Kerja di Jepang menjadi salah satu impian bagi banyak orang. Negara maju dengan perkembangan teknologi yang pesat ini menarik banyak minat orang untuk datang.

Untuk Info lebih lengkapnya bisa isi Biodata Disini

 

Banyak dari masyarakat Indonesia yang ingin melanjutkan karir atau magang di Jepang. Bahkan, pemerintah Jepang juga terbuka untuk para warga asing yang ingin memiliki karir hingga hidup di Jepang.

 

Pemerintah Jepang selalu mendukung kegiatan industri di negaranya agar tetap bisa beroperasi dengan produksi tingkat tinggi. Angka kelahiran di Jepang mengalami penurunan yang signifikan sehingga cukup berdampak pada jumlah tenaga kerja.

 

Pemerintah Jepang mulai serius menanggapi hal ini dengan mengubah UU Keimigrasian Jepang untuk memberikan kelonggaran bagi warga asing yang ingin kerja atau tinggal di Jepang.

 

lowongan kerja di jepang

Program Magang Jepang dan Indonesia

 

Dari tahun 1993, negara Indonesia telah bekerjasama dengan Jepang dalam program magang. Warga Indonesia yang lolos seleksi akan dikirim ke Jepang untuk magang dan belajar sehingga dapat berkontribusi pada kemajuan industri di Indonesia.

 

WNI yang dikirim akan diberikan banyak pembelajaran tentang dunia kerja di Jepang. Jika Anda bertanya-tanya mengenai gaji kerja di Jepang melalui program ini, sayangnya insentif yang diberikan bukan disebut sebagai gaji.

 

Jika terpilih dan bisa diberangkatkan untuk kerja di Jepang melalui program magang ini, Anda akan mendapatkan uang saku yang disebut “teate” dengan jumlah yang cukup besar.

 

Sebelum peserta diberangkatkan ke Jepang untuk melakukan program magang, peserta akan melalui proses pelatihan yang berfokus pada penguasaan bahasa serta pengenalan lainnya terkait industri Jepang.

 

Jika berhasil, peserta akan melakukan program magang selama 3 tahun dan bisa diperpanjang selama 5 tahun apabila memiliki kinerja yang baik dan bagus.

 

Namun, setelah 5 tahun, peserta harus kembali lagi ke Indonesia. Jika ingin melanjutkan kerja dan hidup di Jepang, maka mantan peserta magang harus mengurus visa tenaga kerja.

 

Lowongan Kerja di Jepang

 

Lowongan Kerja di Jepang

 

Jepang mengeluarkan kebijakan untuk membuka impor tenaga kerja asing (TKA) karena populasi penduduk Jepang sendiri didominasi dengan kelompok lanjut usia.

 

Pemerintah Jepang membuat aturan keimigrasian (residential status) untuk tenaga kerja terampil spesifik yang akan kerja di Jepang.

 

Pemerintah Indonesia bekerjasama untuk penempatan tenaga kerja Indonesia yang berketerampilan spesifik untuk kerja di Jepang. adapun lowongan kerja di Jepang untuk warga negara asing adalah sebagai berikut:

 

  • Accomodation Industri
  • Agriculture
  • Automobile Repair and Maintenance
  • Aviation Industry
  • Building Cleaning Management
  • Construction Industries Shipbuilding and Ship Machinery Industry
  • Electronics and Information Industries
  • Fishery and Aquaculture
  • Food Service Industry
  • Industrial Electric
  • Industrial Machinery
  • Machine Parts and Tooling Industries
  • Manufacture of Food and Beverages
  • Perawat lansia (Care Worker)

Gaji Bekerja di Jepang

Perkiraan Gaji Bekerja di Jepang

 

Salah satu alasan ingin kerja di Jepang selain karena untuk mencari pengalaman adalah karena gaji yang ditawarkan cukup besar.

 

Gaji bekerja di Jepang berbeda-beda setiap sektornya. Gaji kerja di Jepang sebagai pekerja dengan keterampilan (skilled worker) akan mendapatkan gaji kisaran 20 juta rupiah per bulan dan bisa lebih.

 

Contohnya gaji kerja di Jepang sebagai perawat lansia akan mendapatkan upah sekitar 100-200 ribu Yen. Jika dikonversikan ke rupiah maka sekitar 13-26 juta rupiah.

 

Gaji bagi yang kerja di Jepang pada sektor industri atau sektor lainnya tentu akan berbeda tergantung perusahaan masing-masing.

 

Cara Kerja di Jepang

 

Syarat-Syarat dan Cara Kerja di Jepang

 

Dengan memiliki pengalaman kerja di Jepang merupakan hal yang bisa Anda banggakan. Namun, cara kerja di Jepang tidak semudah yang Anda pikirkan.

 

Pastinya untuk menjadi orang pilihan, Anda harus masuk ke dalam kualifikasi dan memenuhi syarat untuk kerja di Jepang.

 

Adapun syarat untuk magang atau kerja di Jepang yang harus dipenuhi oleh calon peserta adalah sebagai berikut:

 

  • Pendidikan minimal SMA/sederajat
  • Umur 19-26 tahun untuk jalur negeri atau 18-30 tahun untuk jalur swasta
  • Minimal tinggi badan 160 cm (pria) dan 150 cm (wanita)
  • Berat badan ideal
  • Tidak berkacamata dan tidak memiliki riwayat penyakit mata
  • Tubuh tidak boleh bertato dan bertindik
  • Tidak mengidap penyakit kulit
  • Tidak pernah operasi tulah atau organ dalam tubuh lainnya

Selain di atas, ada pula syarat administrasi untuk magang atau kerja di Jepang yang harus calon peserta penuhi:

  • Pas foto
  • Formulir pendaftaran
  • Surat lamaran
  • KTP
  • Kartu Keluarga (KK)
  • SKCK
  • Kartu Pencari Kerja (AK1)
  • Surat pernyataan izin orangtua atau wali
  • Surat keterangan sehat
  • Ijazah beserta transkrip nilai
  • Sertifikasi-sertifikasi keterampilan yang dimiliki

Setidaknya Anda harus menyiapkan dokumen-dokumen yang sudah disebutkan. Nantinya mungkin akan ada sedikit perbedaan syarat administrasi antara jalur negeri dan swasta.

 

Untuk jalur negeri, Anda bisa mengakses informasi magang atau kerja di Jepang melalui website resmi Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) atau website LPK.

 

1. Kerja di Jepang Jalur Negeri

Magang atau kerja di Jepang melalui jalur negeri langsung diselenggarakan oleh pihak Disnaker yang bekerjasama dengan International Manpower Development Organization Japan (IM Japan).

 

Untuk kerja di Jepang melalui program magang ini biasanya akan dibuka hanya sekali dalam satu tahun dengan biaya dan subsidi yang ditanggung oleh pemerintah.

 

Kerja di Jepang melalui Depnaker ini memiliki alur dan caranya. Anda juga akan langsung mendapatkan pendidikan bahasa Jepang selama kurang lebih 1-3 bulan. Alurnya adalah sebagai berikut:

 

  1. Pendaftaran peserta magang
  2. Pemberkasan
  3. Premedical
  4. Pendidikan bahasa Jepang
  5. Tes matematika basic atau dasar
  6. Tes kesamaptaan seperti berat badan dan tinggi badan
  7. Tes fisik
  8. Wawancara
  9. Tes medis
  10. Tes Bahasa Kakunin
  11. Pelatihan tahap 1 dan 2 kurang lebih 4 bulan
  12. Pemberangkatan

Para peserta yang masuk melalui jalur negeri banyak disalurkan pada kantor di bidang sektor industri.

 

Kelebihan dari magang atau kerja di Jepang melalui Depnaker adalah peserta akan diberikan modal usaha dan dana pencairan asuransi setelah menyelesaikan magangnya dan pulang ke Indonesia.

 

Selain itu, peserta juga bisa disalurkan untuk melanjutkan karir ke perusahaan-perusahaan milik Jepang yang ada di Indonesia.

 

Namun, kerja di Jepang melalui jalur negeri ini tergolong cukup sulit dan memiliki syarat-syarat yang sangat kompleks. Jangka waktu dari pendaftaran hingga diberangkatkan juga terbilang cukup lama.

 

2. Kerja di Jepang Jalur Swasta

 

Kerja di Jepang melalui jalur swasta diselenggarakan oleh LPK yang sudah memiliki izin sending organization dan melakukan pelaksanaan operasional di Indonesia.

 

LPK yang sudah memiliki izin ini bekerjasama dengan accepted organization untuk melaksanakan operasional di Jepang dan penempatan peserta magang di perusahaan Jepang.

 

Kerja di Jepang melalui jalur swasta akan membutuhkan biaya karena tidak ada subsidi oleh pemerintah. Biaya untuk jalur swasta ini sangat beragam.

 

Anda juga akan diberikan pelatihan sama seperti jalur negeri. Namun, jalur swasta terbilang memiliki proses yang lebih cepat dengan syarat dan prosedur yang tidak sebanyak jalur negeri.

 

gaji bekerja di jepang

 

Kerja di Jepang Lewat Studiva Aja!

 

Keuntungan jika Anda kerja di Jepang sangat banyak. Anda akan mendapatkan pengalaman yang nantinya bisa Anda gunakan sebagai batu loncatan karir di Indonesia.

 

Pastinya lulusan mahasiswa luar negeri atau orang dengan pengalaman kerja di luar negeri akan lebih mudah untuk menaikkan jenjang karir.

 

Kerja di Jepang menandakan Anda pastinya memiliki kemampuan bahasa asing yang baik. Banyak perusahaan di Indonesia yang juga menjadikan penguasaan bahasa asing tertentu sebagai syarat masuk kerja.

 

Namun, untuk kerja di Jepang tidak semudah itu. Tetapi Anda bisa kerja di Jepang melalui agen swasta Studiva. Studiva merupakan agen dan konsultan untuk belajar serta kerja di Jepang.

 

Tentunya Anda akan mendapatkan pembelajaran bahasa Jepang sampai dengan fasih dan mendapatkan pelatihan-pelatihan sebelum Anda diberangkatkan.

 

Bersama Studiva, tentunya akan membantu Anda untuk mengurus banyak hal sebagai persiapan kerja di Jepang yang tentunya dengan pelayanan lengkap.

 

Studiva juga memiliki tutor yang berpengalaman dan bersertifikasi yang akan membantu Anda menguasai bahasa Jepang serta informasi terkait kultur atau budaya kerja di Jepang.

 

Anda akan mendapatkan pelatihan dengan penunjang fasilitas yang lengkap sebelum Anda diberangkatkan untuk kerja di Jepang. Biaya yang ditawarkan oleh Studiva untuk kerja di Jepang sangat terjangkau, untuk informasi lebih lanjut bisa hubungi Kami di Studiva.com.

×