Jasa Backlink ac.id Edukasi Android Belajar Trading Buzzer Cekresi Coworking cyber duniagames forex inspirasi investasi kerja komputer kredit kursus marketing motivasi pajak redaksi reksadana saham server service software sosial media umkm update vlog Website yandex nusa penida Jenis dan Contoh Kalimat Conjunction dan Artinya

.Contoh Kalimat Conjunction – Conjunction atau kata hubung adalah jenis kata yang digunakan untuk menghubungkan dua klausa atau dua kalimat.

Tanpa kehadiran kata penghubung, maka dua kalimat yang memiliki topik berdekatan akan terasa tidak sinkron atau rancu. 

Dalam bahasa Inggris, conjunction atau kata penghubung dibagi setidaknya menjadi empat jenis, dan berikut dibawah ini adalah penjelasannya, diantaranya: 

1. Coordinating 

Kata penghubung jenis ini berfungsi menggabungkan kata, klausa, atau pun kalimat yang mempunyai fungsi seimbang. Artinya, kata sebelum conjunction senilai dengan kata setelahnya. Hal itu berguna untuk menjaga struktur dan mendapatkan pemahaman logis. 

Kata hubung yang termasuk ke dalam jenis ini adalah for, and, nor, but, or, yet, dan so. Keterangan masing-masing kata tersebut adalah sebagai berikut. 

  1. For/untuk, berfungsi menunjukkan tujuan atau alasan seseorang yang melakukan sesuatu. 
  2. And/dan, berfungsi menunjukkan suatu penambahan. 
  3. Nor/begitu pula, berfungsi menunjukkan hal yang dilakukan oleh orang kedua setelah dilakukan juga oleh orang pertama. 
  4. But/tetapi, berfungsi untuk ingin menunjukkan pertentangan. 
  5. Or/atau, berfungsi untuk menyebutkan suatu pilihan
  6. Yet/namun, berfungsi menunjukkan hal yang berlawanan. Bedanya dengan but adalah penggunaan yet yang lebih kepada hal mengejutkan. 
  7. So/sehingga, berfungsi menunjukkan akibat. 

Contoh kalimat conjunction Coordinating Conjunction Coordinating:

  1. Does she want to go to school or mountain? (Apakah dia ingin pergi ke sekolah atau gunung?)
  2. His brother like to do soccer but Tomy hates it so much. (Adik Tomi menyukai sepak bola tetapi Tomy sangat membencinya)

2. Subordinating 

Kata penghubung subordinating berfungsi menghubungkan independent clause atau klausa yang dapat berdiri sendiri, dengan dependent clause atau klausa yang tidak bisa berdiri sendiri.

Ada banyak subordinating conjunction, sedikit di antaranya adalah until, while, after, before, when, where, dan although.

Kata-kata before, after, until, while, dan when umumnya digunakan dalam menunjukkan waktu. Sementara kata were digunakan dalam menunjukkan tempat dan kata although untuk kalimat yang mengandung pertentangan.

Contoh kalimat conjunction subordinating conjunction adalah sebagai berikut. 

  1. When the snowstorm stops, I will go to school. (Ketika badai salju berhenti, saya akan berangkat ke sekolah)
  2. Luna go to Tomy’s house when his mother is out. (Luna pergi ke rumah Tomy ketika ibu Tomy sedang pergi)
  3. The wolf knows where the sheeps are hiding. (serigala itu tahu di mana domba-domba bersembunyi)
  4. She dont like Tomy although he is a nice person. (Dia tidak menyukai Tomy meskipun dia adalah orang yang baik)

3. Correlative 

Correlative 
Jenis konjungsi ini berfungsi untuk menggabungkan kata atau kalimat yang berkorelasi satu dengan yang lainnya.

Tandanya konjungsi korelatif adalah selalu berpasangan, seperti kata neither dan nor, either dan or, atau not only dan but also. 

Contoh kalimat conjunction correlative conjunction adalah sebagai berikut. 

  1. Either i am or my brother will fetch mother from market. (Di antara aku atau pun kakak akan menjemput ibu dari pasar)
  2. Not only Tomy’s brother but also my brother likes to play soccer. (Tidak hanya adik Tomi tetapi adikku juga suka bermain sepakbola)
  3. I will not only love Rina but also Lusi. (Aku tidak hanya mencintai Rina tetapi juga Lusi)

4. Conjunctive Adverb

Conjunctive adverbs merupakan bagian dari sebuah kalimat yang kemudian digunakan untuk menghubungkan dua klausa.

Jenis kata hubung yang satu ini juga dapat digunakan dalam menunjukkan urutan, perbedaan, sebab-akibat, dan lainnya. Seperti aturan adverb, conjunctive adverb ini juga dapat dipindah-pindahkan posisinya dalam kalimat.

Contoh kalimat conjunction conjunctive adverbs adalah sebagai berikut. 

  1. Your dog got into my kitchen, in addition, he smashed up my antique glass. (Anjingmu masuk ke dalam dapurku, dan tambahannya, dia menghancurkan gelas antikku)
  2. He like you a lot, in fact, his think you should have a private talk. (Dia sangat menyukaimu, makanya, dia pikir kalian harus bicara secara pribadi)
  3. This my boarding home payments are low, on the other hand, I really want to sleep on great room. (Harga indekos ini murah, tapi dilain sisi aku sangat ingin tidur di ruangan yang bagus)

Itulah tadi beberapa contoh kalimat conjunction berikut dengan artinya dan apabila Anda kesulitan untuk berbahasa Inggris maka disarankan untuk mengikuti kursus bahasa Inggris di Studiva.

×

Choose One Of Our Team Members

Studiva Would Like To Understand How We Could Help You As Best We Could

×