Jasa Backlink ac.id Edukasi Android Belajar Trading Buzzer Cekresi Coworking cyber duniagames forex inspirasi investasi kerja komputer kredit kursus marketing motivasi pajak redaksi reksadana saham server service software sosial media umkm update vlog Website yandex nusa penida Cara Mendapatkan Beasiswa ke Jerman: Panduan & Mekanisme

Cara Mendapatkan Beasiswa ke Jerman – Jerman menjadi salah satu negara favorit untuk melanjutkan studi dan menambah pengetahuan. Dalam hal apresiasi dan bentuk dukungan kepada para pelajar, terdapat banyak beasiswa ke Jerman yang bisa diakses dengan mudah. 

Nk

Beberapa informasi penting terkaitnya dapat diperoleh dari Kedutaan Besar Jerman di Indonesia atau mengunjungi websitenya. Berikut ulasan lebih lanjut seputar mekanisme untuk kuliah di Jerman.

Cara Mendapat Beasiswa Ke Jerman Siapkan Syarat & Dokumennya

Cara Mendapat Beasiswa Ke Jerman Siapkan Syarat & Dokumennya

Langkah pertama yang perlu Anda perhatikan adalah mempersiapkan semua persyaratan yang dibutuhkan.

Persiapan tersebut meliputi syarat pendaftaran mahasiswa baru, syarat beasiswa bagi yang mencari, dan syarat untuk tinggal di Jerman. Simak penjelasan cara mendapatkan beasiswa ke Jerman lengkapnya di bawah ini.

  • Menguasai Bahasa Jerman

Apabila Anda masih sangat awam dengan Bahasa Jerman, maka sesegera mungkin untuk belajar. Hal ini sangat penting untuk menunjang proses komunikasi disana kelak. Meskipun bisa menggunakan Bahasa Inggris, akan tetapi penggunaan Bahasa Jerman lebih efektif.

Level yang dibutuhkan untuk pengetesan di badan imigrasi adalah B1 atau B2 yang merupakan level dasar. Dengan menguasai bahasa asli sana, Anda dapat meminta bantuan saat dalam kondisi mendesak tanpa kebingungan.

Untuk itu Anda sangat disarankan untuk mempelajari bahasa Jerman dengan mengikuti kelas kursus bahasa Jerman di Studiva. 

  • Surat Kualifikasi Penerimaan Universitas

Surat kualifikasi penerimaan universitas adalah ijazah SMA atau sederajat, atau istilah lainnya yaitu “Hochschulzugangsberechtigung”. Dokumen ini sangat penting untuk diperhatikan, khususnya bagi Anda yang ingin mendapatkan beasiswa Jerman. 

Segera pastikan ke pihak sekolah Anda terkait ijazah. Jangan lupa untuk menanyakan perihal administrasi yang mungkin belum terbayarkan. Jika hal ini tidak segera diurus, dikhawatirkan akan menghambat proses berikutnya, sehingga Anda tidak bisa menyelesaikan registrasi tepat waktu.

  • Bukti Beasiswa / Sumber Keuangan

Syarat berikutnya tak kalah penting, yaitu bukti sumber keuangan atau tabungan yang cukup. Pemerintah setempat mewajibkan setiap imigran mempunyai setidaknya 126 Juta atau 8000 euro dalam rekeningnya. Biaya tersebut merupakan biaya hidup untuk kurang lebih waktu setahun.

Jika nominal tersebut dirasa menyulitkan, maka Anda bisa mencari peluang beasiswa disana. Ada banyak Universitas di Jerman yang menyediakan beasiswa bagi pelajar lokal maupun internasional. Asah kemampuan dan skill Anda agar bisa lolos proses seleksi.

Bagi pelajar yang sudah lebih dulu dinyatakan lolos dan mendapatkan beasiswa ke Jerman juga harus melampirkan bukti beasiswa yang diterima. 

Ada baiknya bukti sebagai penerima beasiswa tersebut disimpan dengan baik, bila perlu dicadangkan sebagai antisipasi resiko kehilangan dan rusak.

  • Asuransi Kesehatan

Asuransi kesehatan juga menjadi senjata utama untuk membekali Anda saat merantau di Jerman. Hal itu dikarenakan biaya hidup disana yang tergolong tinggi. Dengan memiliki asuransi kesehatan, Anda tidak akan menghabiskan banyak uang untuk perawatan ketika sakit.

  • Visa & Residence Remit

Kedua dokumen ini memiliki peran sangat vital dalam menjamin keamanan hidup Anda di Jerman. Selain untuk persyaratan hidup disana, visa & residence remit juga dibutuhkan sebagai dokumen pelengkap ketika proses registrasi mahasiswa di Jerman.

Terlebih jika Anda merupakan salah satu penerima beasiswa Jerman, maka pastikan kedua dokumen tersebut dalam genggaman dan tidak memiliki masalah. Untuk mendapatkan informasi pembuatan kedua dokumen tersebut, Anda bisa mengunjungi Kedutaan Jerman di Jakarta.

  • Tes Bakat & Kecerdasan (Aptitude Test)

Tes ini bisa dijadikan sebagai simulasi sebelum Anda mengikuti proses pembelajaran yang sesungguhnya. Hasil dari tes tersebut bisa menjadi acuan secara nyata terkait kemampuan Anda dalam menyelesaikan program studi yang dipilih ke depannya.

Tes tersebut adalah Test for Foreign Students (Test AS) yang terbagi dalam 3 bagian, yaitu tes bahasa (Onscreen), The Core Test, dan modul tes subyek tertentu (Subject-specific test modules). Hal ini wajib untuk dilakukan khususnya bagi Anda yang penerima beasiswa Jerman S1.

Pilih Universitas yang Disukai

Hebatnya menempuh pendidikan di Jerman adalah kualitas pendidikannya sudah mencapai level global. Hal ini pula yang menarik banyak mahasiswa internasional yang mendambakan belajar disana. Berikut adalah daftar universitas yang terkemuka dan menjadi pilihan favorit di Jerman.

  • Technical University of Munich (TMU)

Rekomendasi pertama adalah Technical University of Munich. Universitas ini sudah berdiri sejak tahun 1868 dan sekarang mempunyai lebih dari 5 kampus cabang. Technical University of Munich memiliki kualitas yang luar biasa dan menempati urutan 61 sebagai universitas terbaik di dunia.

TUM juga mendapatkan gelar “University of Excellence”. Beberapa prestasi tersebut yang menjadikan Technical University of Munich banyak diburu oleh pelajar. Terlebih bagi mereka pencari beasiswa ke Jerman, universitas ini wajib masuk daftar pilihan.

  • Ludwig Maximilians University (LMU) Munich

Ludwig Maximilians University (LMU) Munich menjadi rekomendasi berikutnya sebagai pilihan belajar terbaik di Jerman. Seperti halnya Technical University of Munich, universitas ini juga mendapatkan anugerah gelar “University of Excellence”.

LMU juga menjadi salah satu universitas paling tua yang ada di Jerman dan masih eksis untuk melangsungkan proses pembelajaran. Bahkan, baru-baru ini Ludwig Maximilians University memiliki 40 orang mahasiswa yang memenangkan penghargaan Nobel.

  • University of Heidelberg

Pilihan universitas selanjutnya yaitu University of Heidelberg, sekaligus penyandang universitas paling tua di Jerman. Universitas ini didirikan pada tahun 1386. University of Heidelberg mampu meluluskan doktor sebanyak 1000 mahasiswa, dengan sepertiganya adalah pelajar internasional. 

  • Humboldt University Berlin

Bagi Anda yang menggeluti dunia seni, maka memilih Humboldt University Berlin merupakan pilihan yang tepat. Universitas ini didirikan pada tahun 1809 dan sudah mempunyai reputasi pendidikan sangat baik, khususnya di bagian seni dan budaya.

Lulusan ternama yang pernah menempuh pendidikan di Humboldt University Berlin di antaranya adalah Karl Marx, Felix Mendelssohn, dan Friedrich Engels. Kehebatan orang-orang tersebut tentu menjadi bukti nyata kualitas pendidikan yang diciptakan di Humboldt University Berlin.

  • Charite Universitätsmedizin Berlin

Charite Universitatsmedizin Berlin adalah institusi kedokteran terbaik di Eropa. Gelar tersebut tentu sesuai dengan kualitas lulusan serta kapasitas keilmuannya yang sangat memuaskan. 

Bahkan, banyak orang yang menjadikan Charite Universitatsmedizin Berlin sebagai rekomendasi utama di bidang kedokteran. Prestasi lainnya yang tak kalah populer adalah lebih dari 50% alumni Charite Universitatsmedizin Berlin mendapatkan anugerah penghargaan Nobel.

Penghargaan tersebut disematkan untuk bidang Fisiologi dan Medis. Tentu hal ini menjadi idaman para pelajar yang ingin mendalami ilmu medis dengan gelar internasional.  

  • University of Tubingen

Rekomendasi selanjutnya adalah University of Tubingen. Universitas ini juga memiliki gelar “University of Excellence” yang hanya diberikan kepada 11 kampus di Jerman. 

Beberapa program studi unggulan di University of Tubingen yaitu filosofi, hukum, arkeologi, dan teologi. University of Tubingen cocok untuk Anda yang sedang mencari beasiswa Jerman. 

Hal tersebut dikarenakan para mahasiswanya juga diberikan berbagai kursus yang bisa diikuti untuk menambah pengetahuan. Dengan demikian, universitas ini dapat menghasilkan lulusan yang memiliki intelektual tinggi.

Pastikan Program Studi yang dipilih Memiliki Gelar Internasional

Pada dasarnya program gelar internasional bisa didapatkan di hampir semua universitas. Namun, sebagai kroscek, lebih baik Anda memeriksa program studi dan universitas yang dipilih, apakah mendukung gelar internasional atau belum.

Perlu diketahui bahwa gelar internasional hanya didapatkan oleh mahasiswa internasional saja. Untuk calon mahasiswa internasional, teliti dan pelajari isi dari program internasional sebagai gambaran ke depan.

Cari Informasi Beasiswa pada Universitas & Program Studi yang dipilih

Cari Informasi Beasiswa pada Universitas & Program Studi yang dipilih

Apabila Anda merupakan pencari beasiswa ke Jerman, maka tidak perlu khawatir untuk bisa memperolehnya. Kuncinya adalah banyak membaca informasi di internet dan menguatkan relasi, karena Jerman menyediakan bermacam-macam beasiswa. Berikut daftarnya untuk disimak.

  • Beasiswa yang disediakan oleh Universitas

Beasiswa jenis pertama ini adalah beasiswa dari universitas yang mencakup 3 jenis, yaitu RWTH Aachen University Scholarships, FRIAS Cofund Fellowship Programme, dan Frankfurt School of Finance and Management Doctoral Tuition Waivers.

RWTH Aachen University Scholarships merupakan beasiswa dari RWTH Aachen University yang memiliki reputasi sangat baik, serta masuk dalam 100 besar universitas terbaik di dunia. Sedangkan FRIAS Cofund Fellowship Programme merupakan beasiswa yang memiliki minat di bidang penelitian.

Beasiswa Frankfurt School of Finance and Management Doctoral Tuition Waivers adalah beasiswa terakhir dari universitas. Beasiswa ini disediakan untuk pelajar yang ingin menekuni bidang matematika, administrasi bisnis, keuangan, dan akuntansi. 

  • Beasiswa yang disediakan oleh Pemerintah

Jenis kedua yaitu beasiswa yang disediakan oleh pemerintah. Pada jenis ini terbagi menjadi dua saja, yaitu Erasmus + (Erasmus Plus), dan DAAD Scholarships. Beasiswa yang ditangani langsung oleh pemerintah ini lebih mudah untuk didapatkan dan tidak terlalu rumit dalam hal pendaftaran seleksi.

Erasmus + (Erasmus Plus) adalah program yang diusung oleh European Commision yang didedikasikan pada bidang olahraga, pelatihan, pendidikan, dan pemuda. Informasi detail dan persyaratanya bisa diakses di laman resmi eacea.ec.europa.eu.

Sedangkan DAAD Scholarships merupakan akronim dari Deutscher Akademischer Austauschdienst Academic Exchange Service sebagai pemilik program. Organisasi ini menyediakan kuota 12000 mahasiswa yang sudah memenuhi persyaratan. 

  • Beasiswa yang disediakan oleh Non Pemerintah

Beasiswa yang disediakan oleh non Pemerintah terbagi menjadi 4 jenis, yaitu KAAD Scholarship, Deutschland Stipendium, Heinrich Böll Scholarships, dan Kurt Hansen Science Scholarships. Seperti pada beasiswa yang disediakan oleh universitas, perbedaan keempatnya pada fokusnya saja.

KAAD Scholarship adalah beasiswa Jerman S2 dan S3. Lebih spesifik, diterangkan bahwa beasiswa ini diberikan secara khusus untuk negara berkembang saja seperti Indonesia. Untuk beasiswa Deutschland Stipendium, dapatkan informasi lengkapnya di www.deutschlandstipendium.de.

Heinrich Böll Scholarships adalah beasiswa yang disediakan oleh Heinrich Boll Foundation dan membuka 2x pendaftaran setiap tahunnya. Sedangkan Kurt Hansen Science Scholarships merupakan beasiswa yang dikhususkan untuk mereka yang ingin menekuni bidang sains.

Tentukan Beberapa Alternatif dalam Memenuhi Kebutuhan Sehari-Hari

Langkah terakhir untuk memantapkan diri belajar di Jerman yaitu menyusun daftar alternatif untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari disana. Hal ini perlu disiapkan jauh hari, mengingat biaya hidup disana yang tinggi.

Lakukan penyusunan sumber penghasilan prioritas, kerja sampingan, passive income, dan dana cadangan. Bagi pelajar yang menjadi penerima beasiswa Jerman, hal ini tetap perlu dilakukan meskipun sudah terjamin oleh negara.

Siapkan segala kebutuhan dan persyaratan diatas jika Anda berminat untuk mendalami studi keilmuan di Jerman. Apabila Anda menginginkan belajar di sana, siapkan juga kemampuan bahasa Jerman Anda.  Untuk mendukungnya, Anda bisa mengikuti program kursus di Studiva.com

×

Choose One Of Our Team Members

Studiva Would Like To Understand How We Could Help You As Best We Could

×