Apa perbedaan Aupair dan Ausbildung? Tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa ada banyak pelajar di Indonesia yang memiliki cita-cita bisa belajar dan juga bekerja di luar negeri, khususnya di Jerman.

Untuk Info lebih lengkapnya bisa isi Biodata Disini

 

Nah untuk anda yang ingin bekerja dan belajar di luar negeri, adna bisa mengikuti program Ausbildung maupun program Aupair dari pemerintah Jerman.

 

Ausbildung dan Aupair adalah dua hal yang berbeda. Namun untuk orang awam, terkadang mereka menyamakan kedua hal yang jelas-jelas berbeda ini.

 

Untuk itu, pada postingan kali ini saya akan memberikan informasi mengenai perbedaan Aupair dan Ausbildung.

 

Apa Itu Ausbildung Jerman?

ausbildung jerman

 

Ausbildung Jerman sendiri merupakan solusi terbaik untuk anda yang ingin bekerja di Jerman.

 

Dimana modal utama yang harus anda persiapkan ketika ingin mengikuti program ini adalah hanya bahasa Jerman level B2 maupun B1 yang bisa anda kuasai hanya dalam waktu 6 bulan saja.

 

Sekarang ini, program Ausbildung sendiri merupakan salah satu program dari pemerintah Jerman yang sangat diminati generasi milenial di Indonesia.

 

Dimana dalam pelaksanaanya, para pelajar Ausbildung akan lebih banyak belajar praktek dibandingkan belajar teori.

 

Secara dasar Ausbildung sendiri merupakan program yang diberikan oleh pemerintah Jerman yang akan memberikan anda kesempatan untuk mengikuti program pelatihan dan juga pendidikan selama 3 tahun yang akan dilaksanakan di Jerman.

 

Setelah lulus, nantinya anda akan memperoleh ilmu, keahlian yang berkualitas standar Eropa.

 

Bahkan anda juga akan mendapatkan sertifikat yang bisa anda gunakan di seluruh dunia.

 

Apa Itu Aupair Jerman?

Apa Itu Aupair Jerman?

 

Aupair adalah kata yang berasal dari bahasa Perancis yang bermakna balas jasa. 

 

Aupair Jerman sendiri merupakan suatu program untuk anak muda yang umumnya berusia 18 hingga 30 tahun yang ingin memperdalam kemampuan bahasa asing serta mempelajari budaya baru di negara lain.

 

Selama mengikuti program aupair, peserta akan mendapatkan pertanggungjawaban dari host family yang akan menanggung semua biaya selama anda tinggal di luar negeri.

 

Anda akan mendapatkan 1 kamar tidur khusus di rumah mereka, makan dengan satu meja yang sama.

 

Memiliki hak yang sama untuk belajar dan juga jalan-jalan sendiri. Bahkan anda juga memiliki kesempatan untuk mengikuti liburan bersama keluarga.

 

Selain biaya yang akan ditanggung oleh host family, anda juga akan mendapatkan pembiayaan untuk mengikuti sekolah bahasa serta mendapatkan uang saku.

 

Dimana akan diberikan setiap minggu atau setiap bulannya, tergantung kesepakatan yang anda lakukan bersama pihak keluarga.

 

Sebagai timbal balik yang akan anda berikan, maka anda akan berperan menjadi kaka untuk anak-anak yang dimiliki oleh keluarga tersebut, bekerja selama 8 jam setiap harinya mulai dari hari senin sampai jumat.

 

Pekerjaan yang akan anda lakukan hanya yang berhubungan dengan angka dan juga keluarga, misalnya seperti menyiapkan makan siang, menjemput dan mengantar sekolah hingga babysitting.

 

Perbedaan Aupair dan Ausbildung Jerman

 

perbedaan ausbildung dan aupair

 

Saat ini masih ada banyak orang yang masih bingung dan belum bisa menentukan ingin memilih program mana antara Aupair dan juga Ausbildung.

 

Setiap orang tentu saja mempunyai pendapat dan juga alasan yang berbeda-beda saat memilih program dari pemerintah Jerman tersebut.

 

Nah untuk anda yang mungkin masih bingung dan sebagian yang lain sering tertukar dengan dua program ini.

 

Berikut dibawah ini sudah saya tuliskan informasi tentang perbedaan Aupair dan Ausbildung.

 

Tanggung Jawab Pekerjaan

 

Perbedaan yang pertama dari Aupair dengan Ausbildung adalah mengenai tanggung jawab utama selama anda mengikuti program tersebut.

 

Dimana untuk Aupair sendiri adalah program yang akan lebih fokus bekerja, dimana ketika mengikuti Aupair anda akan memiliki tanggung jawab 5 hari

kerja.

Berbeda dengan Ausbildung, karena Ausbildung adalah program belajar sambil bekerja atau magang maka anda tidak hanya akan bekerja, namun juga belajar.

 

Saat mengikuti Ausbildung anda akan memiliki tanggung jawab 3 hari kerja dan 2 hari belajar di sekolah kejuruan Jerman.

 

Gaji

 

Perbedaan Aupair dan Ausbildung berikutnya adalah perihal masalah gaji.

 

Dimana ketika mengikuti program Aupair Jerman, anda akan mendapatkan bayaran atau gaji mulai dari 200 hingga 350 Euro per bulan.

 

Sedangkan untuk anda yang memilih program Ausbildung Jerman, anda akan mendapatkan bayaran 850 hingga 1300 Euro per bulan, tergantung dari program Ausbildung apa yang anda pilih.

 

Biaya Hidup Di Jerman

 

Berikutnya, perbedaan Aupair dengan Ausbildung adalah mengenai biaya hidup di Jerman.

 

Dimana untuk anda yang mengikuti program Aupair nantinya semua biaya hidup akan ditanggung oleh orang tua angkat atau keluarga angkat di Jerman.

 

Sedangkan untuk anda yang memilih program Ausbildung, nantinya biaya hidup di Jerman mulai dari konsumsi, tempat tinggal dan juga transportasi akan dipotong dari gaji yang anda dapatkan selama mengikuti program Ausbildung.

 

Tujuan Mengikuti Program

 

Selanjutnya perbedaan Aupair dan Ausbildung adalah dilihat dari tujuan mengikuti program.

 

Ketika anda mengikuti program Aupair, maka tujuan utama anda menjalankan program tersebut adalah untuk mendapatkan pengalaman hidup tinggal di Jerman, belajar budaya Jerman dan juga untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Jerman secara langsung.

 

Sementara untuk anda yang memilih Ausbildung, tujuan dari mengikuti program tersebut adalah untuk mendapatkan keahlian yang diakui oleh pemerintah Jerman. 

 

Sehingga nantinya anda bisa dengan mudah menggunakan sertifikat Ausbildung untuk bekerja di Jerman dan Uni Eropa.

 

Durasi Mengikuti Program

 

Ketika mengikuti Aupair, anda akan mengikuti program tersebut dengan durasi selama 1 tahun.

 

Berbeda ketika anda mengikuti program Ausbildung, dimana anda akan mengikuti Ausbildung dengan durasi 3 tahun lamanya.

 

Alasan Memilih Program

 

Perbedaan Aupair dan Ausbildung yang terakhir bisa dilihat dari alasan memilih program.

 

Dimana alasan kenapa anda harus memilih Aupair adalah agar anda bisa cepat berangkat ke Jerman, tidak perlu persiapan jangka panjang untuk bisa berangkat ke Jerman dengan program Aupair.

 

Aupair juga sering digunakan sebagai langkah awal untuk kebanyakan orang-orang yang ingin mengikuti program Ausbildung dan akhirnya menjadi pekerja profesional di Jerman.

 

Sedangkan alasan kenapa anda harus memilih Ausbildung adalah jika anda sudah siap untuk menjalani program bertahun-tahun di Jerman.

 

Setidaknya anda harus tinggal di Jerman selama 3 tahun lamanya.

 

Ausbildung juga sering digunakan sebagai pondasi atau langkah awal sebelum bisa bekerja di Jerman sebagai tenaga kerja Profesional.

 

Bahkan tidak hanya Jerman, namun sertifikat Ausbildung tersebut bisa digunakan untuk bekerja di negara bagian Uni Eropa.

 

Nah itulah informasi tentang perbedaan Aupair dan Ausbildung Jerman.

 

Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk anda yang mungkin masih bingung dalam menentukan apakah ingin memilih program Aupair atau Ausbildung Jerman.

 

untuk anda yang mungkin tidak sabar ingin berangkat ke Jerman, saya sangat menyarankan agar anda memilih program Aupair.

 

Hal ini karena untuk mengikuti program Aupair tidak dibutuhkan skill khusus.

 

Sedangkan untuk anda yang ingin mengikuti program Ausbildung, sebelumnya anda harus memiliki skill khusus terlebih dahulu sebelum benar-benar berangkat menjadi siswa Ausbildung.

×