI.
vii. Santri.
viii. Prestasi Olimpiade Bidang Sains, Teknologi, dan Keterampilan.
ix. Beasiswa LPDP Unggulan Dosen Indonesia (BUDI).
x. Program LPDP Co-Funding.

 

Beasiswa yang dikelola pemerintah Indonesia ini tentu harus dijajal paling pertama. Hal itu karena pembiayaan yang penuh dan program jurusan yang mencakup seluruhnya.

 

Bahkan, jika kamu sudah memiliki istri dan anak, maka mereka akan ikut mendapat tunjangan.

 

2. Beasiswa DAAD

 

Beasiswa yang diadakan oleh Deutscher Akademischer Austauschdienst ini adalah beasiswa penuh yang dapat diandalkan untuk kuliah di Jerman.

 

Bertolak belakang dengan beasiswa ke Jerman LPDP, beasiswa yang satu ini mengunggulkan kandidat yang telah memiliki pengalaman kerja di perusahaan yang bergerak dalam bidang teknologi, ekonomi, dan sosial.

 

Program jurusan yang tercakup dalam beasiswa ini juga tidak semuanya. Beberapa yang menjadi sasaran beasiswa ke Jerman DAAD ini adalah sebagai berikut.

 

a) Social Sciences, Education and Law.
b) Agricultural and Forest Sciences.
c) Natural and Environmental Sciences.
d) Media Studies.
e) Engineering and Related Sciences.
f) Mathematics.
g) Economic Sciences/Business.
h) Administration/Political Economics.
i) Development Cooperation.
j) Medicine and Public Health.
k) Regional and Urban Planning.

 

3. Beasiswa Universitas

 

Ada banyak universitas yang menyediakan beasiswa bagi mahasiswa lokal atau pun mahasiswa internasional. Sayangnya, kebanyakan dari mereka hanya menyediakan beasiswa paruh biaya.

 

Salah dua universitas yang menyediakan beasiswa penuh untuk mahasiswa internasional adalah beasiswa Universitas RWTH Aachen dan Crifri Frias(Universitas Freiburg).

 

Tentu akan menyenangkan jika kamu bisa diterima di Universitas RWTH Aachen yang masuk ke dalam 100 universitas terbaik di dunia dan mendapatkan beasiswa penuh. Untuk itu kamu harus diterima terlebih dahulu sebelum mendaftar beasiswanya.

 

Sementara itu, jika kamu memiliki proyek penelitian yang baik, yakinlah untuk mendaftarkan diri di Universitas Freiburg dan mencoba beasiswa Cricfree Frias.

 

Universitas ini mencari kandidat yang tertarik pada dunia penelitian. Nantinya, mahasiswa akan mendapatkan biaya kuliah dan biaya untuk melanjutkan penelitiannya tersebut.

 

Itu tadi adalah ulasan beasiswa ke Jerman yang dapat diandalkan. Harus kamu ketahui bahwa beasiswa tersebut hanya berlaku untuk jenjang magister.

 

Mencari beasiswa untuk jenjang bachelor memang cukup sulit. Hal itu karena Jerman menerapkan biaya gratis untuk jenjang sarjana(walaupun masih ada biaya kecil dalam euro).

 

Kamu bisa mendapatkan informasi lebih rinci mengenai topik serupa hanya di Studiva.com.