Jasa Backlink ac.id Edukasi Android Belajar Trading Buzzer Cekresi Coworking cyber duniagames forex inspirasi investasi kerja komputer kredit kursus marketing motivasi pajak redaksi reksadana saham server service software sosial media umkm update vlog Website yandex nusa penida Step By Step Belajar Bahasa Jerman Untuk Pemula, Pasti Mahir

Hallo Freunde! Kalau sebelumnya kalian sudah mengetahui apa saja manfaat dari belajar bahasa Jerman yang akan didapatkan. Tahap selanjutnya yaitu adalah dengan mulai mempelajarinya.

Nah, disini kami akan membagikan bagaimana sih step by step belajar bahasa jerman  layaknya seperti seorang native speaker. 

‘Tapi bagaimana caranya? Kan bahasa Jerman itu susah banget, kak. Apalagi, kan bahasa Jerman tuh tulisannya sama apa yang diucap itu berbeda.’ Meskipun bahasa Jerman sering dianggap sebagai bahasa yang susah dan sulit untuk dipelajari. Itu hanyalah mitos belaka.

Sebenarnya sama saja seperti ketika belajar bahasa asing lainnya, lho. Belajar bahasa asing mau dari negara manapun itu sebenarnya mudah, jika kamu mempunyai minat dan motivasi yang kuat untuk mempelajari bahasa tersebut.

Cara Belajar Bahasa Jerman

Cara Belajar Bahasa Jerman

Apalagi jika kamu sudah memiliki teknik belajar bahasa asing sendiri. Namun, jika belum tak apa karena setelah ini kalian akan mengetahui bagaimana cara  atau teknik belajar bahasa Jerman dengan mudah dan cepat bagi pemula. 

Berikut step by step belajar bahasa Jerman yang bisa dijadikan referensi oleh teman-teman semua agar bisa menguasai bahasa Jerman.

  • Mengenal huruf vokal dan konsonannya terlebih dahulu

Mulailah dengan mempelajari vokal dan konsonannya serta bagaimana cara untuk melafalkannya, ya. Kalian tidak perlu khawatir, karena huruf abjad dalam bahasa Jerman itu pada dasarnya hampir sama dengan pelafalan dalam bahasa Inggris. 

Hanya saja ada beberapa tambahan huruf unik yang tak ada dalam bahasa Inggris ataupun bahasa Indonesia, 4 huruf itu biasa disebut “Umlaut” (Ä Ö Ü ß).

Selain itu, perhatikan juga pengucapan beberapa huruf yang diucapkan berbeda ketika berdampingan dengan huruf lain, seperti “au” dibaca “aw” dan “eu” dibaca “oy”.

Setelah mempelajari vokal dan konsonannya, jangan lupa untuk latihan bagaimana cara mengucapkannya dengan baik dan benar. 

Baca Juga: 6 Cara Belajar Bahasa Jerman Dengan Cepat dan Mudah

  • Pelajari Kosakata yang Sederhana dan Dasar

Nah, step by step belajar bahasa Jerman selkanjutnya adalah mempelajari dan menghafalkan kosakata yang paling dasar dan sederhana.

Misalnya beberapa kosakata yang selalu digunakan dalam kegiatan sehari-hari misalnya, seperti Ya (Ja), Tidak (Nein), Terima kasih (Danke),  Maaf (Entschuldigung), Selamat pagi (Guten Morgen), dsb.

Kemudian hafalkanlah beberapa kosakata yang sudah kalian pelajari sebab hal ini bisa membuatmu paham bahasa Jerman dengan lebih cepat. Tidak perlu langsung menghafalkan banyak kosakata sekaligus namun mulailah mencicil menghafal beberapa kosakata per harinya. 

Selain itu, kalian juga perlu mempelajari beberapa kosakata sederhana lainnya seperti angka 1 sampai 50, nama anggota keluarga inti hingga keluarga besar, nama hari dalam seminggu, warna, dll. Jangan lupa untuk menghafalkan setiap kosakata yang sudah dipelajari secara konsisten, ya!

  • Pelajari kata benda, kata kerja, dan kata sifat

Setelah mempelajari huruf vokal dan konsonan serta kosakata sederhananya, selanjutnya yang perlu kalian pelajari adalah kata-kata dasar dari bahasa Jerman.

Kata-kata dasar dari bahasa Jerman yang harus kalian pelajari yaitu seperti kata benda, kata sifat, kata kerja dan  juga sekaligus penentuan gendernya. 

Dan saat mempelajari kata benda juga cobalah untuk memulai dengan kata benda yang paling dasar dan sering digunakan dalam kegiatan sehari-hari. Contoh kata benda dalam bahasa Jerman misalnya, seperti Männer (laki-laki), Wasser (air), Tas (Tasche), Buku (Buch), dll.

Kata sifat dalam bahasa Jerman dikelompokkan menjadi beberapa yaitu berdasarkan warna, waktu, emosi, ukuran, rasa, suara dan lain sebagainya.

Berikut kata sifat dalam bahasa Jerman yaitu, Cantik (Schon), Jelek (Hasslich), Bersih (Sauber), Kotor (Schmutzig), Tinggi (Grob), Pendek (Kurz), Pintar (Schalau), dsb.

Ketika belajar kata kerja dalam bahasa Jerman, pelajarilah kata kerja dari yang mendasar dulu seperti makan (Essen), berenang (Lernen), bermain (Spielen), dan lainnya.

Perlu diingat bahwa dalam kata benda dan kata sifat berlaku sistem kasus maupun penentuan gendernya. Jadi, pastikan kalian memahami dasar-dasar tersebut terlebih dahulu, ya!

  • Menonton film atau mendengarkan Musik

Agar belajar menjadi jauh lebih menyenangkan kalian perlu menemukan cara atau teknik belajar yang nyaman berdasarkan preferensi kalian masing-masing. Menemukan cara belajar yang nyaman dan menyenangkan perlu agar kalian tetap fokus dalam belajar.

Misalnya dengan cara menonton film ataupun mendengarkan musik dapat membantu kalian dapat menguasai bahasa Jerman dengan lebih cepat. Menonton film dan mendengarkan musik tidak hanya membuat belajar jadi menyenangkan saja.

Tetapi kalian akan jauh lebih terbiasa dalam menangkap kosakata bahasa Jerman dan paham bagaimana kosakata itu dilafalkan dari penutur aslinya langsung dengan baik dan benar. Sehingga pengucapan dan cara penggunaan bahasa Jerman kalian akan semakin fasih.

Melalui cara ini tidak hanya melatih pendengaran kalian saja tapi juga lebih mudah mengingat beberapa kosakata dari yang kalian dengar. Dan perbendaharaan kosakata dalam bahasa Jerman kalian pun akan semakin bertambah banyak.

Ketika mendengar setiap kosakata baru nantinya, jangan lupa dicatat di note kemudian dicari artinya dan dipahami penggunaannya juga, ya! Supaya bahasa Jerman kamu semakin jago, deh.

  • Berkomunikasi dengan native speaker

Nah, setelah mendengar dan menghafalkan banyak kosakata bahasa Jerman berarti sudah saatnya kalian mulai menerapkannya dalam percakapan sehari-hari. Kalian dapat mempraktekkannya dengan teman yang sama-sama sedang belajar bahasa Jerman juga, misalnya.

Atau kalian juga bisa berkomunikasi dengan orang Jerman aslinya langsung. Di era modern saat ini, kalian sudah dapat berkomunikasi dengan orang dari penjuru dunia manapun melalui media sosial dan sejenisnya.

Selain dapat membiasakan diri untuk berbicara dan melatih kemampuan bahasa Jerman, dengan cara tersebut kalian juga dapat membangun networking dengan orang Jerman juga.

Baca Juga: Mari Belajar Bahasa Jerman Dasar Bagi Pemula Dengan 5 Hal

  • Percaya diri dan jangan takut salah

Ketika belajar sesuatu jangan pernah takut melakukan kesalahan. Karena itu adalah hal yang wajar ketika pertama kali belajar sesuatu hal yang baru. Jangan bersedih, ya.

Meskipun kalian merasa kemampuan berbahasa dan berbicaranya masih kurang baik tetapi harus tetap percaya diri dalam menerapkan bahasa dalam percakapan pada kehidupan sehari-hari.

Yang perlu kalian lakukan hanyalah terus berlatih dengan konsisten sebab semakin berlatih semakin mahir dalam berbahasa asing, yaitu bahasa Jerman.

Jangan lupa dicatat di note kesalahan kalian kemudian dicari artinya yang benar dan dipahami penggunaannya juga, ya! Supaya kemampuan bahasa Jerman kamu menjadi lebih baik, deh.

  • Mengikuti kursus bahasa Jerman

Masih merasa kemampuan bahasa Jerman kamu belum mahir? Atau masih sering melakukan kesalahan dalam berbahasa Jerman?

Jika kalian sudah melalui semua step diatas, jangan sampai proses pembelajaran berhenti di tengah jalan, ya. Mungkin kalian perlu mempertimbangkan untuk belajar Bahasa Jerman di lembaga kursus, seperti Studiva misalnya.

Studiva jadi jalan keluar untuk teman-teman karena Studiva akan membantu dan membimbing kalian ketika belajar bahasa Jerman hingga fasih.

Studiva adalah salah satu lembaga kursus bahasa dan konsultasi serta pengurusan studi keluar negeri tanpa agen yang sudah terletak di berbagai kota-kota besar seperti Jabodetabek, Bandung dan Surabaya. 

Selain bisa cepat menguasai bahasa Jerman, dengan Studiva kalian bisa menapaki kaki di Jerman langsung. Karena sudah banyak siswa Studiva yang terbang ke Jerman melalui program Aupair Jerman maupun Ausbildung Jerman.

Tertarik untuk kursus bahasa Jerman di Studiva? Jadi, tunggu apalagi? Ayo, segera daftarkan diri kamu ke Studiva dengan mengunjungi website resmi di Studiva.com atau dengan mengisi form diatas ini.

Kami tunggu kehadirannya, ya. Sampai jumpa di Studiva, Danke!

×

Choose One Of Our Team Members

Studiva Would Like To Understand How We Could Help You As Best We Could

×