Universitas di Jerman –  Melanjutkan pendidikan di Eropa, negara mana yang kamu datangi dan universitas manakah yang akan kamu pilih? Jika kamu masih bingung memilih negara mana yang dipilih beserta universitasnya, maka negara Jerman bisa menjadi tujuan utama kamu.

Dibandingkan negara Eropa lainnya, Jerman memiliki status pendidikan terbaik di dunia. 

 

Dibandingkan dengan Inggris, Jerman memiliki kualitas pendidikan yang lebih baik. Dilihat dari jumlah universitas yang tersedia, biaya kuliah yang murah bahkan banyaknya beasiswa internasional yang ditawarkan.

 

Sebagai mahasiswa Indonesia, kamu bisa memilih serta memperoleh salah satu beasiswa yang disediakan baik oleh pemerintah maupun swasta. 

 

Banyak sekali program studi universitas di Jerman yang bisa dipilih. Ada beberapa bidang ilmu terkenal seperti ilmu pengetahuan alam, kedokteran, farmasi, teknik dan teknologi. Tidak ketinggalan bidang ilmu seni mulai dari desain, pertunjukan dan lukis menjadi bidang ilmu seni favorit. 

 

Biaya hidup yang harus dikeluarkan selama hidup di Jerman tidak semahal di negara Eropa lainnya. Dalam satu bulan rata-rata mahasiswa hanya membutuhkan 800 euro atau sekitar 13 juta rupiah saja. Biaya tersebut sudah termasuk sewa apartemen, akomodasi dan transportasi. 

 

Hal yang menarik akan ditemukan di Jerman adalah banyak bangunan indah dengan tempat-tempat bersih yang tenang. Suasana tersebut akan membantu situasi belajar dalam kelas maupun di luar kelas menjadi lebih kondusif. Seluruh aktivitas yang dilakukan akan tetap aman. 

 

Daftar Nama Universitas di Jerman Terbaik Setiap Tahun

 

Kini saatnya kamu memilih universitas di Jerman mana yang menarik. Melihat universitas terbaik adalah cara termudah untuk memilih. Negara Jerman memiliki lebih dari 390 universitas negeri yang bisa dipilih.

 

Kategori universitas Jerman terbaik di bawah ini adalah universitas yang memiliki pengajaran menggunakan bahasa Jerman dan bahasa Inggris. Berikut universitas terbaik di Jerman tiap tahunnya:

 

1. Ludwig Maximilian University of Munich

 

Salah satu universitas tertua yang berdiri sejak tahun 1472. Ada banyak penemu-penemu yang berasal dari universitas ini seperti Otto Hahn, Max Planck dan Werner Heisenberg.

 

Sejak abad ke 18 universitas ini memfokuskan untuk mengajar tentang ilmu pengetahuan alam dan penelitian. Pada abad ke 19 universitas ini telah menjadi salah satu sekolah yang menyumbang banyak penemuan dan inovasi. 

 

2. Technical University of Munich 

 

universitas terbaik di jerman

Image: Medium.com

 

Universitas ini fokus pada pengajaran teknik dan memperluasnya ke bidang ilmu pengetahuan, teknologi pangan, farmasi, serta ilmu pengetahuan sosial.

 

Filosofi yang dianut oleh pengajaran di universitas ini adalah ‘The Entrepreneurial University’. Saat ini terdapat 12 fakultas di gedung-gedung kampus yang berada di kota Munich.

 

3. Heidelberg University

 

Universitas in dibangun sejak tahun 1386 dan menjadi salah satu universitas tertua di Jerman. Ada banyak program pendidikan yang diajarkan di sini.

 

Beberapa program studi yang saat ini dikembangkan adalah genetik, sosiologi modern dan fisika lingkungan. Lebih dari 20% mahasiswa yang berkuliah di universitas terbaik di Jerman adalah siswa internasional. 

 

4. Humboldt University of Berlin

 

Universitas ini merupakan tempat kelahiran dari etos pendidikan dan model universitas yang diadopsi oleh universitas Eropa dan barat lainnya sejak abad ke 19. 

 

Prinsip yang digunakan adalah mempersatukan antara pengajaran dan penelitian. Sehingga akhirnya melahirkan tokoh penting seperti Albert Einstein, Max Planck, dan Walter Benjamin. 

 

Bagi kamu yang ingin berhasil masuk ke salah satu universitas di Jerman tersebut butuh usaha keras khususnya menguasai kebudayaan dan bahasa Jerman.

 

Tenang aja karena di Studiva.com kamu akan dibimbing dan dibantu agar bisa masuk ke salah satu universitas tersebut dengan mudah dan langkah awalnya adalah dengan mengikuti kelas kursus bahasa Jerman.