Whatsapp / Hotline : ‎0811 9690 4000

Kerja di Perancis ? Gimana Sih Caranya ? Berapa Gajinya ? Kamu mungkin telah lulus dan berniat untuk tinggal di Perancis untuk bekerja. Banyak orang berpikir bahwa mendapatkan izin kerja di Perancis cukup sulit, jadi apakah yang kamu dapatkan sebanding? Dytha, kolumnis kami yang telah bekerja di Perancis selama beberapa tahun, sekarang akan berbagi beberapa keuntungan kerja di Perancis – selain dari pendapatannya!

Kerja di Perancis

Manfaat Kerja di Perancis

1. Jatah Cuti minimal 25 hari

Seorang karyawan berhak atas dua setengah hari cuti per bulan berdasarkan undang undang pemerintah. Di Perancis, waktu liburan dihitung dari Juni hingga Mei tahun berikutnya. kamu memiliki waktu hingga akhir Mei untuk menggunakan cuti yang diberikan kepada kamu. Namun, ini tidak menghalangi gagasan bisnis yang memungkinkan stafnya untuk menghemat waktu liburan yang tidak digunakan dari tahun sebelumnya untuk digunakan di masa depan. Anehnya, cuti ini dibayarkan per hari dan tidak mencakup hari libur atau hari sakit. Tidak hanya itu, ada berbagai bentuk cuti tambahan yang dapat kamu manfaatkan selain itu.

Di Perancis, misalnya, ada RTT (réduction du time de travai). Pemerintah Perancis telah menetapkan jadwal kerja mingguan 35 jam untuk setiap karyawan. kamu mungkin berkewajiban untuk bekerja lebih lama dari jam yang telah ditentukan ini tergantung pada ketentuan kontrak kerja kamu. Sebagai gantinya, kamu dapat menerima kompensasi karena melebihi batas ini, biasanya dalam bentuk hari cuti tambahan (yang tentu saja juga dibayar oleh perusahaan). Selain itu, cuti hamil adalah sumber kebanggaan bagi Perancis dan negara-negara Eropa lainnya.

Dengan kata lain, ayah dari bayi yang baru lahir atau yang akan segera lahir memenuhi syarat untuk cuti ini, bukan hanya wanita. Calon ibu dapat mengambil cuti hingga 4 bulan (6 minggu sebelum bayi dilahirkan dan 10 minggu setelahnya), tetapi jika kesehatan mereka mencegah mereka bekerja, mereka dapat bekerja dari rumah. Dalam beberapa situasi, dokter dapat memberikan hari-hari tambahan ketidakhadiran. Calon ayah dapat mengambil cuti hingga dua minggu untuk membantu pasangan mereka dalam merawat dan membesarkan anak anak mereka.

Kerja di Perancis

2. Rekan kerja yang beragam

Perancis adalah negara dengan populasi yang beragam. Meskipun sebagian besar profesi membutuhkan kemampuan bahasa Perancis, namun banyak perusahaan di seluruh dunia membutuhkan staf yang dapat berbicara lebih dari dua bahasa. Akibatnya, banyak pekerja berasal dari berbagai negara di seluruh dunia, terutama yang berasal dari Uni Eropa (karena mereka tidak memerlukan izin kerja tambahan). Bekerja di Perancis memungkinkan kamu untuk berinteraksi dengan orang-orang dari berbagai latar belakang. Usia bukanlah topik yang tabu di Perancis. kamu tidak perlu menyebut rekan kerja atau manajer sebagai Tuan atau Ibu; panggil saja mereka dengan nama depan mereka.

Kerja di Perancis

3. Asuransi kesehatan

Sebuah perusahaan Perancis menggunakan sistem kesehatan yang disebut Sécurité Social, yang mirip dengan BPJS. Jaminan sosial ini sudah termasuk dalam biaya kuliah ketika kita menjadi mahasiswa. Namun, pada saat beroperasi, kantor menanggung biaya ini. Sistem perawatan kesehatan ini, bagaimanapun, hanya mencakup 70% dari total pengeluaran yang harus dibayarkan selama janji temu dengan dokter atau selama pasca perawatan.

Selebihnya, kita bisa memasukkan apa yang disebut mutuelle. Mutuelle mencakup sisa 30% dari pengeluaran non-jaminan sosial. Asuransi ini tidak diperlukan jika kamu seorang pelajar, tetapi jika kamu saat ini bekerja, perusahaan diharuskan membayar setengah dari biaya administrasi mutuelle ini, yang sangat bermanfaat dalam memastikan kesehatan karyawan. Jika kamu tidak sehat atau perlu menjalani prosedur medis seperti pemeriksaan sampai operasi, kemungkinan besar kamu tidak perlu membayar apa pun. Memiliki jaminan sosial dan mutuelle juga dapat memastikan bahwa gaji kamu tidak ditahan ketika kamu dipaksa untuk berhenti bekerja , dan tidak lupa diberikan keterangan dari dokter.

Kerja di Perancis

4. Dukungan tambahan pada transportasi

Kantor di Perancis, seperti asuransi kesehatan mutualelle, meng-cover 50% dari pengeluaran transportasi bulanan. Dalam keadaan lain, seperti ketika kamu membawa kendaraan pribadi, kantor dipastikan menyediakan parkir. Ketika kamu perlu bepergian untuk bekerja, kantor akan menanggung semua pengeluaran kamu.

5 . Voucher makan di restoran

Biaya makan juga ditanggung setengahnya, selain transportasi. Kamu mungkin dapat memperoleh layanan dalam bentuk kartu hadiah restoran atau buku cek, tergantung pada jenis dan ukuran bisnis. Jumlah yang dapat kamu gunakan dicatat pada cek; seringkali antara 8 dan 10 euro per lembar cek. Cek ini dapat digunakan untuk membayar belanjaan atau pembelian toko kelontong. kamu dapat menggunakan tiket restoran ini tidak hanya untuk menghemat uang, tetapi juga untuk makan bersama teman-teman! Kantor-kantor besar sering memiliki fasilitas kafetaria dengan makanan dengan harga hanya 4-6 € setiap kali makan, yang biasanya sangat terjangkau.

Kerja di Perancis

6. Work dan life balance!

Di Perancis, ada konsep yang dikenal sebagai droit à la déconnexion, yang diterjemahkan sebagai “hak untuk memutuskan hubungan.” Kamu memiliki hak untuk terus menjalani hidup kamu di luar pekerjaan sebagai karyawan. Ini penting karena, selain bekerja terus-menerus, warga Perancis juga perlu mempertimbangkan kehidupan pribadi mereka, termasuk keluarga, liburan, dan komitmen lainnya.Di luar jam kerja, karyawan memiliki kebebasan untuk menolak panggilan atau email. Ini berlaku untuk semua orang, tetapi terutama untuk pekerja yang telah menetapkan jam kerja (tidak semua pekerja memiliki kewajiban ini).

Email dan panggilan telepon dapat dikembalikan pada hari berikutnya setelah kamu tiba di rumah dari kantor. Namun, ini patut dipertanyakan, karena jika kamu memiliki tanggung jawab yang besar, seperti tanggung jawab seorang manajer, kamu mungkin perlu terjaga selama berjam-jam. Masalah ini juga menjadi krusial saat cuti. Seperti yang dikatakan sebelumnya, pekerja Perancis sering mengambil hari libur, dan bahkan saat mengambil cuti empat minggu, mereka masih berhak atas privasi mereka. Pilihan untuk bekerja dari rumah adalah sesuatu yang lain yang baru saja tersedia. kamu mungkin dapat bekerja dari rumah tergantung pada kontrak kerja, majikan, dan jenis pekerjaan kamu. Jumlah waktu yang kamu miliki dapat bervariasi; bisa seminggu sekali, sebulan sekali, atau dua kali setahun, tergantung pada kesepakatan kamu dan kantor kamu. Bekerja di rumah, seperti bekerja di kantor, memerlukan kontrak unik untuk memastikan keselamatan kamu saat bekerja. Jika kamu mengalami kecelakaan di tempat kerja atau di rumah, perusahaan dapat membantu kamu dengan biaya asuransi. Jadi, sudahkah kamu memutuskan untuk mencari pekerjaan di Perancis? Tunggu sampai artikel tentang tantangan kerja di Perancis terbit di bulan depan sebelum menjawab, ya!

Summary
Review Date
Reviewed Item
Kerja di Perancis ? Gimana Sih Caranya ? Berapa Gajinya ?
Author Rating
51star1star1star1star1star
Product Name
Kerja di Perancis ? Gimana Sih Caranya ? Berapa Gajinya ?
Price
USD 20
Product Availability
Available in Store Only
× Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday