Whatsapp / Hotline : ‎0811 9690 4000

Tes TOEFL (Test of English as a Foreign Language) merupakan salah satu jenis tes yang cukup populer yang ditujukan untuk menguji kemampuan bahasa Inggris. Sertifikat dari hasil tes ini biasanya digunakan sebagai salah satu syarat untuk mendaftar kuliah di luar negeri khususnya di Amerika Serikat dan negara-negara lainnya. Tempat kursus TOEFL ITP Jakarta yang terbaik antara lain Studiva, Westwoodprep, Englishbridge dan Avanaeducation.

Hal ini dikarenakan tes TOEFL lebih berorientasi pada American English bukan British English. Buat kamu yang tinggal di Jakarta dan ingin mendapatkan sertifikatnya, kamu bisa memilih tempat tes TOEFL di Jakarta yang lokasinya paling dekat.
Selain digunakan sebagai salah satu persyaratan masuk universitas, tes TOEFL juga sudah mulai digunakan dalam dunia kerja. Baik untuk persyaratan rekrutment maupun untuk jenjang kenaikan pangkat. Tes ini akan menguji beberapa aspek kemampuan bahasa Inggris Anda mulai dari kemampuan menulis, mendengarkan, membaca, hingga berbicara. Seiring perkembangannya, tes TOEFL kini terdiri dari beberapa jenis yaitu ITP, PBT, dan IBT. Apa perbedaan masing-masing jenis tes TOEFL tersebut?

Apa Perbedaan Tes TOEFL ITP, IBT, dan PBT?

Pada dasarnya tujuan dari semua jenis tes TOEFL adalah untuk melihat kecakapan Anda dalam berbahasa Inggris karena nantinya akan sangat menunjang kegiatan belajar dan bekerja selama di luar negeri. Namun, baik jenis tes ITP, IBT, dan PBT memiliki ciri dan perbedaan yang mendasar. Berikut ini perbedaan fungsi dan cara tes TOEFL ITP, IBT, dan PBT, di antaranya:

1. Kursus TOEFL ITP Jakarta

Tes TOEFL ITP merupakan singkatan dari Institutional Testing Program dan menjadi salah satu jenis tes yang paling sering dikaitkan dengan tes TOEFL. Berikut ini ciri-ciri tes TOEFL ITP, yaitu:
a. Dilaksanakan di ETS (Educational Testing Service) dalam wilayah lokal
b. Terdiri dari tiga bagian, yaitu structure and written expression (50 soal, 35 menit, skor 31 ñ 68), listening comprehension (50 soal, 35 menit, skor 31 ñ 68), dan reading comprehension (50 soal, 55 menit, skor 31 – 67)
c. Merupakan salah satu jenis paper-based test yang pengerjaannya memerlukan pensil 2B untuk melingkari jawaban yang dipilih
d. Memiliki skala penilaian untuk setiap bagiannya dari 30-an hingga 60-an
e. Terdiri dari 2 level yaitu level intermediate to advanced dengan skor 310 ñ 677 dan high beginning to intermediate dengan skor 200 – 500
f. Biaya yang harus dikeluarkan kurang lebih Rp350.000,00
g.Biasanya digunakan oleh instansi atau wilayah lokal saja untuk melihat perkembangan peserta tes dalam menggunakan bahasa Inggris
h.Dapat digunakan sebagai syarat untuk masuk perguruan tinggi atau mendaftar beasiswa
i. Lokasi tes TOEFL ITP Jakarta terdapat di beberapa tempat yaitu Universitas Negeri Jakarta, Universitas Indonesia, Universitas Diponegoro, Universitas Brawijaya, dan Institut Teknologi Sepuluh November.

2. Kursus TOEFL iBT Jakarta

Tes TOEFL iBT merupakan singkatan dari internet-based test dan menjadi jenis tes TOEFL yang paling up to date dengan menggunakan teknologi internet. Berikut ini ciri-ciri dari tes TOEFL iBT, di antaranya:
a. Terdiri dari empat bagian yaitu listening (terdiri dari 6 percakapan, durasi 60 ñ 90 menit), writing (terdiri dari integrated dan independent essay, durasi 50 menit), reading (terdiri dari 4 ñ 6 bacaan, durasi 60 ñ 100 menit), dan speaking (terdiri dari 6 soal, durasi 20 menit)
b. Digunakan untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris secara aktif dan pasif
c. Menggunakan computer-based test (CBT) dan merupakan tes online sehingga tidak harus menghadapi orang sebagai penguji langsung saat speaking session
d. Skala skor untuk setiap bagiannya dimulai dari angka 0 hingga 30 dengan total skor yang nantinya akan dijumlahkan berkisar 0 ñ 120
e. Biaya tes yang harus dikeluarkan berkisar Rp2.700.000,00
f Tes dilakukan langsung oleh International or Official TOEFL atau pihak ETS (Educational Testing Service) secara online
g. Jadwal tes ditentukan langsung oleh pihak ETS dan dilaksanakan secara ketat dengan persiapan materi dan persyaaratan lainnya yang diperlukan
h Tempat tes TOEFL iBT Jakarta bisa dilakukan di ALFALINK, Direct English, Jakarta International School, Eltim English Language Centre, dan Vista International Program

3. Kursus TOEFL PBT Jakarta

Tes TOEFL PBT merupakan singkatan dari paper-based testing dan memiliki banyak kesamaan dengan jenis tes ITP (Institutional Testing Program). Berikut ciri-ciri dari tes TOEFL PBT, di antaranya:
a. Tes dilakukan dengan menggunakan kertas sebagai media pengujiannya
b. Skor penilaian berkisar antara 450 ñ 550 dengan nilai minimum hasil ujian 310 dan nilai maksimumnya 677
c. Jenis tes yang diujikan terdiri dari listening, reading, dan structure
d. Jadwal pelaksanaan tes lebih fleksibel dan dilakukan secara mandiri oleh institusi atau lembaga tertentu yang bekerja sama dengan pihak resmi ETS (Educational Testing Service)
e. Biaya yang harus dikeluarkan berkisar Rp275.000,00 hingga Rp300.000,00
f. Pelaksanaan tes TOEFL PBT Jakarta sama seperti tes TOEFL ITP bisa di Universitas Negeri Jakarta, Universitas Indonesia, Universitas Diponegoro, Universitas Brawijaya, dan Institut Teknologi Sepuluh November.

Rekomendasi Tempat Kursus Tes TOEFL di Jakarta

Agar mendapatkan hasil tes TOEFL yang maksimal, sangat disarankan untuk mengikuti kursus tes TOEFL. Salah satu tempat kursus yang sangat direkomendasikan di Jakarta adalah Westwood Prep, Studiva, Englishbridge, dan Avanaeducation. Tempat kursus yang memiliki cabang di kota-kota besar di Indonesia seperti Jakarta, Surabaya, Bandung, dan Medan ini memiliki banyak keunggulan, di antaranya:

1. Memiliki instruktur yang berkompeten

Instruktur atau pengajar dalam suatu tempat kursus merupakan salah satu faktor penting yang dapat membantu peserta kursus mudah memahami pelajaran. Instruktur yang ada di Westwood Prep merupakan yang berkompeten di bidangnya dengan bukti skor 117 untuk TOEFL IBT, 9 utuk IELTS, dan 99% untuk SAT, GRE, dan GMAT.

Mereka telah berpengalaman yang lama dengan gaji yang cukup tinggi sehingga tak heran jika instruktur di sini tetap bersedia memberikan pengajaran secara gratis di luar jadwal. Bahkan instruktur di sini merupakan native speaker yang akan membantu setiap pesertanya berkomunikasi langsung dengan pengguna bahasa Inggris asli dari negaranya.

Tempat Kursus TOEFL ITP Jakarta

2. Memiliki materi dan cara belajar yang unik

Setiap peserta kursus akan mendapatkan proses belajar mengajar yang tidak hanya mendengarkan akan tetap ada umpan balik antara pengajar dengan peserta yang diajari. Mereka akan diajari bagaimana menemukan konsep dan jalan pintas dalam mengerjakan soal.

Peserta juga akan dibimbing selama belajar dengan menulis materi menggunakan tulisan tangan. Tujuannya agar dapat membantu dalam mengembangkan kemampuan siswa untuk belajar menggunakan kosakata yang kompleks dan menyusun struktur kalimat yang benar.

Materi yang digunakan pun menggunakan kejadian terkini atau contoh kehidupan nyata sehingga setiap peserta bisa selalu up to date dengan perkembangan setiap materi bahasa Inggris.

Tempat Kursus TOEFL ITP Jakarta

3. Menyediakan banyak bidang kursus

Selain kursus TOEFL, Westwood Prep juga menyediakan bidang kursus lainnya seperti IELT, SAT, GRE, GMAT, GED, ACT, TOEIC, IGCSE, FCE, PTE, dan lain sebagainya. Sehingga bisa dikatakan tempat kursus ini merupakan lembaga kursus yang paling lengkap dalam menyediakan banyak bidang kursus.

4. Memberi garansi nilai

Westwood Prep cukup berani untuk memberikan garansi nilai dengan memberikan bimbingan secara gratis jika pada percobaan pertama belum mencapai skor yang ditargetkan.

Tempat Kursus TOEFL ITP Jakarta

Dengan mengikuti kursus TOEFL, Anda akan mendapatkan lebih banyak pengetahuan dan pengalaman dalam mengembangkan kemampuan berbahasa Inggris. Keahlian yang kamu punya akan semakin terasah dan lancar sehingga Anda tidak akan mengalami kesulitan saat berkomunikasi dengan native speaker nantinya.
Optimalkan kemampuan yang dimiliki dan cari tahu apa kelemahan Anda dalam berbahasa Inggris agar bisa dicari solusi untuk mengatasi kelemahan tersebut. Tes TOEFL hanyalah parameter yang digunakan sebagai standar untuk mendaftar ke universitas di luar negeri maupun untuk kebutuhan peningkatan jabatan di tempat kerja.
Hal lain yang lebih penting dari sertifikat TOEFL sendiri adalah bagaimana nantinya Anda mempraktekkan ilmu bahasa Inggris yang telah dipelajari ke dalam kehidupan sehari-hari.
Mengikuti tes di tempat tes TOEFL di Jakarta bagi yang tinggal di kota ini tentu akan menjadi pemicu semangat untuk terus mengasah kemampuan bahasa Inggris Anda. Jangan lupa untuk terus berlatih dan sering-sering mempraktekkan dengan cara melakukan komunikasi baik secara lisan maupun tertulis menggunakan bahasa Inggris.

Summary
Review Date
Reviewed Item
Tempat Kursus TOEFL ITP Jakarta
Author Rating
51star1star1star1star1star
Product Name
Tempat Kursus TOEFL ITP Jakarta
Price
USD 20
Product Availability
Available in Store Only
× Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday