Jasa Backlink ac.id Edukasi Android Belajar Trading Buzzer Cekresi Coworking cyber duniagames forex inspirasi investasi kerja komputer kredit kursus marketing motivasi pajak redaksi reksadana saham server service software sosial media umkm update vlog Website yandex nusa penida Peluang Kerja di Polandia, Gaji dan Biaya Hidup

Peluang Kerja di Polandia, Gaji dan Biaya Hidup

Polandia cukup terkenal khususnya untuk kaum pencari kerja di luar negeri.

Negara yang berbatasan langsung dengan Jerman tersebut memiliki daya tarik tersendiri yang membuatnya cukup menarik ditinggali.

Berikut ini hal-hal yang perlu diperhatikan jika ingin kerja di Polandia.

Kondisi ekonomi di Polandia tergolong sangat baik dan mempunyai reputasi fleksibel dalam mengikuti kebijakan makroekonomi.

Negara ini menempati posisi 6 sebagai negara dengan ekonomi terbesar di Uni Eropa.

Polandia juga menjadi negara satu-satunya yang lebih memilih menghindar dari resesi. Hal itu dikarenakan kombinasi komitmen dan kebijakan-kebijakan fiskal yang saling berkesinambungan, sehingga dapat mengendalikan pengeluaran negara.

Peluang Kerja di Negara Polandia

Peluang Kerja di Negara Polandia

Aspek selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah peluang kerja. Jangan sampai berkas sudah disiapkan dengan baik, namun belum tahu tujuan ke Polandia.

Berikut beberapa lowongan kerja di Polandia yang bisa Anda gali terkait jam kerja, passion, serta peluang dalam meningkatkan karir.

Production Worker Meat Processing Plant

Lowongan ini tersedia di website resmi PJTKI Polandia. Job desk dari bagian tersebut adalah memotong daging, finishing produk, dan pengemasan. Lokasi perusahaan berada di Sokolov S.A, Sokolov Polski, Polandia.

Upholsterer Furniture

Tugas dari Upholstered Furniture adalah membantu pembongkaran furniture. Pembongkaran tersebut dilakukan sebagai persiapan untuk dilapisi ulang, pengokohan rangka furniture, atau penggantian busa. Perusahaan yang menyediakan lowongan ini berada di Marek Liberadzki, Relaks SP.Z.O.O.

Production Worker Assembling (Automotive)

Lowongan kerja TKI di Polandia yang ketiga adalah Production Worker Assembling. Job desc Production Worker Assembling adalah melakukan perakitan komponen otomotif. Perusahaan yang membuka lowongan ini adalah Astra Automotive System yang berada di Zabre, SP.Z.O.O, Poland.

Perkiraan Gaji Kerja di Polandia

Perkiraan Gaji Kerja di Polandia

Sebagai tumpuan utama dalam menyambung hidup, gaji menjadi hal pokok yang diperhatikan dengan seksama.

Gaji kerja di Polandia rata-rata mencapai 7,2 juta untuk level terendah dan 12,8 juta untuk level sedang. Nominal tersebut bisa berubah menyesuaikan kondisi..

Gender juga membedakan nominal gaji yang didapatkan, dimana gaji pria lebih besar 6% daripada gaji wanita.

Selain itu, kenaikan gaji rata-rata di sana adalah 8% untuk interval 17 bulan. Tentu hal ini tetap memberikan prospek yang cukup bagus untuk investasi di masa depan.

Fasilitas Kesehatan di Polandia

Hal penting setelah mengetahui cara kerja di Polandia adalah mengetahui bagaimana fasilitas kesehatan disana.

Tak perlu khawatir karena semua dapat diakses dengan mudah oleh para WNI di Polandia dengan syarat berkas-berkas kesehatan yang komprehensif sudah dimiliki. 

Baca Juga: Kerja di Australia: Syarat, Peluang dan Panduannya

Fasilitas Medis

Sama halnya dengan di Indonesia, fasilitas medis di Polandia terbilang cukup dan tersebar.

Pada wilayah perkotaan tentu fasilitas medis yang tersedia lebih lengkap dan mudah dijangkau. Sedangkan di desa, sarana yang ada terbatas dan hanya untuk pertolongan pertama saja.

Periksa kembali asuransi perjalanan dan asuransi lainnya untuk memastikan jaminan kesehatan Anda.

ini penting untuk dilakukan untuk menekan pengeluaran saat kondisi darurat dan membutuhkan biaya yang besar.

Kontak Pertolongan Pertama

Beberapa nomor penting yang harus dimiliki saat di Polandia, yaitu; Pemadam Kebakaran (998), Emergency Polisi (997), Ambulans (999), dan Emergency Call (112). Jangan lupa untuk menghubungi keluarga, teman, pihak travel untuk memastikan asuransi perjalanan Anda.

Vaksin

Seluruh warga di Polandia hampir semuanya sudah divaksin flu karena negara ini cukup rentan terkena serangan musiman, yaitu flu babi (H1N1).

Baik penduduk lokal maupun tenaga asing diwajibkan untuk melaksanakan vaksinasi agar metabolisme tubuh terjaga.

Tingkat Keamanan di Polandia

Tingkat Keamanan di Polandia

Sebagai negara dengan tingkat ekonomi yang tergolong besar, tentu tingkat keamanan di negara ini juga cukup rentan dan perlu diperhatikan.

Selalu berhati-hati dimanapun berada dan tetap waspada dengan lingkungan sekitar. Berikut beberapa aspek keamanan di Polandia untuk diketahui.

Kriminalitas 

Lokasi yang cukup rawan di Polandia adalah tempat wisata. Jangan pernah meninggalkan barang berharga di kendaraan, terlebih sepeda motor di lokasi ini. 

Selain itu, Anda juga perlu waspada di tempat-tempat umum karena rawan tindak kejahatan berupa pencurian.

Beberapa kasus yang sering terjadi adalah pencurian di tempat umum, seperti saat menaiki kereta api malam atau bus, dan bandara pusat.

Bahkan, di sejumlah tempat juga terjadi pencurian makanan dan minuman yang sedang ditinggalkan oleh pemiliknya.

Serangan Teroris

Menurut perkembangan berita di Polandia, negara ini cukup minim akan resiko serangan teroris.

Hal ini dirasa cukup aman untuk wisatawan dan para perantau. Meskipun demikian, sikap waspada tetap menjadi prioritas untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Cuaca Buruk & Bencana Alam

Sama dengan di Indonesia, beberapa wilayah di Polandia juga rawan akan bencana banjir, khususnya saat hujan lebat sedang melanda wilayah tersebut. 

Biasanya banjir terjadi saat negara ini memasuki musim semi. Apabila hal itu terjadi, warga akan dihimbau untuk memantau berita lokal.

Masalah selanjutnya adalah ketika musim salju tiba. Permasalahan yang sering muncul di sana adalah proses pembersihan salju yang memakan waktu yang cukup lama.

Beberapa transportasi umum juga mengalami gangguan karena jalan yang dilalui tertutup es dan salju.

Hukum dan Kebiasaan di Polandia

Hukum dan Kebiasaan di Polandia

Setiap negara tentu memiliki aturan hukum yang sudah dijalankan dalam kurun waktu bertahun-tahun lamanya.

Polandia juga mempunyai beberapa aturan yang harus ditaati oleh setiap warga negaranya serta para pendatang. Berikut beberapa aturan umum yang perlu diketahui sebelum kerja di Polandia.

Baca Juga: Kerja di Korea: Syarat, Gaji dan Cara Daftarnya

Aturan Mengenai Minuman Beralkohol

Karena penduduk disana tidak semua beragama Islam, maka pemerintah sedikit melonggarkan beberapa aturan terkait minuman beralkohol.

Meskipun tidak dilarang sepenuhnya, tetap ada pembatasan-pembatasan tertentu untuk menghindari kemungkinan buruk yang mungkin terjadi.

Pemerintah Polandia memperbolehkan warganya untuk mengkonsumsi minuman beralkohol dengan catatan tidak dilakukan di tempat umum.

Aturan ini dijalankan dengan sangat ketat, bahkan jika terdapat warga yang melanggar akan dibawa ke ruang tertentu dan diwajibkan membayar.

Aturan Mengenai Mengemudi saat Mabuk

Berkendara saat mabuk jelas berbahaya untuk diri sendiri dan orang lain. Segala hal bisa terjadi dan bisa saja menimbulkan korban jiwa.

Untuk itu pemerintah Polandia memberikan ketentuan khusus untuk pengendara berupa toleransi tingkat alkohol yang diperbolehkan adalah 0,02%.

Hukuman untuk pengemudi yang bandel hingga menimbulkan kecelakaan juga tak main-main.

Mereka akan dikenakan kurungan penjara maksimal 8 tahun. Tentu hal ini sangat merugikan diri sendiri. Oleh karena itu, hindari konsumsi alkohol secara berlebihan agar selamat di jalan.

Sanksi Tindak Pidana Narkoba

Hal ini sangat penting untuk diperhatikan khususnya para WNI yang akan bekerja di Polandia.

Pemerintah memberikan sanksi tegas untuk wisatawan atau tenaga asing yang kedapatan membawa obat-obatan terlarang, yaitu deportasi ke negara asal atau ditahan di badan otoritas setempat.

Apabila hal itu sampai terjadi, maka bisa dimungkinkan pelaku akan dimasukkan ke dalam daftar hitam dan tidak diizinkan untuk memasuki Polandia apapun alasan dan tujuannya. Melihat berbagai kemungkinan terburuk tersebut, maka lebih baik Anda menjauhi berbagai obat-obatan terlarang.

Penangkapan & Penahanan

Aturan ini cukup istimewa dan diberikan secara khusus untuk warga asing di Polandia.

Ketika WNI ditangkap atau ditahan oleh otoritas setempat, maka bisa mengajukan permohonan notifikasi dari lembaga tersebut kepada perwakilan Indonesia yang terdekat.

Fungsi notifikasi tersebut sebenarnya adalah untuk membantu Anda jika memang tidak melakukan kesalahan dapat dimungkinkan bebas.

Sedangkan jika terbukti bersalah, perwakilan RI bisa melakukan langkah-langkah untuk meringankan hukuman.

Perkiraan Biaya hidup di Polandia

Perkiraan Biaya hidup di Polandia

Biaya hidup di Polandia cukup terjangkau untuk sekelas kota dengan kegiatan ekonomi terbesar nomor 6 di Uni Eropa.

Untuk kebutuhan makan, jika Anda membeli di kantin, harganya berkisar di angka 40 ribuan.

Dalam memenuhi kebutuhan mobilitas ketika kerja di Polandia, Anda bisa berlangganan transportasi umum yang mudah untuk didapatkan. Biaya langganan yang dikenakan selama sebulan adalah 373 ribu saja atau 950 ribu dengan masa berlaku 3 bulan.

Nominal yang harus Anda keluarkan rata-rata untuk belanja bulanan adalah 1,7 juta saja. Jika lidah Anda tidak terbiasa dengan makanan disana, terdapat toko khusus yang menjual berbagai bahan makanan Asia dan kebutuhan lainnya yang tersebar di berbagai wilayah.

Aspek tersebut menjadi beberapa pertimbangan sebelum Anda memutuskan untuk mengadu nasib negara ini. Jika memang tertarik, maka persiapan yang matang tentu menjadi hal vital. 

Jika Anda ingin daftar kerja di Polandia, bisa melalui Studiva dengan mengisi formulir di atas ini.

×

Choose One Of Our Team Members

Studiva Would Like To Understand How We Could Help You As Best We Could

×