Jasa Backlink ac.id Edukasi Android Belajar Trading Buzzer Cekresi Coworking cyber duniagames forex inspirasi investasi kerja komputer kredit kursus marketing motivasi pajak redaksi reksadana saham server service software sosial media umkm update vlog Website yandex nusa penida Kursus SSAT Terbaik, Apa Saja yang akan Dipelajari? 

Kursus SSAT Terbaik, Apa Saja yang akan Dipelajari? 

Tempat kursus SSAT begitu banyak dicari, hanya yang berani memberikan jaminan skor meningkatlah yang sebaiknya dipilih. 

Anda yang berencana untuk mengikuti tes ini perlu tahu apa saja yang akan dipelajari. Sebagai peserta kursus pemula, maka informasi seputar tes akan diberikan. 

Baik itu pengertian, tes, format sampai soal skoring dan masuk ke materi pembelajaran. Ada banyak yang bisa diperoleh, apa saja?

Pengertian Secondary School Admissions Test

Belajar di tempat kursus jadi pilihan yang tepat karena materi belajar sudah disusun dengan tepat. Instruktur profesional juga akan mengajar dengan lebih fokus. 

Pertama adalah mengenal apa itu tes SSAT yang merupakan Secondary School Admissions Test. Tes ini adalah standar tes yang digunakan untuk masuk ke sekolah swasta menengah dan atas di Amerika. 

Tujuan dari tes ini adalah untuk mengevaluasi dan membandingkan kandidat siswa mana yang mampu dan sesuai kriteria sekolah. 

Baca Juga: 6 Tempat Kursus GMAT Jakarta Terbaik & Kelebihannya

Jika dibandingkan dengan tes masuk ke perguruan tinggi, tingkatannya sama seperti SAT dan ACT. Tes ini hanya digunakan untuk mendaftar sekolah di Amerika Serikat. 

Diciptakan oleh Secondary School Admission Test Board untuk seluruh siswa di seluruh dunia. Tes juga dibagi menjadi beberapa level sesuai dengan kelas, yaitu

  1. Upper level : siswa yang termasuk di kelas 8 sampai 11.
  2. Middle level : siswa yang berada di kelas 5 sampai 7. 
  3. Elementary level: siswa yang duduk di kelas 3 sampai 4. 

Apapun levelnya, format sialnya pun sama yang membedakan hanyalah jenis soal. Di tempat kursus SSAT biasanya kelas juga akan dibedakan berdasarkan level tersebut. 

Alasannya karena di masing-masing level tingkat kesulitan soal berbeda meskipun formatnya sama. 

Format Soal dan Waktu Pengerjaan 

Format Soal

Selain memperhatikan soal pengertian dan level tersebut, materi kursus SSAT  juga akan fokus mempelajari format soal. 

Disinilah siswa akan belajar lebih mendalam mengenai kelemahan mengerjakan format tertentu. Instruktur pun akan membantu untuk memperbaiki kelemahan tersebut. 

Pada SSAT ada empat format tes yang akan diujikan yaitu sebagai berikut:

  • Verbal 

Pada sesi yang pertama ini merupakan bagian yang paling cepat dan tujuannya adalah menguji kemampuan siswa mengenai sinonim. Tujuannya untuk tahu seberapa jauh kosakata yang dikuasai. 

Khusus untuk elementary level soal yang diberikan adalah 30 dan dikerjakan dalam 20 menit. Sedangkan middle dan upper level mendapatkan soal 60 dan dikerjakan 30 menit. 

  • Reading 

Kemampuan membaca dari segi ide utama sebuah paragraf, tema, tone sampai mengenali tujuan penulis akan diujikan. Kemampuan ini sangat penting untuk tahu bagaimana tingkat pemahaman siswa. 

Elementary level akan mendapatkan 28 soal reading yang dikerjakan 30 menit. Pada tingkat menengah dan atas soalnya 40 dan dikerjakan 40 menit. 

  • Matematika 

Kemampuan berhitung juga akan diujikan karena matematika akan masuk sebagai pelajaran pokok di kelas. Materinya sendiri berupa aljabar, geometri, konsep matematika, dll. 

Jenis soalnya akan disesuaikan dengan level, sedangkan jumlah soal kelas dasar adalah 30 dan dikerjakan 30 menit. Sedangkan kelas menengah 50 soal yang dibagi menjadi dua sesi dan dikerjakan masing-masing 30 menit. 

  • Experimental 

menjadi bagian soal terakhir yang tidak masuk skoring. Jumlah soalnya 15 sampai 16 dan dikerjakan selama 15 menit saja. 

Masing-masing materi secara detail dari format ini akan dipelajari dalam kursus SSAT. Baik itu dalam bentuk soal latihan dan pembahasannya satu per satu. 

Skoring 

 

Selain mempelajari format tes dan soalnya, Anda juga akan mendapat pendampingan. Tujuannya supaya skor yang diharapkan bisa dicapai. 

Inilah yang menjadi target akhir dari mengikuti kursus SSAT, oleh karena itu instruktur pun akan memberikan pendampingan secara khusus. 

Pendampingan ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar dan mengenali potensi serta kekurangan siswa. Tidak heran jika setiap kelas memiliki batas siswa. 

Baca Juga: 6 Pilihan Terbaik Tempat Kursus TOEFL di Jakarta Selatan

Dengan begitu instruktur pun akan lebih fokus dalam memberikan pendampingan pada setiap siswa, sehingga hasil belajar pun dibuktikan dengan skor yang meningkat. 

Soal penilaiannya sendiri dibedakan berdasarkan dengan levelnya. Berikut penjelasan soal skor yang perlu diperhatikan. 

  • Upper level, pada bagian ini tes yang diperoleh di masing-masing sesi adalah 500 sampai 800 sedangkan pada soal matematika adalah 1500 sampai 2400.
  • Middle level, masing-masing sesi memiliki skor 400 sampai 710 dan sesi matematikanya 1320 sampai 2130.
  • Elementary level, di bagian ini skoring tesnya 300 sampai 600 dan khusus format tes matematika adalah 900 sampai 1800.

Apabila Anda ingin mendapatkan skor terbaik maka perlu mengincar hasil skor tertingginya. 

Cara Mendaftarnya

Cara Mendaftarnya

Beberapa kursus SSAT ada juga yang memberikan pelayanan dalam pendaftaran tes. Anda tinggal memilih tanggal yang tersedia dan mempersiapkan diri. 

Secara umum ada beberapa tahapan untuk mendaftar sebagai berikut:

  • Langkah Pertama 

Membuat akun menggunakan profil dari orang tua atau wali langsung melalui website resmi SSAT. Beberapa data yang diperlukan antara lain nama, alamat dan kontak. 

  • Langkah Kedua 

Selanjutnya adalah dengan membuat profil dari siswa yang hendak mengikuti tes. Informasi yang dibutuhkan antara lain seperti alamat, tingkat kelas dan jenis kelamin.

  • Langkah Ketiga 

Membaca ulang profil sebelum menyelesaikan pembuatan akun dan membaca syarat serta ketentuan yang berlaku dan peraturan lainnya. 

  • Langkah Keempat 

Melakukan pendaftaran dan menjawab pertanyaan yang muncul seperti di mana akan mengikuti tes, tanggal, dll. 

  • Langkah Kelima 

Pada tahapan terakhir Anda tinggal melakukan pembayaran sesuai dengan yang biaya yang sudah ditetapkan. 

Studiva Bantu Tingkatkan Skormu

Mau mendapatkan skor tinggi sekali mengikuti SSAT? Anda bisa mengikuti kursus yang diadakan oleh Studiva. Belajar di Studiva menjamin materi lengkap dengan garansi skor meningkat. 

Anda yang masih buta sama sekali dengan SSAT akan dituntut sampai memperbaiki kelemahan saat mengerjakan tes. Simulasi tes pun akan dilakukan untuk membiasakan peserta mengerjakan tes. 

Termasuk juga materi ulasan soal dari tes-tes SSAT sebelumnya yang kerap keluar. Penting untuk diperhatikan, bahwa materi belajar di Studiva telah disusun secara khusus. 

Hanya instruktur yang handal dan berkualitas akan menyusun materi dan terus diubah mengikuti perkembangan. Jadi Anda tidak perlu takut ketinggalan jenis soal terbaru. 

Semua materi belajar tidak hanya dibagikan dalam bentuk handbook tetapi juga secara online. Kelebihan ini memudahkan Anda untuk bisa mengakses materi dari mana saja. 

Tidak akan ada yang mengecewakan selama Anda mengikuti SSAT preparation dalam jangka waktu yang tepat. Kebanyakan siswa memilih kelas tiga atau enam bulan sebelum tes. 

Jangan sampai Anda ketinggalan mengikuti kursus SSAT dan tidak memiliki waktu yang cukup untuk mempelajari materi secara mendalam. 

Belajar tidak bisa dilakukan dalam waktu yang instan, butuh proses hingga memperoleh skor yang diinginkan. Jadi jangan tunda waktu Anda dan segera daftar kursus di Studiva. 

Proses pendaftarannya mudah, tinggal isi formulir di atas ini ya.

×

Choose One Of Our Team Members

Studiva Would Like To Understand How We Could Help You As Best We Could

×