Jasa Backlink ac.id Edukasi Android Belajar Trading Buzzer Cekresi Coworking cyber duniagames forex inspirasi investasi kerja komputer kredit kursus marketing motivasi pajak redaksi reksadana saham server service software sosial media umkm update vlog Website yandex nusa penida Pengertian, Jenis, dan Penilaian IELTS Test Jakarta

IELTS tes atau The Internasional English Language Testing System adalah salah satu tes kecakapan berbahasa Inggris. Tes ini diperuntukan bagi warga negara yang tinggal di negara berbahasa non bahasa Inggris dan ingin migrasi ke negara berbahasa Inggris. 

Sertifikat tanda pernah mengikuti IELTS test sering digunakan sebagai persyaratan masuk universitas atau pun melamar kerja. Hingga kini, ada lebih dari 9000 instansi di 130 negara yang menggunakan IELTS test sebagai syarat masuk. 

IELTS tes menjadi tes kecakapan berbahasa Inggris yang aman dan disetujui oleh visa imigrasi Inggris. Dengan begitu, warga yang berasal dari luar Inggris bisa lebih mudah membuat visa apabila sudah memiliki sertifikat IELTS. 

Jenis-Jenis IELTS

Jenis-Jenis IELTS

Dilihat dari kegunaannya, IELTS test dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu IELTS akademik dan IELTS general. IELTS akademik adalah jenis IELTS yang digunakan sebagai syarat masuk ke institusi akademik, sementara IELTS general digunakan untuk izin bermigrasi. 

Perbedaan fungsi IELTS test tersebut membuat materi yang ada di dalamnya sedikit berbeda. Hal-hal seperti konten, konteks, dan tujuan tugas pada soal akan menyesuaikan. Namun, hal teknik seperti durasi waktu pengerjaan dan penghitungan skor tetap sama. 

Penilaian dalam IELTS Test Jakarta

IELTS Test Jakarta

Sebenarnya, dalam IELTS test tidak ada kriteria skor minimum untuk dapat lulus. Memuaskan atau tidaknya juga hanya bergantung pada instansi yang mensyaratkan nilai tertentu. Kita akan menerima rentang nilai dari 1 hingga 9 pada tes ini. 

Band 9: Expert user

Menandakan peserta telah memiliki pengetahuan dan memfungsikan bahasa Inggris secara penuh. Memiliki pengetahuan yang sesuai, akurat, dan fasih dengan pemahaman lengkap.

Band 8: Very good user

Menandakan peserta memiliki pengetahuan bahasa Inggris secara baik, meskipun masih ada sedikit ketidakakuratan dan ketidaksesuaian antara bahasa dan maksud. Kadang-kadang masih ada kesalahpahaman dalam situasi asing. Namun, dapat memberi argumentasi terperinci yang rumit.

Band 7: Good user

Menandakan peserta memiliki pengetahuan penggunaan bahasa Inggris, meskipun masih ada ketidakakuratan, ketidaksesuaian, dan kesalahpahaman sesekali dalam situasi asing. Peserta sudah dapat secara umum mengetahui bahasa rumit dan memahami alasan yang terperinci.

Band 6: Competent user

Menandakan peserta secara umum memiliki penguasaan bahasa yang efektif, meskipun ada beberapa ketidakakuratan, ketidaktepatan, dan kesalahpahaman. Peserta dapat menggunakan dan memahami bahasa yang cukup rumit, terutama dalam situasi yang sudah biasa ditemui.

Band 5: Modest user

Menandakan peserta mengetahui sebagian penggunaan bahasa, mampu menerima makna penuh dalam sebagian besar situasi. Seseorang pada level ini masih cenderung membuat banyak kesalahan sehingga hanya dapat sangat lancar berkomunikasi dasar di bidangnya sendiri.

Band 4: Limited user

Menandakan peserta memiliki kompetensi dasar terbatas pada situasi yang sudah cukup dikenal. Seseorang pada level IELTS test ini memiliki masalah pemahaman dan ekspresi bahasa. Umumnya, juga tidak dapat menggunakan bahasa yang terlalu rumit.

Band 3: Extremely limited user

Menandakan peserta dapat menyampaikan dan memahami makna hanya pada tingkat umum dan dalam situasi yang sangat akrab dengan kehidupan sendiri. Seseorang pada level ini sering mengalami gangguan komunikasi.

Band 2: Intermittent user

Menandakan bahwa peserta tidak memiliki kemampuan komunikasi yang nyata, kecuali informasi yang paling dasar. Kata-kata yang digunakan adalah kata-kata yang sama atau formula yang digunakan adalah formula pendek dalam situasi yang akrab.

Kemampuan seseorang pada nilai ini hanya berguna untuk memenuhi kebutuhan mendesak. Oleh sebab itu, seseorang pada level IELTS tes ini memiliki pemahaman bahasa Inggris lisan dan tulisan yang buruk. 

Band 1: Non-user

Nilai ini menandakan bahwa seorang peserta pada dasarnya tidak memiliki kemampuan untuk menggunakan bahasa Inggris di luar beberapa kata yang sangat akrab di telinga. Hampir tidak ada makna yang dihantarkannya. 

Band 0: 

Seseorang yang mendapat sertifikat bernilai 0 adalah seorang peserta yang tidak hadir atau tidak mencoba tes sama sekali. 

Itulah tadi uraian mengenai IELTS test, jenis IELTS, dan penilaian yang digunakan. Untuk mempersiapkan tes, jangan lupa untuk mengikuti kursus IELTS Preparation dan bimbingan belajar persiapan IELTS hanya di Studiva.com untuk informasi lebih lanjut bisa isi data diatas ini.. 

×

Choose One Of Our Team Members

Studiva Would Like To Understand How We Could Help You As Best We Could

×