Belajar Bahasa Jerman Dasar – Apakah belajar bahasa Jerman itu sulit? Kesulitan menguasai bahasa asing tergantung dengan komitmen yang telah kita buat di awal. Jika kita memiliki tujuan tertentu maka menguasai bahasa Jerman dari dasar bukanlah hal yang sulit. 

Apabila sebagai pemula masih bingung darimana akan memulai belajar maka tak ada salahnya mengikuti kursus bahasa Jerman dan beberapa tips dari artikel ini akan membantumu. Sebagai orang Indonesia cukup sulit untuk menguasai bahasa Jerman.

Alasannya adalah pelafalan yang sangat sulit dengan tata bahasa yang digunakan jauh berbeda. Namun bukannya tidak mungkin untuk bisa menguasai bahasa Jerman dalam waktu yang singkat. 

Cara Belajar Bahasa Jerman Dasar Untuk Pemula

belajar bahasa jerman dasar untuk pemula

Apa saja yang harus mulai dipelajari oleh pemula? Berikut ini beberapa tips belajar bahasa Jerman dasar untuk pemula yang bisa diikuti:

Belajar kosakata baru

Belajar bahasa jerman dasar untuk pemula yang pertama adalah dengan pelajaran dasar yang harus dikuasai pemula dalam bahasa Jerman adalah kosakata baru. Setiap negara selalu memiliki kosakata yang sama, hanya saja kosakata ini akan diucapkan secara berbeda. 

Belajar apakah masing-masing kosakata memiliki makna yang sama. Beberapa makna bisa saja berbeda tergantung bagaimana mengucapkannya dalam bahasa Jerman. 

Modal

Kata kerja modal dalam bahasa Jerman juga digunakan sama seperti dalam bahasa Inggris. Jika sudah banyak kosakata yang kamu kuasai beranjak untuk mempelajari kata modal. 

Kata kerja modal ini akan mengekspresikan kemungkinan, keinginan, dan  permintaan izin. Menguasai kata kerja modal ini akan memberikanmu kemampuan yang cukup untuk membentuk sebuah kalimat sederhana. 

Belajar perbedaan Der, Die, dan Das

Ada banyak kata ‘The’ dalam bahasa Inggris yang digunakan dalam bahasa Jerman/ Kata ‘The’ dalam bahasa Inggris berubah menjadi ‘Der, Die, dan Das’. Seringkali kata ini membingungkan dan kapan harus digunakan. 

Sebenarnya sangat mudah membedakannya, penggunaan kata tersebut tergantung dengan kata benda yang digunakan bersifat feminin, maskulin atau netral. Inilah yang membedakan bahasa Jerman dengan bahasa Indonesia. 

Kata benda dibedakan menjadi maskulin, feminin dan netral. Perubahan yang terjadi juga akan berbeda. Maka belajar kapan harus menggunakan ‘Der, Die, dan Das’ adalah dasar menguasai bahasa Jerman. 

Preposisi

Kuasai penggunaan preposisi dalam sebuah kalimat bahasa Jerman. Menguasai preposisi artinya akan membantumu untuk mengerti frasa yang menyatakan waktu, tempat dan arah. 

Kalimat yang menyatakan waktu, tempat dan arah juga merupakan tata bahasa Jerman. Disinilah dasar kamu harus memulai untuk belajar tata bahasa yang digunakan. Bahkan sampai pada perubahan kata kerja.

Belajar bagaimana cara kerja bahasa Jerman

Mengetahui bagaimana cara kerja bahasa Jerman akan memudahkan kamu untuk bisa menguasai dengan cepat. Jika tidak maka sangat sulit menguasai bahasa Jerman karena semua aturan adalah tentang grammar. 

Pengetahuan mengenai awalan bahasa Jerman akan membantu untuk menguasai kata kerja baru. Awalan dan sufiks akan membantu para pemula untuk menciptakan kombinasi huruf yang ditambahkan ke awal kata. Sedangkan sufiks akan membantu untuk menguasai kata yang ditambahkan sebagai akhiran. 

Pelafalan bahasa Jerman

Belajar pada tahapan yang cukup sulit yaitu pelafalan dalam bahasa Jerman. Banyak sekali suara yang mungkin serupa namun perlu dipelajari dan dipraktekkan. Pentingnya menguasai alfabet Jerman di awal akan membantu kamu untuk mengembangkan pelafalan yang benar. 

Mempelajari budaya Jerman

Mempelajari budaya Jerman adalah tambahan yang tentu saja akan membantu kamu untuk tetap termotivasi dalam belajar. Banyak sekali budaya yang akan dipelajari khususnya literasi yang berhubungan dengan abad pertengahan. 

Tidak hanya itu saja, Jerman terkenal sebagai negara dengan kaya budaya mulai dari sejarah, sosial, politik, ekonomi dan teknologi.