Biaya Kuliah di Jerman: Syarat dan Jurusannya

Biaya Kuliah di Jerman – Apakah kamu berkeinginan untuk melanjutkan kuliah di luar negeri? Kamu bisa menjadikan negara Jerman sebagai negara tujuan kamu untuk melanjutkan pendidikanmu.

 

Jerman merupakan negara modern yang memiliki beberapa universitas tertua di dunia dan juga beberapa diantaranya masuk dalam peringkat universitas terbaik di dunia.

 

Banyak universitas Jerman yang bagus, terutama di bidang teknik. Selain itu, biaya kuliah di Jerman tergolong murah jika dibandingkan  kuliah di universitas swasta di Indonesia maupun kuliah di luar negeri lainnya. Hal inilah yang membuat kebanyakan mahasiswa internasional, termasuk Indonesia menjadikan Jerman sebagai negara tujuan kuliah mereka.

 

Bagi kalian yang memiliki keinginan kuliah di Jerman, simak berbagai informasi mengenai biaya kuliah di Jerman, syarat kuliah di Jerman serta jurusan – jurusan yang tersedia berikut ini.

 

Biaya Kuliah di Jerman

Berapakah Biaya Kuliah di Jerman?

 

Sebelum mengikuti perkuliahan di Jerman, mahasiswa internasional diwajibkan membayar deposit sekitar 8000 euro per tahun. Deposit ini digunakan sebagai uang jaminan mahasiswa bisa hidup selama satu tahun di Jerman. Uang deposit ini tidak akan hangus dan bisa digunakan oleh mahasiswa untuk biaya hidup.

 

Universitas – universitas negeri di Jerman tidak memungut tuition fee atau biaya perkuliahan karena adanya subsidi dari pemerintah Jerman. Itu sebabnya biaya kuliah di Jerman menjadi lebih murah bahkan bisa dibilang gratis. Mahasiswa hanya diwajibkan membayar iuran semester atau kontribusi per semester.

 

Biaya kontribusi per semester ini berbeda – beda besarnya, tergantung masing – masing universitas. Uang kontribusi per semester ini umumnya termasuk semesterticket, iuran untuk perawatan fasilitas kampus seperti kantin, perpustakaan dan lainnya, serta dana sosial kemahasiswaan. 

 

Semester ticket dapat digunakan sebagai tiket transportasi publik di area universitas berada dan sekitarnya. Dengan menggunakan semesterticket, mahasiswa bisa naik transportasi umum secara gratis maupun bisa mendapatkan potongan harga. Besaran iuran yang harus dibayarkan mahasiswa sekitar 100 – 350 euro per semester. 

 

Syarat Kuliah di Jerman

Apa Sajakah Syarat Kuliah di Jerman?

 

Beberapa syarat kuliah di Jerman yang harus dipersiapkan dan dipenuhi oleh calon mahasiswa yaitu :

 

1. Memiliki Visa dan Resident Permit

 

Semua orang yang datang dan tinggal di Jerman memerlukan visa, termasuk mahasiswa internasional. Jika kamu akan mendaftar kuliah di Jerman maka kamu harus memiliki visa dan residence permit.

 

2. Menunjukkan Bukti Keuangan atau Beasiswa

 

Bagi kamu yang akan mengikuti perkuliahan di Jerman, kamu harus menunjukkan bukti keuangan sekitar 8000 euro di bank untuk 1 tahun. Bukti keuangan ini digunakan untuk menjamin bahwa kamu bisa membiayai hidupmu di Jerman.

 

3. Memiliki Kualifikasi Penerimaan Universitas 

 

Kualifikasi penerimaan universitas atau biasa disebut Hochschulzugangsberechtigung diperlukan sebagai syarat kuliah di Jerman yang harus kamu miliki.

 

4. Kemampuan Bahasa Jerman

 

Saat kamu memutuskan untuk kuliah di Jerman, tentunya kamu harus memiliki kemampuan berbahasa Jerman. Walaupun nantinya kamu memilih program internasional yang menggunakan bahasa Inggris saat mengikuti perkuliahan, namun kemampuan bahasa Jerman akan memudahkan kamu berkomunikasi sehari – hari.

 

5. Asuransi Kesehatan

 

Setiap orang yang tinggal di Jerman diwajibkan memiliki asuransi kesehatan, termasuk mahasiswa. Umumnya biaya asuransi yang harus dibayarkan oleh mahasiswa lebih murah sekitar 80 – 90 euro per bulan. Harga mahasiswa ini berlaku hingga semester 14 dari perkuliahan atau hingga kamu  berusia 30 tahun.

 

Jurusan Kuliah di Jerman

 

Jurusan Kuliah di Jerman

 

Tersedia banyak jurusan kuliah di Jerman yang ditawarkan berbagai universitas di sana. Untuk jurusan – jurusan favorit seperti kedokteran umumnya memperhitungkan catatan akademik siswa di jenjang sebelumnya. Beberapa jurusan terbaik di Jerman diantaranya:

 

Kedokteran 

 

Kedokteran menjadi jurusan favorit yang diminati banyak orang. Terlebih lagi penelitian, penemuan, dan pengembangan di bidang kedokteran sangat maju di Jerman.

 

Jerman menerima 24 nobel di bidang kedokteran dan beberapa universitas jurusan kedokteran masuk ke dalam peringkat 100 besar universitas terbaik jurusan kedokteran.

 

Teknik Mesin

 

Jurusan teknik mesin di Jerman juga menjadi jurusan yang populer. Banyak penemuan – penemuan yang terkenal di bidang teknik mesin seperti komputer, sepeda sampai airbag. 

 

Sastra

 

Banyak ahli sastra yang terkenal di dunia berasal dari Jerman seperti Goethe dan Schiller. Jurusan seni dan sastra di Jerman juga terkenal bagus. Jika kamu tertarik dengan jurusan seni dan sastra, kamu bisa memilih jurusan ini ketika mendaftar.

 

Kimia

 

Jurusan kimia merupakan jurusan yang banyak peminatnya. Universitas – universitas di Jerman dikenal memiliki metode belajar yang sangat baik dan fasilitas yang memadai. 

 

Fisika

 

Ada sekitar 21 universitas di Jerman yang masuk ke dalam peringkat 100 universitas terbaik di dunia. Jurusan fisika di Jerman juga terkenal bagus, ditambah lagi para ahli fisika Jerman menerima sekitar 31 penghargaan nobel.

 

Sejarah

 

Beberapa universitas di Jerman yang terkenal dengan jurusan sejarah yaitu Freie University Berlin dan Humboldt University. 

 

Apakah kamu sudah mempersiapkan diri untuk kuliah di Jerman? Untuk bisa kuliah di Jerman, kamu tidak perlu menggunakan agen.

 

Jika kamu belum memiliki kemampuan bahasa Jerman, kamu bisa mengikuti kursus bahasa Jerman untuk persiapannya di Studiva. Kamu akan mendapatkan berbagai informasi mengenai kuliah di Jerman di Studiva.com, semoga bermanfaat