Kamu baru lulus SMA dan ingin langsung bekerja? Kamu pintar Bahasa Jerman? Jika kamu menjawab ya pada keduanya, Ada peluang besar menantimu dengan mendaftar lowongan kerja di Jerman untuk lulusan SMA.

 

Menemukan pekerjaan hingga keluar negeri seperti ke Jerman sudah lebih mudah dari yang kamu kira.

 

Pemerintah Jerman telah memberikan kemudahan untuk para imigran untuk bisa bekerja di negara Jerman dengan membuka berbagai program kerja untuk tenaga kerja asing.  

 

Tiap program memiliki syarat dan kebutuhan kualifikasi yang bervariasi tapi ada 3 program kerja yang bisa diikuti untuk lulusan SMA. Program-program itu adalah Ausbildung, Aupair, dan FSJ/BFD.

 

3 Program Lowongan Kerja di Jerman untuk Lulusan SMA & Syaratnya 

 

Program Lowongan Kerja di Jerman untuk Lulusan SMA

 

Pada artikel kali ini, kamu akan mendapat pembahasan lengkap mengenai ketiga program tersebut, mulai dari pengertian, syarat, jenis pekerjaan, dan gajinya. Untuk lebih jelasnya, mari kita bahas satu per satu.

 

Ausbildung Jerman

 

Program lowongan kerja di Jerman untuk lulusan SMA pertama adalah Ausbildung Jerman

 

Secara garis besar, Ausbildung adalah program kerja dengan dua metode, yaitu peserta belajar teori dan melatih keterampilan di Berufsschule (sekolah vokasi) kemudian mempraktikkan ilmu yang dipelajari dengan magang di Unternehmen (perusahaan) yang berhubungan dengan jurusannya.

 

Lowongan kerja di jerman untuk lulusan sma untuk program Ausbildung sebenarnya lebih menitikberatkan ke pelatihan dan pesertanya tidak hanya wajib bekerja tapi juga harus menghadapi ujian teori dan praktik yang diadakan pada pertengahan dan akhir pelatihan.

 

Dapat dikatakan peserta Ausbildung lebih disetarakan sebagai pelajar dibandingkan sebagai pekerja. Akan tetapi mereka akan tetap mendapat hak yang sama dengan pekerja seperti mendapat gaji dan juga asuransi kerja.

 

Macam-macam jurusan Ausbildung  

 

Ada sekitar 350 jenis jurusan Ausbildung di Jerman tapi hanya beberapa yang terbuka untuk orang asing. Ini karena Ausbildung diutamakan untuk orang asli Jerman kemudian warga EU dan barulah setelah masih kurang peminatnya, diberikan kepada pendaftar dari luar Eropa. 

 

Jurusan Ausbildung yang populer diikuti orang Indonesia adalah jurusan Ausbildung Koch/Köchin, Ausbildung Hotelfachmann/frau, Ausbildung Krankenpfleger/in dan Ausbildung Mechatroniker/in.

 

Keempat jurusan ini memang merupakan jurusan dengan lowongan pekerjaan yang berlimpah. Banyak orang Indonesia yang memilihnya karena peluang masuknya juga lebih tinggi. 

 

Ausbildung zum/zur Koch/Köchin adalah jurusan yang pekerjaannya berhubungan dengan industri restoran dan industri f & b. Prospek kerja untuk lulusannya yaitu tukang masak, ahli gastronomi, manajer restoran dan masih banyak lagi.

 

Untuk jurusan Ausbildung zum/zur Hotelfachmann/frau kamu akan dilatih untuk menjadi pegawai hotel yang handal. Dengan semakin majunya industri pariwisata dan perhotelan di berbagai sudut dunia, lulusan jurusan ini tidak akan kehabisan lowongan pekerjaan dimanapun mereka tinggal.

 

Prospek kerja jurusan perhotelan ada banyak diantaranya ahli servis, manajer hotel, admin hotel atau bahkan event organizer. 

 

Jurusan rekomendasi lainnya adalah Ausbildung als Krankenpfleger/in yaitu program pelatihan untuk pekerjaan di bidang kesehatan. Setelah menyelesaikan pelatihan, kamu dapat bekerja sebagai perawat rumah sakit, pengurus lansia di panti jompo atau ahli fisioterapi.

 

Yang terakhir adalah Ausbildung zum/zur Mechatroniker/in. Ausbildung ini adalah pelatihan untuk menjadi pekerja yang ahli di tiga ilmu terapan yaitu ilmu mekanika, elektro dan komputer (IT).

 

Negara Jerman memang sedang membutuhkan pekerja mekatronik sebanyak mungkin mengingat banyak industri di sana yang berevolusi menggunakan mesin canggih dengan sistem komputer.

 

Syarat umum program Ausbildung

 

Selain perlu menyelesaikan pendidikan SMA, ada beberapa syarat untuk ikut program Ausbildung ini. Berikut ini syarat umum yang biasanya diminta semua jurusan Ausbildung.

 

  • Memiliki sertifikat kemahiran Bahasa Jerman hingga tingkat B1,
  • Berusia 18 hingga 35 tahun,
  • Untuk usia 26 tahun ke atas harus memiliki pengalaman kerja terlebih dahulu
  • Memiliki paspor dan visa Ausbildung,
  • Menerjemahkan berkas-berkas yang dibutuhkan seperti transkrip nilai, ijazah SMA untuk keperluan pendaftaran. 

Selain kelima syarat di atas, nilai dan jurusan SMA yang kamu punya juga menentukan apakah kamu akan diterima ke jurusan Ausbildung yang kamu minati. 

 

Misalnya pendaftar yang diutamakan masuk jurusan Ausbildung perhotelan adalah yang berasal dari jurusan IPS dengan nilai ekonomi dan sosial yang tinggi. 

 

Atau pada jurusan mekatronik, pendaftar yang diterima adalah yang berasal dari jurusan IPA dengan nilai matematika dan fisika yang tertinggi. 

 

Keuntungan mengikuti Ausbildung

 

Selama magang di Jerman lewat program Ausbildung, peserta akan menerima gaji bulanan yang jumlahnya bervariasi tiap jurusannya. Gaji yang didapatkan berkisar 650 sampai 1100 Euro dan belum dipotong biaya lain.

 

Berikutnya, setelah menyelesaikan kontrak kerja Ausbildung dan lulus ujian, peserta akan menerima sertifikat kemampuan kerja dan juga gelar jurusan Ausbildung yang diikuti. Modal ini bisa menjadi kualifikasi untuk melamar kerja kamu setelah menjalani pelatihan. 

 

Selain itu, pelajar Indonesia yang pernah Ausbildung dan ingin lanjut kuliah di Jerman mendapatkan keuntungan seperti tidak harus menjalani Studienkolleg terlebih dahulu. 

 

Waktu kuliahnya pun lebih singkat yaitu selama 3 tahun saja asal jurusan kuliah yang diambil satu jalur dengan jurusan Ausbildungnya. 

 

Aupair Jerman

 

lowongan kerja di jerman untuk sma

 

Lowongan kerja di Jerman untuk lulusan SMA kedua adalah program Aupair Jerman

 

Aupair adalah sebutan pemuda-pemudi yang dikirim ke luar negeri untuk tinggal bersama keluarga asuh dan menjadi figur “kakak” di lingkungan keluarga tersebut.

 

Tugas yang diemban berkaitan erat dengan tugas seorang kakak seperti mengantar adiknya ke sekolah, membantu mengajar pelajaran sekolah adiknya, mengajak bermain, dan yang lainnya.

 

Aupair tidak bisa disamakan dengan TKI karena perlakuan antara keduanya berbeda. Aupair dianggap seperti bagian dari keluarga yang menggunakan fasilitas rumah yang sama dan mendapat kamar yang layak. 

 

Program ini sebenarnya bukan untuk menjadi tenaga kerja asing melainkan program untuk pemuda yang ingin mendapat pengalaman dan mempelajari budaya dari negara lain. 

 

Tapi banyak yang salah tanggap karena Aupair dibayar dan menggunakan sistem kontrak. Bayaran tersebut sebenarnya bukan gaji melainkan uang saku yang diberikan oleh keluarga asuh.

 

Walaupun begitu, Aupair adalah salah satu pintu awal untuk bisa menjalani karir di Jerman. Tidak sedikit Aupair yang melanjutkan bekerja lewat program Ausbildung atau FSJ/BFD setelah mendapat kecocokan untuk tinggal di Jerman. 

 

Syarat untuk menjadi Aupair Jerman

 

Syarat untuk menjadi Aupair sebenarnya tidak memerlukan jenjang pendidikan minimal sehingga para lulusan SMA bisa mencoba mengikuti program ini. Syarat untuk menjadi Aupair lainnya antara lain,

 

  • Berusia 18 – 26 tahun,
  • Belum pernah menikah dan belum memiliki anak,
  • Bisa Bahasa Jerman minimal tingkat A1,
  • Memiliki paspor dan visa Aupair. 

Syaratnya memang tidak seberat Ausbildung, asal ada keluarga asuh yang  menyukai kualifikasi kamu dan mau menerima untuk menjadi Aupair mereka, kamu sudah bisa berangkat ke Jerman.  

 

Kontrak Aupair

 

Setiap Aupair memiliki kontrak dengan keluarga asuh yang ditandatangani sesuai kesepakatan dengan kedua belah pihak. Kontrak ini berisi hak dan kewajiban Aupair selama menetap di tempat keluarga asuh.

 

Kontrak ini sangat penting untuk menjamin keuntungan yang didapatkan antara kedua belah pihak. 

 

Walaupun program ini bersifat kekeluargaan, Aupair harus tetap bersikap profesional dalam menjalankan tugas yang diberikan keluarga asuh dan keluarga asuh pun harus mematuhi kontrak dengan memberikan hak dari Aupair. 

 

FSJ dan BFD

 

Rekomendasi lowongan kerja di Jerman untuk lulusan SMA terakhir adalah Freiwilliges Soziales Jahr atau di singkat FSJ dan Bundesfreiwilligendienst atau BFD.

 

Program FSJ Jerman dan BFD adalah lowongan untuk menjadi sukarelawan di Jerman dalam bidang sosial. Peserta FSJ dan BFD bisa berasal dari luar Jerman sehingga banyak tenaga kerja asing yang mengikuti program ini untuk kerja di Jerman.

 

Walaupun berstatus sukarelawan, pekerja FSJ dan BFD mendapatkan fasilitas dan dana oleh pemerintah Jerman selama mereka mengabdi. Fasilitas yang didapat berupa uang saku dan tempat tinggal berupa asrama khusus sukarelawan.

 

Jenis Pekerjaan FSJ dan BFD

 

Pekerjaan yang populer untuk peserta FSJ kebanyakan menjadi pengurus di Altenheim (panti jompo) dan rumah untuk Behindert (orang dengan down syndrome). 

 

Untuk BFD, pekerjaan yang bisa dilakukan adalah guru olahraga atau caretaker di Kindergarten (taman kanak-kanak) atau di Grundschule (sekolah dasar)

 

Selain di bidang sosial, sebenarnya ada juga pekerjaan FSJ dan BFD di bidang lain seperti kebudayaan, lingkungan dan pendidikan. 

 

Akan tetapi bidang ini lebih diutamakan untuk orang Jerman sendiri sehingga jarang ada sukarelawan di tiga bidang tersebut yang berasal dari Indonesia. 

 

Syarat Menjadi Sukarelawan FSJ dan BFD

 

Selain telah lulus SMA, ada persyaratan lain yang perlu dipenuhi pendaftar dan juga beberapa berkas yang harus disiapkan. Persyaratan tersebut adalah sebagai berikut.

 

  • Berusia 16 – 26 tahun untuk pendaftar FSJ dan 27 tahun keatas untuk pendaftar BFD.
  • Bisa berbahasa Jerman dan disarankan sudah di tingkat B1.
  • Memiliki paspor sebagai identitas diri.
  • Membuat Lebenslauf (daftar riwayat hidup) dalam Bahasa Jerman.
  • Membuat terjemahan ijazah terakhir ke dalam Bahasa Jerman.
  • Pernah punya pengalaman kerja sosial sebelumnya (tidak diwajibkan tapi disarankan punya). 

Syarat FSJ dan BFD pun bisa dibilang lebih mudah dari Ausbildung dan bisa menjadi jalan pertama kamu untuk bisa meniti karir di Jerman.  

 

Keuntungan Mengikuti FSJ dan BFD

 

Ada banyak keuntungan dengan mengikuti program kerja FSJ dan BFD, yaitu,

 

  • Mendapat gaji sebesar 300 hingga 650 Euro tiap bulan,
  • Mendapat dua sertifikat kerja yaitu Bescheinigung (sertifikat partisipasi) dan Zeugnis (sertifikat kualifikasi),
  • Tempat untuk meningkatkan Bahasa Jerman,
  • Mendapatkan tempat tinggal gratis selama menjadi sukarelawan di Jerman,
  • Mendapat asuransi kesehatan oleh pemerintah Jerman selama menjadi sukarelawan,
  • Bisa mengunjungi negara lain selama berada di Jerman. 

Bagaimanakah Cara Mendaftar Lowongan Kerja di Jerman untuk Lulusan SMA?

 

Untuk mendaftarkan diri ke salah satu lowongan kerja di jerman untuk lulusan sma untuk program tersebut, kamu bisa mulai mencari lowongannya di website Kami.

 

Kamu juga bisa ikut program penyaluran tenaga kerja ke Jerman yang diselenggarakan lembaga pendidikan dan konsultan untuk tenaga kerja yang ingin bekerja ke Jerman.

 

Salah satu lembaga yang menyediakan jasa ini adalah Studiva. Di Studiva, kamu bisa mendapat bantuan dalam menyiapkan syarat dan persiapan untuk mengikuti program Ausbildung, Aupair ataupun FSJ/BFD.

 

Jadi jangan ragu untuk mendaftarkan diri sekarang supaya peluang kamu bisa kerja di Jerman semakin tinggi.