Jasa Backlink ac.id Edukasi Android Belajar Trading Buzzer Cekresi Coworking cyber duniagames forex inspirasi investasi kerja komputer kredit kursus marketing motivasi pajak redaksi reksadana saham server service software sosial media umkm update vlog Website yandex nusa penida Kuliah di Korea: Panduan, Informasi Beasiswa & Rekomendasinya

Kuliah di Korea: Panduan, Informasi Beasiswa & Rekomendasinya

Korea tidak hanya terkenal akan K-POP, wisata, dan K-Drama, tetapi Negara ini juga memiliki sistem pendidikan yang maju.

Karena hal itu, banyak pelajar yang berkeinginan kuliah di Korea.

Negara ini juga menyediakan beasiswa bagi yang ingin kuliah di sana, lebih detailnya simak ulasan berikut ini.

Macam-macam Beasiswa Kuliah di Negara Korea

Macam-macam Beasiswa Kuliah di Negara Korea

Bagi Anda pemburu beasiswa kuliah ke Korea, ada beberapa beasiswa yang dikeluarkan oleh pemerintah Korea Selatan maupun Indonesia yang bisa dicoba. 

Beasiswa ini diberikan untuk jenjang Sarjana dan Pascasarjana. Berikut daftar beasiswa yang bisa Anda apply untuk menuntut ilmu di Korea.

LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan)

Program LPDP juga memberikan kesempatan untuk kuliah di luar negeri seperti Korea. 

LPDP merupakan beasiswa yang dikeluarkan oleh pemerintah Indonesia untuk melanjutkan studi magister dan doctor di dalam maupun luar Negeri.

Perguruan tinggi di Korea yang telah bekerja sama dengan LPDP yaitu Ewha Womans University, Kyung Hee University, KAIST, Seoul National University dan Yonsei University.

Bagi Anda yang memiliki minat di bidang sains dan teknologi, bisa memilih Pohang University of Science and Technology.

KGSP (Korean Government Scholarship Program)

Beasiswa KGSP menanggung secara penuh biaya pendidikan selama menjadi mahasiswa di Korea.

Tidak hanya biaya pendidikan saja, Anda juga akan memperoleh uang saku, uang tunjangan dan asuransi kesehatan. Bagus sekali bukan fasilitas yang ditawarkan oleh program ini.

Beasiswa ini bisa diikuti oleh jenjang pendidikan S1 maupun S2. Tentunya syarat utama bila ingin mendaftar yaitu pendaftar merupakan warga Negara dari Negara yang terdaftar dalam program KGSP.

Poin penting lainnya yaitu memiliki nilai tidak kurang dari 80% dari 100%.

KGPA (The Korean Green Promotion Agency)

Beasiswa kuliah di Korea berikutnya yang bisa Anda apply yaitu KGPA. Program beasiswa ini cocok sekali bagi Anda yang berminat untuk berkuliah di bidang Kehutanan. Namun, beasiswa ini hanya tersedia untuk program pascasarjana saja.

Jika Anda seorang lulusan sarjana kehutanan bisa mendaftar program master di Korea melalui beasiswa ini. Beasiswa KGPA terbuka untuk berbagai Negara berkembang di dunia termasuk Indonesia.

Beasiswa SNU (Seoul National University)

Sebagai universitas yang populer di Korea, Seoul National University juga memberikan beasiswa bagi mahasiswa asing. Kuota beasiswa yang diberikan yaitu 60 orang setiap semester untuk program pascasarjana.

Terdapat dua program dari beasiswa SNU ini yaitu ada yang menanggung biaya uang kuliah saja dan uang saku saja.

Jika Anda menginginkan beasiswa yang lebih di SNU bisa mendaftar GSFS (Graduate Scholarship for Excellent Foreign Students) apabila bisa memenuhi persyaratan yang diberikan.

Beasiswa Korea National University of Arts 

Beasiswa satu ini cocok bagi Anda yang memiliki minat dan bakat di dunia seni.

Bagi Anda yang ingin melanjutkan bakat seni yang dimiliki bisa mendaftar beasiswa Korea National University of Arts. Beasiswa ini tersedia untuk program sarjana dan pascasarjana.

Beasiswa yang diberikan oleh Korea National University of Arts adalah beasiswa penuh lewat program AMA (Art Major Asian).

Biaya yang ditanggung meliputi tiket pesawat, biaya kuliah, asuransi kesehatan, biaya bulanan dan biaya kursus bahasa Korea.

Beasiswa KAIST (Korean Advanced Institute of Science and Technology)

Bagi Anda yang ingin melanjutkan kuliah di bidang riset bisa mendaftar melalui beasiswa di Korea Advanced Institute of Science and Technology.

Universitas ini terletak di Korea Selatan dan merupakan universitas pertama di bidang riset.

Beasiswa ini ditujukan untuk program S-1 dan S-2. Program beasiswa kuliah di kampus ini meliputi biaya kuliah, biaya penelitian, biaya hidup hingga asuransi kesehatan.

Cara Memperoleh Beasiswa Kuliah di Korea

Cara Memperoleh Beasiswa Kuliah di Korea

Pasti Anda bertanya-tanya bagaimana cara mendapatkan beasiswa kuliah di Korea, dan apa saja yang harus dipersiapkan. Untuk informasi lebih detailnya, Anda bisa menyimaknya pada ulasan berikut.

Rajin Update Informasi Beasiswa

Setelah menentukan pilihan mendaftar di universitas yang diminati, Anda harus rajin update informasi pendaftaran.

Program beasiswa yang dibuka memiliki periode pendaftaran tertentu tergantung dengan kebijakan yang dikeluarkan. Hal ini agar Anda tidak terlewat masa pendaftaran.

Batas Usia Mendaftar Memenuhi Syarat

Setiap universitas memiliki aturan batasan usia yang berhak menerima program beasiswa yang diselenggarakan.

Umumnya, beasiswa kuliah di Korea untuk program S1 usianya kurang dari 25 tahun dan program S-2 berusia kurang dari 40 tahun.

Bisa Berbahasa Korea

Hal utama yang harus Anda siapkan bila berminat mendaftar kuliah di Korea apalagi dengan jalur beasiswa maka harus bisa bisa berbahasa Korea.

Selain bahasa Inggris, hal ini menjadi persyaratan untuk mendaftar kuliah di universitas Korea.

Bukti Anda menguasai bahasa Korea ditunjukkan dengan skor TOPIK (Test of Proficiency in Korean) yang mumpuni.

Oleh karena itu, Anda harus menyiapkannya sedini mungkin untuk melengkapi berkas sertifikat TOPIK tersebut. Skor TOPIK yang harus diperoleh minimal 4 untuk amannya.

Menyiapkan Dokumen yang Dibutuhkan

Setelah mengetahui waktu pendaftaran, Anda harus menyiapkan beberapa dokumen yang diminta.

Adapun dokumen yang dibutuhkan selain hasil TOEFl dan TOPIK yaitu ijazah, raport atau transkrip nilai, akte lahir, kartu keluarga, surat rekomendasi dan hasil tes kesehatan.

Mengisi Formulir Pendaftaran Beasiswa

Setelah semua persyaratan dan dokumen sudah terkumpul, maka Anda harus mengisi pendaftaran melalui web yang telah disediakan oleh penyelenggara beasiswa.

Selain melalui pendaftaran online, beberapa penyelenggara juga meminta dokumen dalam bentuk cetak.

Setelah melalui tahap pendaftaran maka bila lolos Anda akan lanjut ke tahap wawancara.

Tes wawancara dilakukan menggunakan bahasa Inggris, jadi persiapkan dengan baik jauh-jauh hari agar tes berjalan lancar.

Biaya Kuliah di Korea Tanpa Beasiswa

Jika tidak berhasil mencoba program beasiswa yang ada, namun masih berkeinginan untuk kuliah di Korea, Anda bisa mencoba mendaftar dengan biaya mandiri.

Untuk lebih detailnya mengenai biaya kuliah di Korea Selatan, Anda bisa simak ulasan berikut ini.

Biaya Kuliah Program S1

Biaya kuliah untuk program sarjana setiap semester kisaran 29 – 64 juta rupiah di universitas Nasional dan Negeri.

Bila Anda mengincar program sarjana di universitas favorit seperti Seoul, maka biaya semesteran yang perlu disediakan kisaran 95 juta rupiah.

Biaya Kuliah Program S2

Dana yang harus disiapkan bila mengambil S2 secara mandiri yaitu setiap semesternya sebesar 33 – 70 juta rupiah.

Bila Anda mengambil S2 pada universitas swasta, maka biaya setiap semesternya sebesar 50 – 98 juta rupiah.

Universitas Terbaik di Korea

SNU (Seoul National University)

Image: Google

Sudah tahu mengenai gambaran beasiswa kuliah di Korea dan biayanya bila mendaftar secara mandiri?

Di samping itu, ada baiknya pula Anda mengetahui universitas unggul dan fakultas yang ada di sana. Langsung saja simak ulasan di bawah ini.

SNU (Seoul National University)

Universitas pertama yang memiliki peringkat terbaik di Korea yaitu SNU. Sebagai kampus paling besar universitas ini memiliki program kuliah dari Sarjana, Pascasarjana hingga Doktor. Namun, universitas ini memiliki seleksi persaingan paling ketat di Korea. 

SNU juga menawarkan banyak pilihan fakultas, mulai dari fakultas Humaniora, Seni, Agrikultur, Teknik, Pendidikan, dan Ekologi Manusia. Anda tinggal memilih fakultas mana yang cocok dengan minat dan kemampuan saja.

KAIST (Korean Advanced Institute of Science and Technology)

Universitas terbaik berikutnya di Korea Selatan adalah KAIST. Universitas yang mendapatkan pendanaan dari pemerintah ini berfokus pada pengembangan dan penelitian. Universitas ini banyak menjalin kerja sama dengan berbagi universitas terbaik lainnya dari berbagai negara.

Program kuliah di universitas ini mulai dari Robotik, Biomedis dan Kimia. Penyampaian materi kuliah yang diajarkan dalam universitas ini menggunakan bahasa Inggris, namun Anda tetap harus bisa berbahasa Korea.

University of Korea

Sebagai universitas tertua di Korea Selatan University of Korea ternyata juga menjadi salah satu universitas terbaik. Jurusan yang ditawarkan dalam universitas ini cukup beragam mulai dari seni, teknik, dan kesehatan. Dalam pelaksanaan kuliah, bahasa yang digunakan yaitu bahasa Inggris.

SKKU (Sungkyunkwan University)

SKKU merupakan universitas di Korea yang pertama kali memiliki program MBA menggunakan bahasa Inggris. Universitas ini berdiri sejak dinasti Joseon.

SKKU terbagi menjadi 2 lokasi kampus yang terletak di Seoul dan Suwon. Kampus yang terletak di Seoul untuk bidang Sosial dan Humaniora, sedangkan untuk Ilmu Sains terletak di Suwon. 

Jurusan Kuliah di Kampus Korea

Jurusan Kuliah di Kampus Korea

Jurusan kuliah di Korea terdiri dari beberapa program studi yang berbeda-beda. Ada beberapa jurusan terbaik yang menjadi favorit disana. Lebih lengkapnya simak ulasan berikut.

Jurusan Teknik

Jurusan paling favorit di Korea yaitu teknik di beberapa universitas yang memilikinya. Perkembangan teknologi yang begitu pesat, menjadikan jurusan ini memiliki persaingan ketat.

Jurusan Bisnis dan Manajemen

Posisi jurusan favorit lain di Korea yaitu bisnis dan manajemen. Jurusan yang berfokus mempelajari akuntansi dan ilmu pemasaran ini banyak dibutuhkan di berbagai bidang. Hal-hal yang berhubungan dengan bisnis akan membutuhkan lulusan dari jurusan ini.

Jurusan Bahasa

Bagi yang bercita-cita sebagai penerjemah bisa mengambil jurusan di bidang humaniora.

Bahasa dan sastra di Korea memiliki peminat yang banyak baik bagi mahasiswa asing maupun orang Korea sendiri. Selain itu, jurusan bahasa di Korea juga memiliki prospek kerja Korea yang cukup menjanjikan.

Jurusan Desain dan Seni Kreatif

Berkembangnya dunia hiburan tidak terlepas dari adanya seni kreatif dan desain-desain yang mendukungnya. Hal ini menjadikan jurusan desain dan seni kreatif menjadi favorit di sana. Fokus yang dapat Anda ambil pada jurusan ini meliputi multimedia, desain grafis dan game development.

Jurusan Ilmu Pengetahuan Murni dan Terapan

Kuliah di Korea juga bisa mempelajari ilmu pengetahuan murni dan terapan. Program studi yang bisa Anda pilih bila tertarik di bidang ini yaitu teknologi pangan, ilmu lingkungan hidup, matematika, kimia hingga biomedis.

Jurusan ini cocok bagi Anda yang menyukai pelajaran tentang kehidupan alam. Selain itu, bila mengambil jurusan tersebut, Anda akan belajar tentang metode memecahkan masalah dan kalkulasi.

Impian kuliah ke Korea bisa Anda wujudkan dengan cara mendapatkan beasiswa kuliah di Korea Selatan maupun dengan biaya sendiri.

Sebagai informasi, bagi Anda yang ingin mendaftar kuliah di Korea, maka bisa melakukannya melalui Studiva dengan mengisi form yang ada di atas ini. 

×

Choose One Of Our Team Members

Studiva Would Like To Understand How We Could Help You As Best We Could

×