FSJ Jerman: Keuntungan, Syarat dan Cara Mendaftarnya

FSJ Jerman atau Freiwilliges Soziales Jahr adalah salah satu program untuk kerja sosial di negara Jerman. Peserta yang mengikuti FSJ Jerman akan menjadi seorang sukarelawan yang diberikan pekerjaan pada bidang sosial (Soziales) di negara Jerman.

 

Namanya yang sukarelawan bukan berarti para peserta tidak dibayar. Peserta tetap akan diberikan uang saku walaupun tidak sebesar program lainnya seperti program Ausbildung Jerman.

 

Area kerja FSJ di Jerman meliputi rumah sakit, pusat perawatan lansia, dan taman kanak-kanak. Peserta FSI Jerman mendapatkan uang saku yang beragam sesuai dengan aturan, lokasi, dan jam kerja.

 

Uang saku yang diberikan berjumlah mulai dari 300 hingga 500 Euro. Untuk itu mari bahas mengenai plus minus mengikuti FSJ di Jerman karena setiap pekerjaan tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

 

Keuntungan Mengikuti Program FSJ Jerman

5 Keuntungan Mengikuti Program FSJ Jerman

 

Program FSJ Jerman pasti memiliki keuntungan tersendiri bagi para pesertanya. Adapun keuntungan yang bisa Anda dapatkan sebagai peserta FSJ di Jerman adalah sebagai berikut.

 

Belajar Langsung Budaya dan Kerja di Jerman

 

Menjadi peserta FSJ Jerman akan membuat Anda belajar banyak mengenai negara dengan teknologi tercanggih satu ini.

 

Anda akan mendapatkan pengalaman langsung bekerja di Jerman. Para pekerja Jerman dikenal sebagai work a holic yang sangat profesional dalam menjalankan pekerjaan.

 

Sehingga jika Anda mengikuti program FSJ Jerman, Anda bisa mempelajari bagaimana budaya kerja di Jerman, pengelolaan keuangan kantor di Jerman, etika kerja di Jerman, hingga cara bersikap kepada klien.

 

Hal-hal di atas tentu tidak dapat Anda temui di dunia perkuliahan. Ditambah lagi, Anda bisa mempelajari dan menikmati budaya-budaya dan kearifan lokal versi Jerman.

 

Mendapatkan Uang Saku dan Makan

 

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa dengan mengikuti program FSJ Jerman, Anda akan diberikan uang saku sebesar 300 sampai dengan 500 Euro.

 

Selain itu, selama menjadi peserta FSJ Jerman, setiap lembaga sosial pasti akan menyediakan makanan dan minuman bagi para karyawannya.

 

Mendapatkan Tempat Tinggal

 

Untuk tinggal di Jerman selama menjadi peserta FSJ Jerman tentunya memerlukan tempat tinggal. Tidak perlu khawatir karena peserta yang mengikuti FSJ Jerman akan mendapatkan asrama.

 

Asrama ini diberikan kepada peserta FSJ Jerman tanpa harus mengeluarkan biaya sewa asrama atau apartemen. Namun kebijakan ini tergantung dengan Trager (instansi yang mengurus FSJ Jerman).

 

Peluang Kerja di Jerman

 

Selama menjadi FSJ di Jerman, Anda akan menemukan banyak teman baru. Anda bahkan bisa mendapatkan peluang kerja di Jerman yang cukup besar.

 

Tidak sedikit dari para peserta yang sudah menyelesaikan tugas FSJ Jerman meneruskan karirnya di Jerman pada bidang yang sama.

 

Apalagi mengingat bahwa Jerman merupakan negara yang cukup terbuka untuk menerima pekerja dari warga negara asing.

 

Mendapat Sertifikat

 

Setelah menyelesaikan program FSJ Jerman, peserta akan mendapatkan sertifikat FSJ. Sertifikat yang didapatkan bisa digunakan untuk mendaftar kerja atau kuliah.

 

Kesempatan Pergi ke Negara Lain

 

Sebelum memulai program FSJ Jerman, peserta akan mendapatkan pelatihan semacam workshop yang dilakukan beberapa kali seminggu dengan kurang lebih 25 kali seminar.

 

Pada umumnya, pelatihan memang dilakukan di Jerman. Namun, ada beberapa workshop yang dilakukan di luar negeri seperti Italia atau Perancis.

 

Kelebihan Mengikuti Program FSJ Jerman

 

Tentunya ada benefit atau fasilitas yang bisa Anda dapatkan selama menjadi peserta program FSJ Jerman seperti di bawah ini.

  • Anda akan mendapatkan tambahan libur selama dua hari pertahun FSJ mengambil bagian pada tugas jaga malam.
  • Diberikan kartu transportasi Hamburg secara penuh bukan hanya diskon saja.
  • Beberapa menyediakan tempat tinggal dan diberikan dana khusus.
  • Mendapatkan asuransi kesehatan dalam 1 tahun. 

Kekurangan Mengikuti Program FSJ Di Jerman

 

Berikut adalah beberapa kekurangan dari program FSJ jika kasusnya Anda mendaftar sebagai peserta FSJ Jerman dari Indonesia.

Cukup Mahal

 

Untuk mengikuti program FSJ Jerman, Anda harus menyiapkan biaya keberangkatan sendiri. Mulai dari tiket pesawat hingga visa biayanya akan ditanggung oleh Anda sendiri.

 

Namun berbeda lagi jika Anda menemukan Trager atau Arbeitsgeber yang mau menanggung biaya keberangkatan Anda ke Jerman. Maka poin di atas tidak berlaku lagi.

Memakan Waktu Lama

 

Dari mendaftar hingga mendapatkan kesempatan diterima menjadi FSJ di Jerman, Anda membutuhkan waktu yang lama untuk dipanggil.

 

Ini dikarenakan Trager atau instansi yang mengurus dan mencari tempat untuk ribuan pelamar hingga mengurus kegiatan seminar lainnya butuh waktu yang cukup lama menjawab lamaran yang masuk.

 

Belum lagi nantinya akan ada kegiatan interview satu per satu ribuan pelamar program FSJ Jerman yang pastinya memerlukan waktu yang lama.

Gaya Hidup Jerman Yang Cukup Tinggi

 

Seperti yang sudah dibahas di atas tadi bahwa uang saku yang diberikan kepada peserta FSJ Jerman tidak terlalu besar.

 

Jika dibandingkan dengan gaya hidup dan harga kebutuhan sehari-hari di Jerman, tentunya Anda harus hidup dengan sangat hemat.

 

Apalagi jika Anda mendapatkan Trager yang tidak memberikan akses tempat tinggal sehingga Anda harus membayar sewa tempat tinggal sendiri.

 

Sehingga banyak peserta FSJ Jerman yang juga mencari tambahan uang untuk bisa menabung dan memenuhi biaya sehari-hari lainnya.

 

Syarat Mengikuti FSJ Di Jerman

FSJ Di Jerman


Untuk mengikuti program FSJ Jerman, Anda harus memenuhi persyaratan beberapa dokumen dan persyaratan umum lainnya. Adapun persyaratan dokumen meliputi:

 

  • Pas Foto
  • Paspor yang berlaku
  • Motivation Letter dan CV dengan bahasa Jerman
  • Keterangan surat magang dari lembaga sosial dengan bahasa Inggris
  • Dokumentasi saat mengikuti kegiatan sosial
  • Ijazah terakhir diterjemahkan dalam bahasa Jerman
  • SIM Internasional (tidak wajib)
  • Mengisi aplikasi Trager di Jerman

Selain persyaratan dokumen-dokumen yang harus Anda siapkan seperti yang sudah disebutkan di atas, Anda juga harus memenuhi persyaratan umum seperti:

 

  • Usia 18 sampai dengan 26 tahun
  • Berstatus lajang atau tidak menikah
  • Memiliki pengalaman kegiatan sosial minimal 3 bulan
  • Memiliki sertifikat bahasa Jerman

Harus Memiliki Kemampuan Bahasa Jerman

Untuk mengikuti kegiatan program FSJ Jerman, Anda diwajibkan untuk fasih dalam berbahasa Jerman.

 

Karena Anda di sini akan mengikuti kegiatan sosial yang artinya kemampuan bahasa sangat diperlukan dalam program FSJ Jerman.

 

Selain itu, Anda akan melewati proses interview yang dilakukan langsung dengan orang Jerman. Untuk mengikuti program FSJ Jerman ini, minimal Anda harus mengantongi sertifikat bahasa Jerman level B1.

 

Walaupun ada beberapa perusahaan atau Trager yang hanya memberikan syarat sertifikasi bahasa Jerman minimal level A2.

 

Dengan level A2, mungkin Anda akan kesulitan dalam melakukan kegiatan komunikasi kepada kolega sebagai peserta FSJ Jerman.

 

Maka dari itu, disarankan bagi Anda yang ingin mengikuti program FSJ Jerman untuk memiliki kemampuan bahasa Jerman hingga level B1,

 

Karena persyaratan untuk mendaftar menjadi peserta FSJ Jerman saja Anda harus menulis motivation letter dalam bahasa Jerman. Maka tentunya Anda harus menguasai bahasanya.

 

Namun, jangan khawatir jika misalkan Anda belum fasih berbahasa Jerman karena Anda dapat mempelajarinya di tempat kursus bahasa Jerman di Studiva.

 

Bagaimanakah Cara Daftar FSJ Di Jerman?

 

Cara Daftar FSJ Di Jerman

 

Jangan khawatir apabila Anda belum menguasai bahasa Jerman. Anda bisa mendaftarkan diri Anda untuk mengikuti pelatihan bahasa Jerman di Studiva.

 

Anda akan dilatih bahasa Jerman hingga lulus pada tingkat dasar yakni level A1 sampai dengan B1. Tentunya dengan tutor atau tenaga pengajar yang profesional dan bersertifikasi.

 

Anda juga bisa langsung mendaftarkan diri Anda untuk mengikuti program FSJ Jerman di Studiva.com sebagai agen terpercaya.

 

Selain melayani FSJ Jerman, Studiva juga melayani program kerja lainnya seperti Ausbildung hingga kuliah S1 sampai dengan S3 di Jerman atau negara Eropa lainnya