Whatsapp / Hotline : ‎0811 9690 4000

Tempat Kursus TOEFL di Jakarta Selatan, ini 6 Pilihan Terbaiknya

Tempat Kursus TOEFL di Jakarta Selatan, ini 6 Pilihan Terbaiknya – Menjelang tes TOEFL sangat penting untuk mengikuti kursus agar Anda bisa mendalami materi dengan baik.

 

 

Ada beberapa tempat kursus TOEFL di Jakarta yang bisa Anda jadikan sebagai referensi apabila ingin mencari tempat belajar terbaik. 

Simak ulasan berikut terkait TOEFL serta rekomendasi kursusnya.

Apa Itu Tes TOEFL?

Apa Itu Tes TOEFL

TOEFL merupakan tes proficiency yang bertujuan untuk mengukur tingkat kemampuan berbahasa Inggris.

Test of English as a Foreign Language ini berkaitan dengan proses belajar mengajar dimana hasilnya bisa digunakan untuk mendaftar studi lebih lanjut di luar negeri.

Tes TOEFL sendiri terdiri dari 3 jenis, yaitu TOEFL like-test, International TOEFL Test, dan Institutional TOEFL Test.

TOEFL Like-Test ini pada umumnya untuk melengkapi persyaratan di universitas di Indonesia saja, tetapi tidak dapat digunakan mendaftar kuliah ke luar negeri. Lalu, International TOEFL Test dapat digunakan untuk mendaftar kuliah di luar negeri dengan masa berlaku 2 tahun. Sedangkan Institusional Test bisa dipilih jika ingin mengeluarkan biaya murah dengan masa berlaku 6 bulan. Anda bisa mempersiapkan diri dengan mengikuti kursus terlebih dahulu.

Jenis Tes TOEFL

Jenis Tes TOEFL

Saat mengikuti kursus TOEFL, Anda akan menemukan 2 jenis tes yang bisa dipilih. 

Kedua jenis tes ini memiliki perbedaan mendasar, terutama pada materi yang diujikan dan sistem pengerjaannya. Simak penjelasan berikut ini terkait perbedaan dari kedua jenis tes TOEFL.

  • Tes TOEFL CBT

Sesuai dengan namanya, Tes TOEFL CBT ini dikerjakan dengan berbasis komputer dan tidak lagi menggunakan kertas.

Nantinya, peserta tes bisa langsung mengerjakan soal melalui software yang sudah disiapkan di komputer. Materi yang akan diujikan di TOEFL CBT antara lain structure, writing, listening dan reading dengan durasi penyelesain maksimal selama 2,5 jam. Rentang skor untuk tes TOEFL CBT sendiri berkisar mulai dari 30 sampai dengan 300.

  • Tes TOEFL PBT

Berikutnya, Anda bisa mengikuti kursus persiapan tes TOEFL Jakarta untuk mempersiapkan ujian berbasis PBT. Jenis ujian yang satu ini bisa dibilang masih tipe lama karena pengerjaannya tesnya masih melalui kertas.

Pada tes TOEFL PBT ini Anda akan diberikan lembar jawaban yang harus diisi dengan pensil 2B selama 2,5 jam. Peserta tes akan mengerjakan soal seputar structur, listening, dan reading dengan rentang nilai 3010 sampai 677.

  • Tes TOEFL IBT

Internet Based Test TOEFL sudah mulai diperkenalkan di Indonesia sejak tahun 2006 untuk menggantikan PBT. Model pengerjaan TOEFL IBT ini hampir sama dengan tes CBT melalui komputer yang sudah terkoneksi internet.

Akan tetapi, tes TOEFL IBT ini waktu pengerjaannya lebih lama, yaitu maksimal 4 jam dengan nilai mulai dari 0 sampai 120. Sementara soal yang akan dihadapi peserta TOEFL meliputi speaking, writing, listening, dan reading.

Materi Tes TOEFL

materi

Pada saat mengikuti kursus TOEFL ada beberapa materi yang akan didalami sesuai dengan soal pada tes ini.

Simak penjelasan berikut ini terkait apa saja materi pada tes TOEFL yang bisa Anda pelajari saat masih mengikuti kursus.

  • Structure & Written Expression

Materi pertama yang akan diujikan adalah seputar structure & written expression dengan tujuan mengetahui seberapa kemampuan tata bahasa.

Pada sesi tes ini Anda harus menguasai berbagai jenis grammar agar bisa menerapkannya dengan tepat sesuai pertanyaan.

Selain itu, pada sesi tes ini peserta TOEFL akan mengerjakan soal berkaitan dengan ungkapan yang digunakan sehari-hari.

Materi ini bisa Anda kerjakan dengan maksimal apabila sudah menguasai berbagai jenis grammar dan aturan tata bahasa inggris.

  • Test of Written English

Written english ini peserta tes hanya akan mengerjakan 1 soal saja berupa essay dengan durasi waktu selama 30 menit.

Nantinya, Anda akan diminta untuk membuat essay berdasarkan topik tertentu yang ditampilkan dalam soal.

Sesi written english ini seringkali dianggap bagian paling sulit karena essay yang harus ditulis tergolong panjang.

Selain itu, kemampuan tata bahasa dalam tulisan essay tersebut juga akan mempengaruhi penilaian. Written english ini akan Anda temukan pada semua jenis tes TOEFL.

  • Listening

Pada sesi listening ini peserta didik akan dihadapkan dengan 50 soal pilihan ganda yang dikerjakan selama 40 menit.

Materi dan pertanyaannya sendiri akan diberikan melalui bentuk siaran audio, sementara pilihan gandanya dapat dilihat di lembar soal.

Kemampuan mendengar dan memaknai ucapan dalam bahasa Inggris akan mempengaruhi kelancaran Anda dalam mengerjakan sesi listening ini.

Oleh sebab itu, penting bagi Anda untuk mencari tempat kursus TOEFL di Jakarta yang memiliki native speaker guna membiasakan pendengaran.

  • Reading Comprehension

Sama halnya seperti soal listening, bentuk soal pada reading comprehension ini berupa pilihan ganda yang terdiri dari 50 pertanyaan dalam waktu 55 menit. Soal pilihan ganda tersebut dilengkapi dengan bahan bacaan.

Peserta tes harus membaca teks yang sudah disesuaikan terlebih dahulu, lalu menjawab pertanyaan sesuai topik, seperti ide utama misalnya. Anda bisa mempelajari materi ini agar terbiasa mengerjakan reading comprehension dengan rajin membaca teks dalam bahasa inggris.

Tips Memilih Tempat Kursus TOEFL di Jakarta

Hal berikutnya yang harus diperhatikan sebelum mengikuti TOEFL adalah memilih tempat kursus dengan tepat.

Lalu, bagaimana cara memilih tempat kursus persiapan TOEFL di Jakarta yang berkualitas di daerah Jakarta? Simak ulasan lengkapnya sebagai berikut.

  • Memiliki Metode Pembelajaran yang Terstruktur dan Interaktif

Tips pertama, Anda bisa mencari tempat kursus yang menyediakan metode pembelajaran terstruktur dan interaktif.

Metode pembelajaran yang terstruktur akan membuat kursus terasa lebih efektif, sebab sudah ada kejelasan terkait apa saja tahapan penguasaan materi.

Selain itu, Anda juga perlu mencari tempat kursus dengan metode pembelajaran interaktif agar turut berpartisipasi dan mendapatkan feedback langsung dari tutor. 

Pembelajaran interaktif ini tidak hanya berupa ceramah di depan kelas saja, melainkan dengan variasi lain, seperti berbasis game misalnya.

  • Menyediakan Fasilitas dan Bahan Ajar Lengkap

Berikutnya, Anda bisa mencari tempat kursus persiapan TOEFL di Jakarta Selatan yang menyediakan fasilitas dan bahan ajar lengkap.

Fasilitas ini contohnya sesi konsultasi bersama tentor agar peserta kursus bisa mengetahui kekurangannya, sehingga bisa lebih fokus dalam mempelajari materi.

Bahan ajar juga memiliki peranan penting untuk kelengkapan materi serta bekal yang digunakan untuk belajar secara mandiri ketika di rumah.

Tak hanya itu, bahan ajar yang bervariasi juga akan membuat Anda tidak mudah merasa bosan saat mengikuti kursus.

  • Menyediakan Banyak Latihan Soal

Tips selanjutnya, Anda harus memastikan bahwa tempat kursus yang dipilih mampu menyediakan banyak latihan soal.

Tujuannya tentu saja agar Anda terlatih dan terbiasa mengerjakan soal sesuai dengan model tes TOEFL.

Latihan soal pertama, yaitu pre-test yang biasanya diberikan pada awal kursus untuk mengetahui seberapa pemahaman Anda terkait bahasa inggris.

Selanjutnya, tempat kursus yang baik akan sering memberikan simulasi tes TOEFL.

  • Memberikan Fasilitas Garansi

Hal terakhir yang perlu diperhatikan dari tempat kursus TOEFL di Jakarta, yaitu jaminan garansi untuk memastikan bahwa lembaga tersebut memang terpercaya. 

Salah satu contoh fasilitas ini adalah garansi kenaikan tes TOEFL untuk peserta kursus. Fasilitas tersebut berguna sebagai jaminan bahwa Anda tidak perlu mengeluarkan biaya lagi jika skor tes TOEFL tidak meningkat. Anda bisa menanyakan hal ini di awal agar mendapatkan kepastian apa saja garansi yang ditawarkan.

Rekomendasi Tempat Kursus TOEFL Terbaik di Jakarta

Kursus TOEFL

Lembaga kursus persiapan tes TOEFL di Jakarta sendiri ada beberapa pilihan yang bisa Anda pertimbangkan. 

Berikut ini beberapa rekomendasi tempat kursus persiapan TOEFL di Jakarta yang menawarkan kualitas terbaik dan fasilitas lengkap.

  • Studiva.com

     

Kursus TOEFL di Jakarta yang bertempat di Studiva.com sangat menyenangkan karena banyak informasi menarik tentang kuliah atau karir di luar negeri. Kelebihan lain dari tempat kursus ini adalah setiap tutornya sudah berpengalaman dan profesional pada materi yang diajarkan. Anda juga bisa berkonsultasi dengan tutor terkait materi yang belum dipahami, sehingga target bisa cepat diraih. Lembaga kursus ini memang berfokus untuk membantu persiapan kuliah dan berkarir di luar negeri.

  • Westwood Prep

     

Westwood Prep menjadi lembaga kursus TOEFL selanjutnya yang direkomendasikan karena mempunyai tutor berpengalam untuk berbagai tipe tes luar negeri. Selain kursus TOEFL ada juga kursus IELTS, kursus GMAT ada juga kursus GRE, SAT dll.  Cara belajarnya juga unik dimana peserta kursus diberikan trik untuk menjawab soal dengan cepat dan memahami pertanyaan jebakan. Lembaga ini juga menyediakan berbagai macam jenis bidang kursus, sehingga Anda bisa menyesuaikan dengan materi yang ingin didalami.

Bagi Anda yang ingin mendapatkan garansi nilai juga tidak perlu khawatir karena Westwood Prep juga menawarkannya.

 

  • English Bridge Prep

     

Selanjutnya, ada English Bridge Prep yang menyediakan pembelajaran sesuai dengan kebutuhan peserta didik.

 

Lembaga kursus ini memberikan pembelajaran dengan pendekatan sesuai dengan karakter peserta kursus sekaligus untuk meningkatkan rasa percaya diri.

 

English Bridge Prep juga mengajarkan banyak teknik latihan soal yang bisa Anda gunakan untuk mengerjakannya di kelas maupun luar kelas.

 

Tak hanya itu, progres setiap peserta kursus juga selalu dipantau, sehingga pemahaman materinya akan terus meningkat.

 

  • Avana Education

     

Tempat kursus TOEFL di Jakarta selanjutnya yang menawarkan banyak fasilitas menarik, yaitu Avana Education.

 

Lembaga kursus ini sangat tepat dipilih jika Anda ingin fokus mempelajari writing section agar terbiasa membuat essay yang strukturnya benar.

 

Avana Education juga dapat membantu Anda untuk lebih mudah menghafal grammar dan membuat kalimat bahasa inggris yang sempurna.

 

Lembaga kursus ini menyediakan banyak tutor yang sudah berpengalaman dan akan mendampingi peserta dalam berprogres.

 

  • Westwork.id

     

Westwork.id menawarkan metode pembelajaran TOEFL yang bervariasi dan tidak akan membosankan.

 

Materi akan disampaikan oleh tutor berpengalaman yang sudah sangat paham terkait perkembangan tes TOEFL terbaru.

 

Anda tidak hanya diberikan materi tes, melainkan juga berbagai informasi menarik seputar pendaftaran beasiswa kuliah di luar negeri. Hal ini tentu saja berguna untuk meningkatkan motivasi agar bisa meraih nilai tes TOEFL terbaik.

 

 

  • Virtu Education

Satu lagi tempat kursus yang bisa Anda pertimbangkan, yakni Virtu Education dengan layanan jasa konsultasi kepada peserta didik.

 

Layanan ini disediakan agar peserta kursus fokus mempelajari materi sesuai dengan kebutuhan tes TOEFL.

 

Materi yang diberikan juga disampaikan dengan cara menarik, sehingga lebih mudah untuk dicerna. Kursus TOEFL yang satu ini memang sudah banyak menangani persiapan tes dengan jaminan nilai tinggi.

 

 

Dan jika Anda ingin mendaftar kursus TOEFL bisa mengisi form diatas ini atau klik bisa juga dengan mengklik banner.

Summary
Review Date
Reviewed Item
Kursus Toefl Jakarta
Author Rating
51star1star1star1star1star
Product Name
Kursus Toefl Jakarta
Price
USD 20
Product Availability
Available in Store Only
× Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday